Aplikasi Yang Bisa Bantu Bisnis UMKM: Cocok di Masa Pandemi COVID-19

Aplikasi yang Bisa Bantu Bisnis UMKM – Pada saat pandemi COVID-19 ini tentunya sangat mengganggu semua aktivitas Para pelaku bisnis, hal ini karena virus terus menyebar ke berbagai penjuru dunia China, Hongkong dan masih banyak lagi termasuk Indonesia.

Sejumlah aktivitas usaha kecil dan menengah (UMKM) pun pastinya sangat terganggu, bahkan tidak sedikit usaha mereka terhenti, karena kemunculan wabah atau virus ini. Dan pastinya para pebisnis UMKN sangat membutuhkan bantuan seperti aplikasi untuk akuntansi.

Dengan adanya imbauan pemerintah kepada masyarakat agar dapat mengurangi aktivitas di luar rumah dan berkumpul pastinya hal seperti ini sangat mengurangi kinerja UKM. Hal ini sangat mengganggu Proses bisnis kecil yang harusnya lebih efektif dilakukan dengan bertemu secara langsung.

Tidak menutup kemungkinan jika hal seperti itu berdampak kepada usaha dan kinerja keuangan UKM.

Tantangan Utama UMKM

Sektor usaha kecil menengah (UKM) sangat berpengaruh penting dalam perkembangan pada setiap negara. Jika anda belum tau bahwa UKM memiliki pasar yang terbilang sangat besar dan mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Tetapi sejak kemunculan COVID-19 merebak dan menjadi sebuah pandemi, sekarang aktivitas yang tergantung pada interaksi antar manusia menjadi sangat berkurang.

Karena hal itu, semua pemilik bisnis UKM mulai khawatir dengan keadaan bisnis yang mereka lakukan. Kecemasan seperti ini tentunya hal yang wajar, sebab mereka pasti sangat merasakan penurunan permintaan, berkurangnya pelanggan, hingga berpengaruh terhadap pendapatan yang diperoleh.

Untuk mengatasi wabah Corona yang melanda semua negara, para pengusaha UKM perlu meracik strategi agar tetap mendapatkan ekonomi yang dibilang layak. Salah satu yang dapat membantu para UMKM yaitu dengan memanfaatkan teknologi seperti yang dapat membantu bisnis mereka pada masa pandemi.

Aplikasi Dapat Membantu Bisnis UKM

aplikasi yang bisa bantu bisnis umkm

Pada masa seperti ini tentunya berbisnis offline sangat kurang efektif sebab semua negara masih dalam tahap penyembuhan akibat virus Covid-19. Dan dengan pandemi seperti ini pastinya anda semua harus memutar otak agar tetap mendapatkan omset yang pasti.

Tidak perlu khawatir sebab saat ini banyak aplikasi yang dapat membantu anda semua untuk menjual barang secara online seperti yang saya jelaskan di bawah ini:

1. Teman Bisnis

Rekomendasi pertama yang dapat anda gunakan adalah Teman Bisnis yang membantu Anda dalam memahami segala kondisi perusahaan dan membantu dalam proses pengambilan pada masa yang akan datang.

Aplikasi ini dapat membantu anda dalam aktivitas keuangan, seperti pembelian barang, penjualan, pembayaran gaji, sisa modal, jumlah kas yang dimiliki perusahaan sampai keuntungan yang anda dapat dalam usaha.

2. Trello

Rekomendasi aplikasi yang ke dua adalah Trello, tentunya aplikasi ini sangat membantu semua orang dalam mengelola semua aktivitas bisnis mereka. Jika dipikir, semua yang anda lakukan saat ini sama persis dengan yang anda planing kan pada waktu lalu?

Untuk lebih jelasnya aplikasi Trello merupakan penyedia jasa atau pembuatan website (UMKM). Trello dapat mempermudah Anda dalam mengelompokkan semua kategori kegiatan dapat memantau segala atau semua progress dari pengerjaan suatu hal.

3. Media Sosial dan Chat App

Dengan hanya menggunakan 2 platfrom tersebut akan sangat dapat membantu semua bisnis anda. Dalam aktivitas pemasaran juga akan tergolong sangat mudah jika terdapat internet seperti sekarang ini. Contoh media sosial yang dapat anda manfaatkan adalah Facebook, Twitter, Instagram dan masih banyak lagi. Tidak hanya untuk memasarkan produk atau jasa UMKM, platfrom media sosial dan chat app juga dapat anda gunakan untuk berkomunikasi kepada pelanggangnya.

4. Jagel.id

Jagel.id adalah Platform yang dapat anda manfaatkan untuk membuat sebuah aplikasi android tanpa coding, dengan seperti ini dapat membantu usaha anda melalui Aplikasi.

Di Jagel.id dapat membuat sebuah aplikasi seperti Ojek online, Aplikasi Jasa (jasa laundry, jasa guru private, jasa cleaning service, jasa kurir dan aplikasi home service lainnya), aplikasi PPOB (Pulsa dan tagihan), Aplikasi Online Shop, Aplikasi Travel, dan masih banyak lagi yang dapat anda buat disini.

Tentunya banyak keuntungan menggunakan Jagel.id yang bisa anda peroleh seperti dibawah ini.

  • Buat aplikasi tanpa coding tentunya merupakan hal yang tidak terbilang rumit, dan semua orang dapat membuatnya hanya dengan belajar dasar-dasarnya saja.
  • Memiliki banyak template yang dapat anda gunakan untuk bisnis.
  • Fitur yang di sediakan juga tidak kalah menarik seperti anda dapat customize.
  • Anda dapat memilih beberapa paket seperti bronze-platinum (white label)
  • Harga yang dipatok juga terbilang sangat murah, mulai 100k anda sudah dapat membuat sebuah aplikasi sendiri.
  • Tentunya dapat upload aplikasi anda diplaystore.

5. Photoshop Express

JIka anda pembisnis pastinya tidak terlepas dari hal pemasaran produk atau promosi. Salah satu hal yang wajib untuk dilakukan sebagai kegiatan promosi ialah dengan mengambil dan mengunggah foto produk yang anda punya atau jasa yang ditawarkan.

Untuk melakukan hal semacam ini, kami memiliki rekomendasi aplikasi Android yang dapat membantu Anda dalam memperoleh foto-foto terbaik. Salah satu aplikasi yang dapat membantu UMKN yang sangat wajib untuk anda miliki adalah Photoshop Express.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang sangat penting untuk menambah kratifitas foto produk kita seperti flio, rotate, crop dan berbagai filter, effects, warna hingga auto fix yang dapat semua orang nimamti secara gratis.

Penutup

Seperti itulah informasi yang dapat Calonpengangguran berikan untuk anda tentang Aplikasi yang Bisa Bantu Bisnis UMKM, serta informasi lainnya yang dapat anda ketahui didalam artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *