Kelebihan dan Kekurangan Samsung A6 Plus – Lagi-lagi perusahaan smartphone asal Korea Selatan ini merilis sebuah produk terbaru mereka, yaitu Samsung Galaxy A6 Plus yang cukup menggemparkan waktu itu. Kenapa? karena smartphone dikelas menengah ini dibekali desain terkesan premiun dan kokoh, karena menggunakan bahan material metal.

Kemudian, layarnya menggunakan teknologi terbaru besutan Samsung, yaitu Super AMOLED yang mampu menghasilkan display lebih jernih dan tajam dibandingkan teknologi AMOLED pada generasi sebelumnya. Layar tersebut memiliki lebar 6 inchi, sehingga sangat cocok bagi anda yang suka menonton film dan bermain game 3D dengan puas.

Sebagai sebuah produk buatan manusia, tentu terdapat kekurangannya. Maka dari itu saya selaku penulis di CalonPengangguran akan mengulas Kelebihan dan Kekurangan Samsung A6 Plus berikut ini.

Baca Juga Kelebihan Samsung Galaxy S7 Edge dan Kekurangan Beserta Spesifikasi

Kelebihan Samsung A6 Plus

1. Desain Body Kokoh dan Menarik

desain samsung a6 plus
Sumber www.rancahpost.com/

Yang menjadi salah satu Kelebihan Samsung A6 Plus dapat kita rasakan dari desain body tampak kokoh dan menarik. Hal ini dikarekan body samsung a6 plus menggunakan material metal sehingga tampak sangat padat dan kokoh, bukan hanya itu saja dengan penggunaan metrial tersebut Samsung A6 Plus terkesan lebih menarik dan simpel dibandingkan smartphone samsung generasi sebelumnya.

Meskipun kebanyakan orang beranggapan bahwa Samsung A6 Plus hanya menawarkan desain body yang biasa saja, namun menurut saya desain ini terbilang lebih menarik dan perlu diberi apresiasi karena pihak samsung berani mengambil resiko ini.

Secara keseluruhan, body smartphone ini memiliki dimensi dengan ukuran 160.2×75.7×7.9mm. Dengan begitu, samsung a6 plus lebih tampak memanjang dibandingkan melebar, apalagi dibagiannya terdapat port USB Type C yang kita ketahui keunggulannya dalam mengirim file.

2. Layar Berkualitas Baik

Kelebihan selanjutnya dari samsung a6 plus dapat anda rasakan dari kualitas layar dan hasil display nya. Salah satu teknologi terbaru buatan Samsung adalah Super AMOLED, teknologi tersebut telah disematkan didalam samsung a6 plus ini.

layar samsung a6 plus
Sumber shopee.co.id/

Dengan begitu layar nya mampu menghasilkan display lebih tajam dan jernih dibandingkan smartphone samsung yang masih menggunakan AMOLED biasa. Selain dari kualitas display nya, menurut saya desain yang ditawarkan dari smartphone terbilang sangat keren, karena dibekali layar berukuran layar 6.0 Inci dengan resolusi 1080 x 2220 pixels.

Jika kita bandingkan dengan smartphone samsung sebelumnya, yaitu Samsung A8 yang dibekali layar dengan rasio 18:5:9. Samsung A6 Plus lebih diunggulkan dari segi dimensi layar nya.

3. Dua Kamera Sangat Oke

Seperti halnya tulisan saya sebelumnya, bagian terpenting sebuah smartphone masa kini terdapat pada sektor kameranya. Kenapa? karena sebagai besar pengguna smartphone masa kini lebih senang menggunakan kamera smartphone dibandingkan kamera digital, dengan alasan lebih mudah dan tidak repot.

Untungnya pihak Samsung sadar akan hal tersebut, karena smartphone terbaru mereka yaitu, Samsung A6 Plus yang dibekali kamera depan dan dua kamera bekalang yang sangat oke dikelasnya.

Untuk dua kamera belakangnya dibekali resolusi 16 MP + 5 MP, kedua kamera tersebut mampu menghasilkan foto berkualitas baik dengan jernih dan tajam. Setelah saya mencoba smartphone ini, kedua kamera belakang samsung a6 plus tidak hanya mampu mengambil foto dalam kondisi cahaya cukup, melainkan juga mengambil foto dikondisi minim cahaya.

Sedangakan untuk kemera depannya tidak begitu isitimewah dengan artian biasa saja, meskipun kamera depan ini dibekali resolusi 24 MP dengan bukaan f / 1.9 yang seharusnya dapat mengambil foto jernih dan tajam. Namun jika kita bandingkan dengan smartphone merk lain dikelasnya, Samsung A6 Plus terbilang masih kalah.

4. Baterai Awet

Kelebihan samsung a6 plus lainnya dapat kita rasakan dari ketahanan baterai nya, meskipun smartphone hanya dibekali baterai berkapasitas 3.500 mAh saja namun dari segi ketahanannya cukup oke. Dari uji coba yang pernah saya lakukan, smartphone ini mampu bertahan 15 jam dengan penggunaan normal.

Baca Juga Yuk Simak, Kelebihan dan kekurangan Samsung A7 2018 Beserta Spesifikasi

Selain dari pendapat saya, menurut Androidpit mengungkapkan pendapat bahwa Samsung A6 Plus memang memiliki daya tahan baterai terbilang baik untuk berbagai penggunaan seperti bermain game 3D, membuka sosial media, menonton film dan melakukan panggilan seluler.

5. Tersedia Bixby Vision

Salah satu fitur yang tidak tersedia pada smartphone samsung generasi sebelumnya dikelas menengah yaitu, Bixby Vision. Fitur ini umumnya ada pada smartphone kelas Flagsip seperti Galaxy S9, namun kini sudah tersedia pada Samsung A6 Plus saja, fungsi sendiri adalah untuk menerjemahkan teks bahasa asing.

Baca Juga Simak, Kelebihan dan Kekurangan Samsung A10 Beserta Spesifikasi

Caranya, anda hanya perlu mengambil foto pada teks yang akan diterjemahkan bahasa teks nya menggunakan kamera belakang. Kemudian secara otomatis fitur Bixby Vision akan menerjemahan teks tersebut kebahasa yang anda mengerti. Oleh karena itu lah, adanya fitur ini menjadi nilai plus tersebut untuk Samsung A6 Plus.

6. Tersedia Dolby Atmos

Apa sih fungsi dari fitur Dolby Atmos? Umumnya fitur ini berfungsi untuk menghasilkan suara jernih dan jelas ketika anda sedang mendengarkan musik ataupun menonton video. Mungkin sebagian orang tidak begitu memperhatikan hal ini, karena tidak sedikit orang lebih memilih mengguna headseat ataupun earphone.

Namun bagi saya hal ini sangat penting, karena beberapa kali saya menggunakan smartphone merk lain seperti Xiaomi Redmi 5 Plus, suara yang dihasilkan terbilang buruk baik ketika mendengarkan musik ataupun menonton film tanpa headseat dan earphone.

Baca Juga Yuk Simak, Kelebihan Samsung S9 Plus dan kekurangan Beserta Spesifikasi

Kekurangan Samsung A6 Plus

1. Kualitas Rekaman Video Kurang Baik

Salah satu kekurangan samsung a6 plus dapat kita rasakan dari terbatasnya kuliatas video yang dihasilkan dari kamera belakang smartphone ini, meskipun smartphone ini terbilang dibekali kamera belakang sangat keren.

Namun nyatanya, dari uraian  GSMArena bahwa kamera belakang samsung a6 plus hanya mampu menghasilkan video berkualitas 1080p, 30fps saja. jika kita bandingkan dengan smartphone kelas lain yang mampu menghasilkan kualitas video lebih baik.

2. Perfoma Kurang Mantap

Kekurangan selanjutnya dari samsung a6 plus dapat anda rasakan dari perfomannya, walaupun smartphone ini sudah ditenagai chipset Snapdragon 450, namun dari segi perfomanya masih tertinggal dibandingkan smartphone merk lain dikelasnya.

Baca Juga Simak, Kelebihan dan kekurangan Samsung M20 Beserta Spesifikasi Terlengkap

Dari data skor skor Antutu sebesar 70054 dan skor Geekbench di 700 serta 3539, meski bukan nilai yang buruk namun seharusnya pihak Samsung lebih sadar bahwa penggunaan smartphone tidak hanya sebatas membuka sosial media dan menonton film saja, melainkan banyak yang bermain game 3D yang memerlukan perfoma lebih kecang lagi.

3. Tidak Tersedia Fitur NFC

Jika kita lihat dari harga jualnya yang mendekati angka 4 jutaan, seharusnya Samsung A6 Plus sudah dibekali fitur NFC namun sayangnya tidak begitu. Smartphone ini masih tidak dibekali fitur NFC, padahal fitur ini sudah sangat berguna bagi pengguna smartphone masa kini.

4. Tidak Mendukung Fitur Pengisian Baterai Cepat

Kekurangan selanjutnya dari samsung a6 plus adalah tidak dilengkapi fitur fast charging, yang kita ketahui fitur tersebut berfungsi mempercepat pengisian daya baterai.

Seperti ulasan saya diatas, bahwa Samsung a6 plus dibekali baterai berkapasitas 3.500 mAh, jadi kalau tidak dilengkapi fitur fast charging akan berapa lama waktu pengisian baterai smartphone ini. Hal ini sangat disayangkan, padahal samsung a6 plus termaksud smartphone kelas menengah yang seharusnya sudah dibekali fitur tersebut.

5. Kapasitas Penyimpanan Kecil

Bagi anda yang suka menyimpan data didalam smartphone dibandingkan didalam laptop ataupun flashdisk agar lebih bersabar. Kenapa? karena smartphone dibekali penyimpanan internal terbilang kecil, hanya 32GB untuk tipe RAM 3 GB.

Dengan penyimpanan tersebut saya sendiri merasa kecewa, walaupun smartphone tetap bisa menggunakan tambahan micro SD ekternal namun masih kurang puas rasanya.

6. Harga Terbilang Mahal

Mungkin bagi pengguna setia Samsung akan sedikit kecewa, kenapa ? karena smartphone dikelas menengah satu ini dijual dengan harga terbilang mahal yaitu Rp. 3,7 Jutaan. Dengan banyaknya kekurangan tadi, saya rasa harga tersebut sangat mahal jika dibandingkan dengan smartphone merk lain dikelasnya.

7. Tidak Anti Air dan Debu

Mungkin fitur anti air dan debu kebanyakan disematkan pada smartphone Flagship, namun apa salahnya disematkan pada Samsung A6 Plus. Toh sama-sama smartphone produksi samsung, bahkan harganya sudah terbilang mendekati angka 4 jutaan.

Spesifikasi Samsung A6 Plus

HARGA Rp 4,9 Jutaan (Detail dibawah)
SIM Dual SIM
JARINGAN 2G/3G/4G LTE
LAYAR Super AMOLED 6.0 inchi FHD+ 2220 x 1080 piksel ~411 ppi, 2,5D Gorilla Glass
MEMORI 32 GB + Slot micro SD upto 400 GB
RAM 4 GB
SISTEM OPERASI Android Oreo 8.0
PROCESSOR Octa-core 1.8 GHz Snapdragon 450
GPU Adreno 506
KAMERA DEPAN 24 MP f/1.9, LED Flash (Bisa foto selfie bokeh)
KAMERA BELAKANG Dual 16 MP (f/1.7) + 5 MP (f/1.9) , PDAF, LED Flash, HDR, Live Focus
VIDEO 1080@30fps
KONEKTIVITAS USB, Wi-fi, hotspot, Bluetooth, GPS
SENSOR Fingerprint, Proximity, accelerometer, compass, Gyro, Face Recognition
BATERAI Li-ion 3500 MAh Non removable
Fitur Lain Always On Display, Signal Max

Demikian ulasan dari saya tentang Kelebihan dan Kekurangan Samsung A6 Plus, semoga sedikit pengetahuan saya dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga Ketahui Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Samsung A50s Beserta Spesifikasi