Cara Mengatasi Chip Kartu ATM BRI Tidak Terdeteksi

Cara Mengatasi Chip Kartu ATM BRI Tidak Terdeteksi – Belakangan ini para nasabah bank BRI telah mengeluhkan akan suatu suatu hal, dimana Chip kartu ATM yang mereka miliki tidak terdeteksi.

Apalagi bagi mereka yang ingin melakukan transfer atau pengambilan saldo secara tunai, tetapi chip kartu tidak terdeteksi. Tentu saja hal ini membuat cemas dan khawtir, sehingga dia tidak tahu harus berbuat apa jika mengalami masalah seperti ini.

Berdasarkan kasus diatas, Calonpengangguran tertarik meganggkat tema ini untuk dibahas pada kesempatan kali ini. Penasaran bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari pantau terus artikel ini hingga selesai.

Sekilas Tentang Chip Kartu ATM BRI

Sebelumnya ada yang tahu, apa fungsi dari Chip kartu ATM? Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa kegunaan dari Chip ini adalah untuk keamanan bagi pemilik kartu ATM agar lebih terjaga.

Selain itu, penerapan chip di kartu ATM ini dikarenakan telah banyak tindak skimming (penipuan) oleh korban pengguna kartu ATM. Sehingga para nasabah BRI sering mengeluhkan hal ini. Dimana saldo yang mereka miliki akan berkurang sendiri atau bahkan habis secara mengejutkan.

Padahal, nasabah ini tidak melakukan transaksi transfer atau mengambil tunai saldo mereka. Nah dengan adanya permasalahan seperti ini, maka pihak Bank telah meluncurkan teknologi canggih bernama Chip ini.

Dengan hadirnya Chip, diharapkan para penjahat tidak bisa mencuri saldo para nasabah Bank. Namun, akhir-akhir ini terjadi error pada chip atau pita elektronik yang diselipkan pada kartu ATM, sehingga tidak bisa terbaca sama sekali.

Lalu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi Chip kartu ATM BRI tidak terbaca? Untuk mengetahui permasalahan dan solusinya, maka simak ulasan berikut ini.

Penyebab Chip Kartu ATM BRI Tidak Terdeteksi

Terjadinya error pada Chip Kartu ATM BRI, pastinya ada penyebabnya. Untuk mengetahui permasalahan Chip tidak terbaca, maka kita perlu melihat kartu ATM-nya terlebih dulu. Apakah ada kejanggalan atau tidak.

Namun disini saya sudah menganalisa beberapa penyebab Chip kartu ATM tidak terbaca, yaitu

  1. Kartu ATM yang kamu miliki tidak bersih alias sudah kotor
  2. Kartu ATM yang kamu miliki sudah tergores atau lecet
  3. Kartu ATM dalam kondisi terkelupas

Setelah kamu mengetahui penyebab Chip tidak bisa terdeteksi, selanjutnya saya jelaskan cara mengatasi permasalahan ini.

Solusi Untuk Mengatasi Chip Kartu ATM BRI Tidak Terbaca

Cara Mengatasi Chip Kartu ATM BRI Tidak Terdeteksi

1. Cek Kondisi Fisik Kartu ATM

Biasanya hal pertama kali dilakukan jika Chip kartu ATM tidak bisa terbaca adalah mengecek kondisi fisik dari kartu ATM tersebut. Pastikan pada bagian chip-nya tidak kotor atau rusak.

Jika Chip tersebut kotor, maka kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan kain halus atau tisu. Lain hal dengan kartu ATM yang sudah tergores dan terkelupas, maka tidak bisa digunakan kembali. Jadi kamu harus menukarkannya di cabang bank BRI terdekat.

2. Lap Kartu ATM

Seperti yang sudah saya singgung diatas, Chip kartu ATM tidak bisa mungkin disebabkan karena kondisinya kartu kotor. Oleh karena itu, kamu perlu membersihkannya dengan cara mengelap menggunakan kain halus atau kapas dan sedikit di semprotkan cairan alkohol. 

3. Ganti Kartu ATM

Jika kondisi kartu ATM BRI kamu sudah gores atau terkelupas, maka Chipnya tidak bisa terbaca atau terdeteksi. Jadi kamu perlu menggantinya. Untuk ganti kartu ATM hanya dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 hingga Rp 25.000.

Persyaratan untuk mengganti kartu ATM sendiri adalah dengan membawa buku tabungan dan e-KTP saja

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan singkat dari Calonpenagngguran tentang Cara Mengatasi Chip Kartu ATM BRI Tidak Terdeteksi. Semoga informasi yang saya berikan diatas dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya khususnya untuk nasabah Bank BRI. Sekian dan terimakasih atas perhatiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *