Situs Yang Menyajikan Artikel Teknologi, Fotografer, Kuliner, Budaya dan Artikel Menarik Lainnya

Cara Uji Validitas SPSS Versi 25 Secara Mudah dan Tepat

Cara Uji Validitas – Dalam setiap penelitian dengan menggunakan metode kuesioner atau angket, maka hasil responden tersebut harus di hitung dengan Uji Validitas. Apa sih tujuan dari Uji Validitas? Yaitu berguna untuk mengetahui dan membuktikan apakah data yang kita dapat dari responden tersebut valid.  Sebelum jauh pembahasan kita bagaimana cara Uji Validitas, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu dasar pengambilan keputusan Uji Validitas.

Mengapa demekian? Karena dasar pengambilan keputusan ini berguna untuk pedoman atau acuan dalam pembuatan kesimpulan nantinya. Berikut ini dasar – dasar dalam pengambilan keputusan dalam Uji Validitas, yaitu :

1. Membandingkan Nilai r Hitung dengan r Tabel

  • Apabila nilai r Hitung > r Tabel, maka item soal angket atau kuesioner tersebut dinyatakan Valid.
  • Apabila nilai r Hitung < r Tabel, maka item soal angket atau kuesioner tersebut dinyatakan tidak Valid.

2. Membandingkkan Nilai Sig. (2-tailed) dengan Probalitas 0,05

  • Apabila nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 dan Pearson Correlation bernilai positif, maka item kuesioner atau angket tersebut dinyatakan Valid.
  • Apabila nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 dan Pearson Correlation bernilai negatif, maka item kuesioner atau angket tersebut dinyatakan tidak Valid.
  • Apabila nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, maka item kuesioner atau angket tersebut dinyatakan tidak Valid.

Contoh Kasus Uji Validitas

Disini saya ingin memberikan sebuah kasus untuk melakukan Uji Validitas. Dimana kasus ini saya ambil dari penelitian skripsi saya sendiri yang berjudul Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna MiChat Di Kota Jambi dengan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual). Selanjutnya jumlah respondennya yaitu N = 100.

Dalam skripsi saya ini menggunakan 6 Variabel, yaitu tangibles, reability, responsiviness, assurance, empathy dan persepsi. Dalam Uji Validitas, saya menggunakan bantuan program dari IBM SPSS versi 25. Berikut ini tampilan data responden dapat dilihat seperti gambar dibawah ini :

Gambar Hasil Responden 1 – 36

Gambar Hasil Responden 37 – 70

Gambar Hasil Responden 71 – 100

Catatan : Pertanyaan tersebut merupakan jenis pertanyaan positif dengan skla likert, dimana masing – masing pertanyaan memili skor yang berbeda beda, yaitu :

(1) Sangat Tidak Setuju
(2 Tidak Setuju
(3) Netral
(4) Setuju
(5) Sangat Setuju

Cara Uji Validitas Secara Mudah dan Tepat

  • Langkah awal, silahkan buka aplikasi SPSS anda di laptop masing – masing. Setelah itu, anda akan di sajikan tampilan gambar seperti dibawah ini, lalu klik Variabel View yang berada di paling bawah sendiri.
Cara Uji Validitas
  • Selanjutnya silahkan masukan variabel seperti gambar dibawah ini. Variabel yang di inputkan ini sesuai metode penelitian yang anda pakai. Disini saya memasukan 6 Variabel, yaitu x1,x2,x3,x4,x5 dan y. Jangan lupa, pada bagian kolom Decimals ganti angka 2 menjadi 0 semua. Setelah selesai melengkapi variabel silahkan klik Data View.
Cara Uji Validitas
  • Berikutnya, silahkan copas data hasil responden yang ada di excel kedalam SPSS (Data View). Pastikan bahwa jumlah responden kuesioner sesuai data yang di Excel.
  • Untuk Uji Validitas, klik Analyze > Correlate > Bivariate.
Cara Uji Validitas
  • Kemudian anda akan di suguhkan tampilan seperti dibawah ini. Yang perlu anda lakukan disini adalah memindahkan atau menginputkan variabel di kolom kiri ke dalam kolom sebelah kanan caranya klik satu per satu varuabel tersebut kemudian klik seperti lambang panah tersebut.
Cara Uji Validitas
  • Nah, variabel x1 udah terinput kedalam kolom sebelah kanan. Kemudian silahkan kilk OK. Lakukan hal ini hingga ke variabel Y.
  • Jika anda telah menyelesaikan inputan semua variabel maka output akan tampil seperti gambar dibawah ini. Dari hasil output SPSS dibawah ini, sebetulnya kita sudah mengetahui item atau varuabel ini valid atau tidak. Untuk membuktikan lebih jelasnya mari simak ulasan berikutnya.

Pengambilan Keputusan Berdasarkan Nilai r hitung dengan r Tabel

Berdasarkan hasil Ouput SPSS diatas variabel x1.1 bernilai 0,875, x1.2 bernilai 0,927, x1.3 bernilai 0,826 dan total x1 berjumlah 1. Dari nilai-nilai tersebut nantinya kita dapat mengambil keputusan apakah data ini tersebut valid atau tidak.

Langkah selanjutnya yaitu mencari nilai r Tabel N = 100 pada signifikan 5% dan dapat diambil nilai r Tabelnya yaitu 0,196. Nilai tersebut didapat dari 100-2 = 98. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar r Tabel dibawah ini.

Selanjutnya nilai r Tabel tersebut dapat kita bandingkan dengan nilai r Hitung yang telah kita uji diatas tadi. Dimana variabel r Hitung x1.1 menunjukan angka 0,875 dang r Tabel 0,196, maka artinya variabel x1.1 dapat dinyatakan valid karena nilainya lebih besar dari r Hitung dibandingkan r Tabelnya. Untuk lebih jelasnya saya akan membuatkan kolom. Perhatikan kolom dibawah ini baik-baik.

Cara Uji Validitas

Jadi berdasarkan hasil Uji Validitas di atas menunjukan bahwa, semua variabel yang saya hitung menyatakan valid semua, artinya tidak terjadi masalah. Jika tidak valid bagaimana, yaitu anda harus mengulang kuesioner dan membagikan kepada responden kembali, lalu di uji kembali.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Cara Uji Validitas. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semuanya dan selamat mencoba.

Share

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *