Ternyata Mudah! Ini 2 Cara Melaporkan Penipuan Telegram

Cara Melaporkan Penipuan Telegram – Pastinya Anda sudah tidak asing dengan Telegram bukan? Ini bisa dibilang aplikasi mirip seperti WhatsApp. Dimana platform ini menawarkan berbagai fitur menarik seperti panggilan, chattingan, menonton film dan masih banyak yang lainnya.

Sekarang ini kita hidup di era penuh teknologi canggih, oleh karena itu kondisi saat ini memang harus di sertai atau di imbangi dengan ilmu pengetahuan yang cukup. Jika hal ini tidak diterapkan, maka akan menimbulkan kesenjangan dan akan mengakibatkan tindak kejahatan.

Contoh sederhananya adalah penipuan yang ada di Telegram. Belakangan ini memang banyak orang membicarakan topik yang sedang viral ini. Jika terjadi tindak kejahatan seperti ini, lantas bagaimana cara melaporkan penipuan Telegram? Sebenarnya sih mudah, namun faktanya masih banyak orang yang belum tahu.

Oleh karena itu pada kesempatan ini Calonpengangguran hadir disini akan memberikan tutorial lengkapnya untuk mengatasi permasalahan diatas. Mari simak terus penjelasan berikut ini :

Jenis Jenis Penipuan Yang Terjadi Belakangan Ini

Belakangan ini memang benar berita mengenai tindak kejahatan seperti penipuan sedang marak terjadi pada aplikasi Telegram. Para pelaku disini melakukan aksinya dengan modus mengirimi sebuah pesan yang berisikan bahwa sang pemilik akun mendapat hadiah.

Selanjutnya pelaku akan mengirimkan sebuah kode verifikasi yang biasanya diklaim sebagai kode untuk mendapatkan hadiah. Jika calon korban lengah, maka korban akan dengan senang hati memberikan kode verifikasi tersebut kepada pelaku.

Alhasil dari calon korban tersebut akan menjadi korban. Dari isi kode verifikasi tersebut, pelaku bisa mengakses semua informasi-informasi penting milik korban yang ada di dalam akun Telegram. Bahkan yang paling parahnya dapat mengakses user ID, PIN dan kata sandi.

Tidak kejahatan seperti diatas memang sangat fatal sekali, jika tidak segera dilaporkan justru pelaku tersebut akan semakin ganas. Cara melaporkannya yaitu dengan mereport akun Telegram yang sudah melakukan penipuan. Dengan hal ini agar pelaku bisa jera.

Perlu diingat, sebelum merepot akun Telegram pelaku, terlebih dahulu selamatkan akun Telegram Anda dengan cara pilih 3 garis horizontal yang berada di sebelah kiri atas > pilih menu Pengaturan > pilih lagi Privasi dan Keamanan > pilih Sesi Aktif. Terakhir jika tampak aktivitas online yang bukan merupakan perangkat Anda, maka segera nonaktifkan.

Sementara cara melaporkan akun Telegram yang sudah melakukan penipuan terhadap kita, mkas bisa menggunakan aplikasi Telegram langsung ataupun melalui e-mail. Untuk lebih detail, Anda bisa memebaca penjelasan berikut ini.

Cara Melaporkan Penipuan Telegram

Cara Melaporkan Penipuan Telegram

1. Lapor Melalui Aplikasi Telegram

  1. Tahap awal buka aplikasi Telegram di perangkat Anda masing-masing.
  2. Cari dan buka isi percakapan dengan akun Telegram yang telah melakukan penipuan tehadapa kita.
  3. Klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  4. Pilih opsi Laporkan.
  5. Kemudian pilih opsi alasan dari kategori yang tersedia kenapa akun tersebut ingin dilaporkan. Nah disini karena kasusnya penipuan, maka pilih laporan atas alasan penipuan.
  6. Anda diminta untuk memilih pesan yang termasuk ke dalam kategori laporan itu, penipuan.
  7. Tambahkan penjelasan terkait penipuan tersebut (bila dibutuhkan).
  8. Terakhir pilih tombol Kirim Laporan dan laporan Anda akan langsung diproses.

Catatan Penting : Metode ini hanya berlaku untuk chat yang ada di group. Sementara kalau Anda mengalami penipuan bersifat pribadi, maka silahkan laporkan dengan menggunakan e-mail.

2. Lapor Melalui E-mail

Seperti yang sudah mimin singgung diatas tadi, bahwa Anda mengalami tindak kejahatan penipuan di Telegram bersifat pribadi maka silahkan laporkan melalui E-mail. Berikut ini adalah langkah-langkah melaporkannya :

  1. Pertama buka terlebih dahulu E-mail yang ingin Anda gunakan untuk mengirim laporan.
  2. Pilih menu Tulis Pesan Baru, masukkan akun e-mail ini abuse@telegram.org di penerima e-mail.
  3. Masukkan atau tuliskan kronologi kejadian dan alasan mengapa akun tersebut ingin di blokir. Nah disini silahkan jelaskan sebagai pemalsuan atau penipuan.
  4. Masukkan a ID username dari akun Telegram yang ingin dilaporkan
  5. Terakhir tinggal  kirimkan e-mail laporan tersebut.

Akhir Kata

Mungkin hanya itu saja pembahasan dari Calonpengangguran kali ini mengenai Cara Melaporkan Penipuan Telegram. Semoga penjelasan diatas bisa dipahami dan berguna untuk semua orang terutama pengguna aplikasi Telegram yang sedang mengalami masalah penipuan. Sekian dan terimakasih.

One comment

  1. Grup welma investasi online id admin Argian_Dhanuarta grup penipuan dana investasi tlg di tindak lanjuti agar tdk byk korban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *