Ternyata Mudah! Ini 3 Cara Update Driver Laptop atau PC

Cara Update Driver Laptop atau PC – Teknologi merupakan salah satu sarana yang bisa mempermudah aktivitas manusia untuk melakukan dan menyelesaikan pekerjaan secara cepat dan mudah.

Pada era digital saat ini, siapa sih yang tidak mengenal komputer? Pasti sebagian besar orang sudah paham dengan teknologi canggih masa kini ini. Komputer sekarang sudah banyak digunakan banyak orang, terutama mereka dari kalangan bisnis dan sekolah.

Dimana peran komputer di tengah-tengah masyarakat sangat penting sekali, yaitu untuk mempercepat pekerjaan seperti olah data, desain, edit gambar atau video, dan masih banyak lagi. Komponen perangkat komputer ini terbagi atas 2 yaitu hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

Kalau kedua komponen tersebut mengalami kerusakan, maka laptop atau komputer tidak akan bisa berjalan dengan baik. Pada teknologi ini, untuk menghubungkan software dan hardware dibutuhkan sebuah Driver. Artinya bisa dibilang Driver merupakan tools penghubung antara perangkat keras dan perangkat lunak.

Biasanya sistem Driver yang ada di komputer ini sering sekali update. Oleh karena itu, jika di perangkat Anda Drivernya tidak di perbarui, maka perangkat yang Anda gunakan tidak bekerja secara maksimal.

Jadi bagaimana cara update driver laptop atau PC? Nah pada kesempatan kali ini Calonpengangguran sudah siapkan sebuah artikel tentang panduan untuk memperbarui driver di komputer. Mari simak ulasan lebih detailnya berikut ini :

Cara Memperbarui Driver Laptop Atau PC

Cara Update Driver Laptop atau PC

Disini saya sudah siapkan 3 cara meng-update Driver dengan mudah, pertama kita bisa melakukan update driver melalui Windows Update, kedeua lewat situs resmi dari manufaktur dan terakhir memakai aplikasi driver booster.

1. Update Driver Melalui Windows Update

Apakah Anda pengguna OS versi Windows 10?  Kalau iya, maka bisa meng-update driver dari semua hardware laptop dengan mudah, yakni melalui Windows Update.

Jadi fitur dari bawaan Windows tidak hanya untuk meg- update software saja, melainkan driver dari semua hardware laptop/PC. Namun pada Windows Update terlalu “sepi” update soal driver. Hal ini disebabkan banyaknya security update yang muncul di Windows Update.

Perlu diketahui juga, bahwa sekalinya ada informasi update driver, maka Windows Update memberikan driver yang paling rekomended dengan manufaktur dan jenis hardware yang sesuai. Disini adapun langkah-langkah cara perbarui driver melalui windows update sebagai berikut :

  1. Pertama klik menu Start pada laptop/PC Anda.
  2. Cari dan pilih menu Settings > klik Update & security > Windows Update.
  3. Setelah itu klik Download (jika tersedia update.) Kalau tidak ada, maka pilih Check for updates.
  4. Terakhir tinggal menunggu semua driver berhasil di update.

Informasi Tambahan : Meng-update driver dengan cara ini, mungkin Anda tidak akan mengetahui driver baru untuk di-download pada Windows Update. Selain itu, trik ini juga tidak terlalu banyak mengenali driver yang ter-install yang membutuhkan pembaruan.

Jadi pada Windows Update akan menunjukkan update untuk driver VGA, card reader, dan network adapter, khususnya ketika meng-install ulang laptop. Jika Anda membutuhkan driver terbaru dan cara mendapatkannya mudah, maka silahkan download melalui situs resmi manufakturnya.

2. Update Driver Melalui Situs Resmi

Cara yang kedua ini sangat ampuh untuk meng-update driver baru pada perangkat laptop/PC yang Anda gunakan. Namun trik ini sedikit lebih sulit dan akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan cara diatas.

Jadi disini kita harus menemukan driver yang Anda inginkan terlebih dahulu secara manual sesuai dengan merek dan type dari laptop yang Anda pakai.

Nah untuk Anda pengguna laptop Acer, maka bisa men-download driver-nya di situs resminya disini. Sementara merek komputer yang lainnya seperti Asus, Samsung, Toshiba, Dell dan lainnya, silahkan cari dan unduh driver terbarunya di situs resminya masing-masing.

Secara sederhana, kita bisa men-download driver VGA (graphic card, GPU) dari berbagai manufaktur, seperti Intel, AMD, dan NVIDIA. Tujuan memperbarui driver VGAadalah untuk meningkatkan kinerja ketika bermain game. Disini adapun link downloadnya sebagai berikut :

  1. Link Download Driver VGA untuk Intel
  2. Link Download Driver VGA untuk NVIDIA

Semua manufaktur VGA diatas akan menyajikan update driver melalui dua cara, yaitu  lewat situsnya langsung secara manual dan  dari aplikasi masing-masing manufaktur VGA untuk mengunduh dan meng-install driver terbaru secara otomatis.

Jika menggunakan aplikasi untuk meng-update VGA, maka memiliki akan didukung dri berbagai versi Windows seperti Windows 7, Windows 8.1, dan Windows 10.

3.Update Driver Melalui Aplikasi Driver Booster

Apa itu aplikasi drive booster? Ini merupakan salah satu platform paling cepat yang digunakan untuk mengecek, men-download, dan meng-install driver terbaru yang sesuai dengan hardware yang kita gunakan.

Namun cara ini tidak begitu maksimal untuk men-download dan meng-install driver terbaru. Kenapa demikian? Karena aplikasi sejenis ini akan membawa updates yang  tidak sesuai dengan driver, bahkan akan merusak driver. Sehingga membuat kinerja laptop/PC kurang berfungsi dengan baik.

Disisi lain juga memiliki segi positifnya, yaitu dengan meng-update melalui aplikasi driver booster, maka kita bisa men-download dan menginstal semua driver laptop/PC secara sekaligus. Sementara itu untuk cara download Driver Booster bisa klik disini.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan singkat dari Calonpengangguran tentang Cara Update Driver Laptop atau PC. Semoga panduan diatas bisa membantu Anda mempermudah pembaruan driver pada perangkat yang Anda gunakan. Sekian dan terimakasih atas waktunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *