Cara Mudah Melihat Sertifikat Prakerja

Cara Melihat Sertifikat Prakerja – Prakerja merupakan tindakan dari pemerintah untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia, dengan adanya program pemerintah ini diharapkan setelah mengikuti pelatihan prakerja, baik itu Anda, saya, atau siapapun yang terdaftar diprogram ini bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Untuk mendaftar kerja tentu ada beberapa syarat yang perlu kita siapkan, seperti ijazah, surat lamaran, sertifikat, lain-lain agar perusahaan tersebut lebih percaya pada kita nantinya.

Ternyata dengan mengikuti program pelatihan prakerja ini, Anda akan mendapatkan sebuah sertifikat resmi yang bisa digunakan sebagai bahan pendaftar kerja. Tetapi sayangnya masih ada beberapa orang yang tidak mengetahui cara melihat sertifikat prakerja yang mereka dapatkan.

Padahal untuk melihat sertifikat ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengetahui Alamat Email, Kata Sandi/Password dan Koneksi Internet. Jika tiga hal ini sudah siap, yuk langsung kita bahas Step by Step melihat sertifikat prakerja dibawah ini.

Cara Mudah Melihat Sertifikat Prakerja

cara melihat sertifikat prakerja
  • Buka Website resmi Prakerja dengan Tap Link berikut ini.
  • Kemudian Login menggunakan Akun Prakerja Anda masing-masing.
  • Di halaman beranda akan tampil Menu Sertifikat, langsung saja Tap Menu tersebut untuk melihat sertifikat Anda. Kalau ternyata sertifikat tidak ada, Anda tidak perlu khawatir karena bisa langsung cek dari situs pelatihan yang Anda ikuti.
  • Kembali ke halaman beranda, Cari dan Tap Nama Pelatihan atau Kelas yang Anda ikuti.
  • Maka Anda akan diminta masuk Akun Pelatihan, jadi silahkan masukan akun tersebut.
  • Kalau Anda benar-benar sudah menyelesaikan pelatihan ini, maka sertifikat akan muncul. Anda bisa melihat dan juga mendownload file sertifikat prakerja tersebut.
  • Selesai.

Cara Mudah Mengatasi Sertifikat Prakerja Tidak Muncul Di Beranda

Seharusnya kalau Anda sudah benar-benar menyelesaikan pelatihan atau kelas prakerja, sertifikat secara otomatis akan tampil di halaman beranda.

Tetapi tidak menutup kemungkinan kalau masalah sertifikat tidak langsung muncul, mungkin system atau pihak prakerja belum sempat mengupload sertifikat Anda.

Maka dari memerlukan waktu beberapa hari, jadi saya harap Anda bisa bersabar sedikit. Beda halnya kalau sudah berhari-hari tapi sertifikat belum juga ada Anda bisa complain.

Caranya, cukup chat Customer Service dari Prakerja terkait. Contoh Anda mengambil pelatihan atau kelas Website, jadi Chat Costomer Service website agar diproses lebih cepat.

Mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran sampaikan untuk Anda mengenai Cara Mudah Melihat Sertifikat Prakerja. Semoga penjelasan diatas bisa Anda coba sendiri di rumah, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *