Ternyata Mudah! Ini 5 Cara Menonaktifkan Grup WhatsApp

Cara Menonaktifkan Grup WhatsAppMengenal lebih dalam tentang sosmed seperti WhatsApp ini memang perlu dan penting. Kini sudah banyak sekali fitur yang disediakan oleh pihak WA, mulai dari foto, video, story, dan grup.   

Biasanya fitur Grup di semua aplikasi digunakan untuk mempermudah berkomunikasi dengan jumlah orang yang banyak. Fungsi fitur ini juga ada sisi negatifnya, seperti kita terganggu adanya chat yang grup berkepanjangan di WhatsApp.

Wajar saja dong kita terganggu, karena saking banyaknya jumlah didalam grup WA yang dapat menampung maksimal 257 anggota. Jadi seandainya semua anggota grup mengirimkan pesan atau chat ke dalam grup, maka pemberitahuan yang muncul akan sangat mengganggu aktivitas keseharian anda.

Notif pesan WA masuk biasanya membuat HP Anda berbunyi atau bergetar. Jadi jika hal ini sampe terjadi, maka tingkat kenyamanan kita akan terganggu dan menghambat aktivitas harian. Lantas apakah harus keluar dari Grup? Disisi lain kita juga membutuhkan informasi didalam grup tersebut.

Jadi alangkah baiknya kita menonaktifkan grup WA sementara saja. Lalu bagaimana caranya? Untuk masalah ini Calonpengangguran sudah sediakan sebuah artikel terkait topik tersebut. Mari simak secara rinci penjelasan dibawah ini.

Cara Menonaktifkan Grup WA

Cara Menonaktifkan Grup WhatsApp

1. Cara Menonaktifkan Grup WhatsApp Tanpa Keluar

Untuk menonaktifkan Grup dengan cara simpel ini kita tidak perlu keluar dari grup WA. Jadi Anda tetap menjadi anggota, tetapi disini hanya mematikan notifikasinya saja. Berikut ini adalah langkah-langkah mudahnya :

  1. Pertama buka aplikasi WhatsApp di HP Anda masing-masing.
  2. Masuk ke grup WA yang ingin Anda nonaktifkan.
  3. Klik ikon tiga titik yang berada di pojok kanan atas.
  4. Klik opsi Bisukan notifikasi.
  5. Kemudian pilih masa waktu untuk menonaktifkan grup WA.
  6. Jika sudah, tinggal klik Oke.

Kesimpulan : Jika kita menggunakan cara ini, maka semua pesan yang dikirimkan ke dalam grup WA tidak akan menampilkan notifikasi dan Anda tetap menjadi bagian dari anggota grup whatsapp tersebut tanpa keluar.

2. Cara Menonaktifkan Grup WhatsApp Lewat Matikan Aplikasi

Selanjutnya trik untuk mematikan grup WA yaitu dengan cara menonaktifkan aplikasi WA secara keseluruhan. Artinya semua pesan yang akan masuk dan dikirim ke WhatsApp tidak dapat masuk.

Berikut ini merupakan step by step mematikan  grup WhatsApp sementara :

  1. Pertma masuk ke menu menu pengaturan HP yang Anda gunakan.
  2. Pilih menu Aplikasi atau Apps.
  3. Jika sudah, maka akan tampil semua aplikasi yang telah ter-Instal di HP anda.
  4. Disini pilih aplikasi WhatsApp.
  5. Lalu klik Paksa Berhenti.
  6. Terakhir mode nonaktifkan sudah berjalan.

Kesimpulan : Jika Anda sudah menerapkan panduan diatas, maka semua pesan di grup WA yang akan dikirimkan tidak dapat masuk dan pesan WA yang lainnya juga tidak akan masuk termasuk pesan dari teman-teman anda atau kerabat.

Agar WhatsApp berfungsi secara normal kembali, maka aktifkan fitur Mulai otomatis pada pengaturan aplikasi WhatsApp.

3. Cara Mematikan Grup WhatsApp dengan di Blok

Agar aktivitas Anda tidak terganggu dengan notif pesan dari Grup WA, maka bisa diatas dengan cara memblokirnya. Ini adalah langkah-langka blokir Grup WhatsApp dengan mudah.

  1. Pertama buka aplikasi WA di HP Anda masing-masing.
  2. Pilih dan buka grup WA yang ingin diblokir.
  3. Lalu klik ikon tiga titik yang letaknya di pojok kanan atas.
  4. Klik opsi Lainnya
  5. Laporkan Grup.
  6. Jangan lupa beri tanda centang pada opsi Keluar dari grup.
  7. Terakhir klik Laporkan.

5. Menutup Grup WhatsApp

Apa maksud dari menutup WhatsApp? Nah jadi jika hal ini Anda lakukan, maka dipastikan tidak bisa dibuka lagi. Jadi sebelumnya, pikir terlebih dahulu secara matang-matang. Jika sudah yakin ingin menutupnya, maka simak caranya berikut ini :

  1. Masuk ke dalam grup WA yang ingin ditutup.
  2. Lalu keluarkan seluruh anggota grup.
  3. Jika sudah, klik opsi Keluar dari Grup > Hapus Grup.
  4. Terakhir klik Hapus untuk menyetujui penghapusan grup WhatsApp.
  5. Selesai.

Catatan Penting : Cara diatas hanya bisa dilakukan oleh admin, artinya sebagai anggota kita tidak bisa menerapkan oanduan diatas.

Penutupan

Berdasarkan beberapa tips menonaktifkan grup WhatsApp diatas, semua metode tersebut hanya bisa diterapkan pada Type Smartphone seperti samsung, asus, oppo, vivo, xiaomi, realme, huawei, dan juga iPhone.

Demikianlah pembahasan pada kesempatan kali ini dari Calonpengangguran mengenai 5 Cara Menonaktifkan Grup WhatsApp. Semoga beberapa panduan diatas bisa Anda pahami dan bermanfaat untuk banyak orang. Sekian dan terimakasih atas waktunya. Selamat Mencoba!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *