Ternyata Mudah! Ini 4 Cara Menggunakan Touchpad Di Windows 10

Cara Menggunakan Touchpad Di Windows 10 – Apa perbedaan laptop dengan PC? Disini kita bisa melihat dari segi cara menggerakkan kursor. Dimana di perangkat laptop tidak membutuhkan mouse untuk mengarahkan kursor, karena sudah dibekali dengan fitur touchpad. Sementara PC perlu alat eksternal untuk menggeser kursor yakni mouse.

Lantas sebelumnya, apakah Anda pernah berpikir bahwa fungsi touchpad ini bukan hanya berfungsi untuk menggerakkan kursor saja? Mungkin sebagian besar orang belum mengarah ke pemikiran sana, karena tidak tahu fungsi yang lain dari touchpad ini.

Sebenarnya untuk mengoperasikan sebuah program atau aplikasi yang ada di laptop, tentu ada petunjuk anak panah atau kursor yang bisa diarahkan dan digerakan kemanapun. Untuk menggerakkan kursor tersebut bisa menggunakan alat eksternal atau touchpad.

Fungsi lain dari touchpad adalah ketika Anda ingin melakukan scroll halaman tidak perlu dengan cara manual, yaitu mengklik dan menahan tools scroll yang ada di kiri halaman kemudian geser ke atas atau bawah mengikuti arah.

Akan tetapi dengan menggunakan sentuhan shortcut touchpad di Windows 10, Anda hanya meletakkan dua jari diatas touchpad nya, kemudian sweap dua jari keatas atau kebawah untuk melakukan perintah scroll.

Oh iya, kenapa kenapa fitur shortcut hanya ada di OS versi Windows 10? Karena program sistem operasi di dalam device nya sudah menyediakan Precision Touchpad (mendukung gerakan multi-touch ) dan kebetulan fitur ini kebetulan hanya dimiliki Windows 10.

Cara Mengecek Fitur Precision Touchpad

Untuk Anda pengguna laptop lama, pastinya belum mengetahui kehadiran fitur terbaru bernama Precision Touchpad ini. Dimana dengan adanya fitur ini bisa mempermudah Anda melakukan pekerjaan.

Mereka pengguna laptop lama, pastinya perangkatnya belum dibekali dengan fitur Precision Touchpad . Kenapa? Karena fitur ini mulai diperkenalkan dan ditanamkan di dalam laptop produksi 2012.

Jadi untuk mengetahui apakah perangkat yang Anda gunakan saat ini sudah terpasang fitur Precision Touchpad  atau belum. Terlebih dahulu cek dengan mengikuti tutorial dibawah ini :

  1. Pertama klik tombol Start.
  2. Kemudian cari dan klik menu Pengaturan.
  3. Pilih menu Device.
  4. Cari menu bar Touchpad.
  5. Kalau perangkatnya sudah dibekali fitur Precision Touchpad, maka akan muncul tulisan “Your PC has a Precision Touchpad”.

Cara Menggunakan Touchpad Di Windows 10

Cara Menggunakan Touchpad Di Windows 10

Setelah Anda mengecek laptop dan ternyata sudah tersedia fitur Precision Touchpad. Lantas bagaimana cara menggunakannya? Sebenarnya untuk penggunaan fitur ini tidaklah sulit. Namun faktanya banyak orang yang belum tahu cara pakainya.

Bagi Anda yang belum paham cara mengoperasikan fitur Precision Touchpad, maka bisa membaca penjelasan yang sudah saya sediakan dibawah. Berbicara tentang fitur ini, bahwa Precision Touchpad  memiliki Keunggulan untuk menyelesaikan pekerjaan lebih efisien dan cepat.

1. Fungsi Utama Fitur Precision Touchpad

Pada dasarnya fitur Precision Touchpad  berfungsi untuk ketukan. Namun jangan dikatakan shortcut jika hanya menunjukkan fungsi utama nya saja. Disini terdapat kegunaan lainnya seperti membaca perintah lain. Cara pengunaannya sebagai berikut :

  1. Pertama klik sekali untuk memilih objek.
  2. Sentuh dengan memakai 2 jari sekaligus untuk menampilkan perintah klik kanan.
  3. Klik 2 kali dan seret untuk multi-pilih, hal seperti ini digunakan saat memilih kalimat atau paragraf.

2. Fungsi Scroll Dan Zoom Di Touchpad

Fungsi fitur Precision Touchpad selanjutnya adalah untuk memudahkan scroll dan zoom di layar. Misalnya pada saat melakukan pengolahan data dan angka di Microsoft Office, tentunya kehadiran fitur sangat membantu mempercepat menyelesaikan pekerjaan.

Berikut ini merupakan lengkah-langkah menggunakan fiutr Precision Touchpad untuk scroll dan zoom di kayar laptop :

  1. Taruh dua jari Anda diatas touchpad, lalu sweap keatas atau kebawah untuk scrolling.
  2. Taruh dua jari Anda diatas touchpad, lalu gerakan jari seperti mencubit dan melebar untuk zoom in dan zoom out. Gerakan ini seperti kita memperbesar foto di Smartphone.

3. Fungsi Ketukan Tiga Jari Di Touchpad

Pernahkah kali berfikir, bahwa dengan meletakkan 3 jari diatas touchpad bisa melakukan perintah khusus, yaitu untuk membuka akses multi tasking. Jadi bagi para pengguna laptop dapat melakukan navigasi ketika bekerja dengan beberapa aplikasi secara cepat.

  1. Taruh tiga jari diatas touchpad dengan sweap ke atas, maka akan membuka Task View.
  2. Taruh tiga jari diatas touchpad dengan sweap ke bawah, maka akan memunculkan desktop.
  3. Taruh tiga jari diatas touchpad dengan sweap ke kanan atau kiri, maka akan membuka aplikasi berikutnya.
  4. Taruh tiga jari diatas touchpad dengan sweap kebawah juga bisa mengatur tombol volume dan untuk  membuka suatu mp3 player usap ke atas.

4. Fitur Precision Touchpad Sebagai Custom Gesture Tingkat Lanjut

Kegunaan fitur Precision Touchpad  yang terakhir mampu melakukan custom dan memasukkan gesture khusus untuk melakukan suatu hal yang memudahkan kita menyelesaikan pekerjaan. Lantas bagaimana caranya? Yakni buka menu Settings > Device > Cursor. Selanjutnya klik bagian menu tab kanan Advanced Gesture Configuration untuk memulai mengatur konfigurasi tingkat lanjut.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas, agar bisa menggunakan fitur Precision Touchpad di laptop maka perangkat yang Anda gunakan sudah terpasang  fitur tersebut dan menggunakan sistem operasi Windows 10.

Demikianlah pembahasan singkat dari Calonpengangguran  kali ini mengenai Cara Menggunakan Touchpad Di Windows 10. Semoga beberapa panduan yang saya berikan diatas bisa bermanfaat untuk semua orang terutama pengguna laptop. Sekian dan terimakasih atas waktunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *