Terlengkap! 4 Cara Ampuh Mematikan Update Windows 10

Cara Mematikan Update Windows 10 – Windows merupakan salah satu sistem operasi pada pernagkat laptop/PC yang banyak digunakan oleh banyak orang dan pastinya sudah familiar di kalangan masyarakat pengguna komputer.

Windows sendiri juga terbagi atas beberapa versi, mulai dari Windows XP hingga Windows 11. Perlu diketahui, kini pihak perusahaan OS ini sudah meluncurkan fitur terbaru bernama Windows Update. Fitur ini mulai diterapkan pada Windows 10 keatas.

Artinya versi di bawah Windows 10 harus melakukan Update OS secara manual. Anda tahu Microsoft? Ini merupakan perusahaan pengembang Windows yang ingin menjadikan OS utama diseluruh penjuru dunia. Sehingga pihaknya selalu menyediakan penawaran dan pembaruan canggih dengan cara update sistem operasi secara otomatis.

Nah dengan adanya kebijakan baru dari Microsoft, pastinya akan membawa dampak dan pengaruh besar bagi para penggunanya. Salah satunya adalah, para penggunanya dipermudah dalam melakukan pembaruan sistem operasi.

Jika ada pembaruan sistem pada Windows 10, maka pihaknya akan memberikan notifikasi update saat perangkat laptop/PC terhubung dengan internet. Fungsi dari update Windows adalah untuk meningkatan dan memaksimalkan kinerja perangkat guna memperbaiki bug, error serta menambahkan fitur-fitur baru.

Sebelum Anda melakukan update, biasanya pihak perusahaan akan memberikan informasi mengenai pembaruan yang dilakukan oleh Microsoft untuk device Windows kamu. Nah disini kita bisa mengetahui perbandingan poin-poin sebelum diupdate dan setelah diupdate.

Tujuan update sistem OS bukan hanya untuk memperbaiki bug saja, namun juga mendownload database terkait soal keamanan. Jadi tingkat keamanan pada perangkat laptop/PC yang Anda gunakan akan semakin kuat dan bisa meminimalisir masuknya virus-virus jahat.

Namun kehadiran fitur update di Windows 10 ini tidak membuat semua para penggunaya merasa nyaman. Artinya sebagian dari mereka justru merasa rishi dan ingin menonaktifkan fittur terbaru tersebut.

Lantas bagaimana cara mematikan update Windows 10 secara otomatis? Untuk mengetahui hal ini Calonpengangguran sudah siapkan sebuah artikel yang membahas topik tersebut. Langsung saja simak ulasan lebih rincinya berikut ini :

Cara Mematikan Update Windows 10

Cara Mematikan Update Windows 10

Mau tahu bagaimana cara menonaktifkan update Windows 10 secara otomatis di perangkat laptop/PC? Disini mimi akan memberika 4 metode tips mematikan fitur Windows update. Mulai dari menggunakan WiFi Metered Connection, control panel, tombol Win + R dan apikasi Windows update stop.

Adapun dibawah ini langkah-langkah lebih detailnya :

1. Melalui Wifi Metered Connection

Cara mematikan fitur update Windows dengan menggunakan Wifi Metered Connection tidaklah sulit. Dimana pembaruan OS akan muncul ketika perangkat Anda terhubung dengan koneksi internet. Artinya disini Anda cukup mengatur di bagian jaringan Wifi-nya untuk mematikan sistem update Windows.

Untuk cara menoanaktifkannya dengan metode ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Pertama buka menu Start.
  2. Klik bagian kolom pencarian dan cari menu Settings > Network & Internet.
  3. Klik bagian menu Wifi.
  4. Setelah itu ubah pengaturan Set as metered connection menjadi posisi ON.
  5. Selesai dan selamat mencoba ya guys!

Informasi Tambahan : Jika Anda menggunakan metode ini, maka ada kekurangannya yaitu akan berpengaruh pada jaringan internet perangkat yang Anda gunakan. Artinya cara ini tidak dapat membatasi update secara total.


2. Melalui Menu Control Panel

Metode berikutnya untun mematikan fitur update Windows 10 bisa menggunaka menu contro panel. Apakah sudah tahu caranya? Jika belum, mari simal langkah-langkah dibawah ini :

  1. Tahap awal klik menu Start.
  2. Masukkan Control panel pada bagian kolom pencarian.
  3. Pilih menu System and Security > klik Administrative Tools
  4. Jika sudah tampil folder Tools, silahkan double klik bagian Service.
  5. Cari menu Windows Update, lalu ubah status type menjadi Disabled. Caranya yaitu dengan klik kanan dan pilih Properties.
  6. Selesai dan selamat mencoba!

3. Melalui Tombol Win+R

Ternyata fungsi tombol Windows + R ini sangat banyak. Salah satunya adalah untuk mematikan fitur update di Windows 10. Adapun disini mimin lampirkan langkah-langkah menonaktifkan fitur tersebut, yaitu :

  1. Pertama silahkan tekan tombol Windows + R di keyboard Anda.
  2. Masukkan gpedit.msc dan enter atau klik OK.
  3. Kemudian Anda akan diarahkan pada halaman berikutnya, disini pilih Computer Configuration > Administrative Templates. 
  4. Setelah masuk ke Administrative Templates, maka pilih Windows Components > Windows Update.
  5. Kemudian cari menu Configure Automatic Updates, lalu double klik dan pilih Disable > OK.
  6. Selesai dan selamat mencoba!

4. Melalui Aplikasi Win Update Stop

Cara terakhir utnuk mematikan fitur update Windows bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Win upadate Stop. Dengan metode ini para pemgguna OS Windows tidak akan merasa kesulitan. Berikut merupakan langkah-langkah tepat menonaktifkan fitur tersebut melalui platform tersebut.

  1. Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi Win Update Stop.
  2. Jika sudah sukses mendownload, maka klik kanan file yang sudah di unduh tadi dan pilih Run as administrator.
  3. Lakukan Install dengan cara mengikuti perintah yang tersedia.
  4. Jika sudah terpasang pada perangkat Anda, maka buka aplikasinya dan Anda hanya |menekan tombol Disable.
  5. Selesai dan jangan lupa mempratekannya.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan singkat dari Calonpengangguran tentang Cara Menonaktifkan Update Windows 10. Semoga penjelasan yang mimin berikan diatas bisa bermanfaat untuk semua orang terutama mereka para pengguna Windows 10. Sekian dan terimakasih atas waktunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *