Ternyata Mudah! Cara Mengaktifkan Fitur Speech Recognition Windows 10

Cara Mengaktifkan Fitur Speech Recognition Windows 10 Windows merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan pada perangkat Laptop/PC mulai dari merk Asus, Lenovo, Acer, MSI dan masih banyak yang lainnya.

Windows sendiri juga memiliki beberapa versi, mulai dari Windows XP sampai 10. Jadi jangan heran OS ini masih banyak peminatnya. Apalagi sistem operasi ini sudah dibekali fitur canggih yang bisa menjalankan perintah dari suara saja.  

Lantas apa nama perintah fitur suara yang bisa digunakan untuk Windows? Yakni fitur Speech Recognition. Nah dimana jika di Google memiliki Hallo Google, Apple memiliki Hi Sir dan di Windows juga memiliki sistem yang serupa.

Dengan adanya fitur Speech Recognition ini Anda bisa melakukan perintah suara di perangkat laptop untuk menjalankan kegiatan sesuatu tanpa mengoperasikan mouse atau keyboard lagi. Namun perlu diingat, bahwa instruksi ini harus sesuai dengan kemampuan atau kapasitas program didalam Operating System (OS).

Sistem kerja yang ditawarkan dari fitur ini adalah akan mendeteksi suara dengan tata bahasa dari si pengguna, seperti penggunaan kata, pola bicara, dan kosa kata. Setelah itu direspon menjadi perintah kerja.

Sementara itu bagian menu didalam perangkat komputer yang memiliki peran penting ketika mengaktifkan fitur Speech Recognition Windows 10 ini adalah microphone. Jadi kita bisa memanfaatkan mic internal bawaan dari laptop, atau bisa juga memakai mic eksternal jika didalam device tidak ada mic internal.

Cara Mengaktifkan Fitur Speech Recognition Windows 10

Cara Mengaktifkan Fitur Speech 
Recognition Windows 10

Seperti yang saya jelaskan diatas, bahwa banyak orang yang belum paham mengenai bagaimana cara mengaktifkan fitur bernama Speech Recognition di Windows 10 terutama bagi pengguna pemula. Berikut ini merupakan langkah-langkah membuka fitur Speech Recognition di laptop/PC :

  1. Pertama klik menu Start
  2. Lalu masukkan Windows Speech Recognition pada kolom pencarian, lalu klik tombol enter.
  3. Setelah ketemu aplikasinya, langsung buka.
  4. Tahap ini silahkan konfirmasi pengaktifan Speech Recognition. Caranya cukup menekan tombol Next.
  5. Setelah itu kita diminta untuk memilih tipe microphone yang ingin digunakan. Silahkan pilih salah satu dan tekan tombol Next. 
  6. Disini saya menggunakan perangkat headset, jadi pastikan posisi microphone sudah berada di dekat kita untuk meyakinkan agar suara yang direspon jelas dan jernih. Lalu klik Next.
  7. Nah disini Anda sudah bisa mengucapkan kalimat yang sudah diberikan oleh sistem untuk menangkap karakter suara dari si pengguna. Agar bisa direspon dengan jelas, maka suara Anda selalu berada di grafik warna hijau, lalu klik Next.
  8. Selanjutnya klik Next kembali untuk mengkonfirmasi pengaturan microphone-nya.
  9. Disini Anda bisa mengaktifkan salah satu pilihan antara “Enable document review” atau “Disable document review”.

Catatan : Jika fitur Enable document review diaktifkan, maka sistem akan merespon ucapan yang lebih detail ketika diucapkan dengan ini meninjau dokumen atau email sebagai indeks pencarian Anda. Selanjutnya sistem akan mempelajari kata dan kalimat untuk lebih mengerti pengguna ketika berbicara. Jika sudah, klik Next.

  1. Kemudian Anda akan diminta kembali untuk memilih salah satu antara Use voice activation mode atau Use voice activation mode.

Catatan : Jika Anda memilih manual, maka saat melakukan perintah suara harus menekan shortcut CRL+Win terlebih dahulu, dengan begitu fitur Windows Speech akan aktif. Sementara mode otomatis pengguna hanya mengucapkan kata “Start Listening” baru bisa aktif. Jika sudah, klik tombol Next.

  1. Disini Anda bisa mencetak beberapa perintah yang bisa dilakukan oleh Speech Windows Recognition ini. Jika ingin mengetahuinya bisa klik View Reference Sheet > Next.
  2. Tahap ini Anda akan diberikan pilihan apakah ingin menampilkan “Run Speech Recognition at startup” atau tidak, silahkan pilih jawabannya. Lalu klik Next.
  3. Terakhir fitur tersebut sudah aktif dan siap untuk digunakan.

Cara Setting Agar Bahasa Indonesia Terdeteksi Fitur Speech Recognition Windows 10

Jika Anda sudah berhasil mengaktifkan fitur Speech Recognition Windows 10, maka pengaturan default sistem hanya bisa mendeteksi bahasa asing saja seperti bahasa Bahasa Inggris, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, India, dan Australia, Perancis, Jerman, Jepang, Mandarin, dan Spanyol. Nah lantas bagaimana cara bahasa Indonesia bisa terdeteksi? Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  1. Pertama klik icon Start yang biasanya berada dipojok kiri bawah
  2. ketikan Settings pada kolom pencarian.
  3. Jika sudah ketemu, buka langsung dan pilih kotak Time & Language.
  4. Masuk ke tab Speech.
  5. Klik Add di bagian Manage Voice.
  6. Silahkan ketik Indonesia sebagai bahasa utama, lalu klik Add.
  7. Terakhir tinggal menunggu beberapa menit sampai proses install bahasa selesai.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan singkat dari Calonpengangguran kali ini tentang Cara Mengaktifkan Fitur Speech Recognition Windows 10. Semoga panduan yang saya berikan diatas bisa memudahkan Anda dalam mengaktifkan fitur tersebut. Sekian dan terimakasih atas waktunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *