Begini 4 Cara Mudah Download Audio Reels Instagram

Cara Download Audio Reels Instagram – Sebenarnya untuk mengunduh sebuah audio atau music dari Instagram Reels bisa langsung lewat aplikasinya, tapi beda cerita kalau menyimpan di memori hp, kamu memerlukan cara lain.

Seperti yang teman-teman semua ketahui, Reels adalah salah satu fitur yang ada didalam aplikasi IG guna menyediakan berbagai macam lagu dan music sedang viral saat ini. Menariknya lagi kamu bisa menjumpai banyak cover lagu orginal disini.

Jadi, apakah kamu salah satu orang yang suka dengan lagu-lagu yang ada di Instagram Reels? Tapi tidak tahu cara mengunduh music atau audionya? Tenang saja, pada kesempatan kali Calonpengangguran akan memberikan4 tips dan trik mengunduh audio dari Instagram Reels sebagai berikut.

Unduh atau Simpan Audio di Akun Instagram

cara download audio instagram reels

Diatas tadi sudah penulis singgung bahwa pihak Instagram telah menyediakan fitur untuk mengunduh audio dari Reels, hanya saja fitur ini menyimpan audio atau music ke akun Instagram bukan ke memori penyimpanan smartphone masing-masing.

Artinya audio atau music yang sudah kamu unduh menggunakan metode ini, hanya bisa ditemukan pada akun Instagram, tidak bisa lewat aplikasi file manager. Meskipun begitu, saya rasa satu metode ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin menambah audio atau music pada video reel kamu yang akan diposting.

Untuk caranya sendiri, teman-teman semua bisa ikuti step by step yang akan saya berikan dibawah ini:

  1. Pertama buka video Reel dengan audio yang ingin kamu simpan.
  2. Kmeudian tap pada judul musik/lagu di bagian bawah nama akun.
  3. Kalau sudah terbuka, lanjut tap menu Simpan Audio di bagian atas. Apabila kamu ingin langsung menggunakan audio tersebut di video Reel, bisa tap menu Gunakan Audio di bagian bawah.
  4. Sementara untuk audio yang disimpan bisa ditemukan di menu Disimpan atau Saved. Caranya buka halaman profil kamu, lalu tap icon tiga garis di kanan atas.
  5. Lalu pilih menu Disimpan.
  6. Untuk melihat audionya tap folder Audio/
  7. Hampir sama dengan penjelasan diatas, apabila kamu ingin menggunakan atau menambahkan audio tersebut ke Reel, tap pada audio lalu tap menu Gunakan Audio di bagian bawah.
  8. Selesai.

Selain cara itu, ada satu lagi cara yang lebih mudah dari penjelasan diatas, berikut ini penjelasanya:

  1. Pertama buatlah video Reel baru. Di layar ketika hendal membuat video Reel, tap icon nada atau musik di samping kiri.
  2. Kemudian tap menu Tersimpan.
  3. Maka kamu akan ditampilkan kumpul audio yang sudah disimpan, jadi silahkan pilih audio yang kamu ingin gunakan.
  4. Selesai.

Download Audio Instagram Reels via Converter

Cara ini hanya diperuntuhkan untuk kamu yang ingin menyimpan audio dari Instagram Reels ke memori internal smartphone, karena kalau langsung lewat fitur yang disediakan Instagram tidak akan bisa.

Tapi perlu kamu semua ingat, tidak semua audio di Instagram Reels bisa kamu download ya. Sebab, ada beberapa audio yang tidak bisa didownload lewat Converter.

Kalau sudah paham, teman-teman semua bisa mengikuti step by step yang akan saya berikan dibawah ini:

  1. First Step kamu buka video Reel dengan audio yang ingin diunduh.
  2. Kalau sudah ketemu, lanjut tap icon titik tiga di samping kanan layar Reel, lalu  pilih Salin tautan.
  3. Setelah itu, kamu lanjut buka aplikasi browser yang biasa digunakan seperti Google Chrome, Mozila, dan lain sebagainya, kemudian kunjungi situs offmp3.com.
  4. Tunggu proses loading sampai selesai, kalau sudah kamu paste URL video Reel pada kolom yang disediakan lalu tap menu DOWNLOAD.
  5. Secara otomatis situs ini akan bekerja mengonversi video Reel menjadi file audio. Apabila proses konversi sudah selesai, kamu bisa tap menu ketuk Click here untuk mengunduh hasilnya.
  6. Tunggu hingga proses pengunduhan file audio selesai dan siap digunakan.

Ternyata teman-teman semua tidak hanya bisa menggunakan Converter versi websitenya loh! Sebab pihak mereka juga menyediakan versi aplikasinya. Apabila kamu tertarik menggunakan versi aplikasinya, silahkan install aplikasi Converter di Play Store atau App Store sesuai dengan perangkat seluler yang kamu gunakan.

Atau lebih mudahnnya kamu bisa tap link install ini MP3 Converter untuk pengguna android dan Video to MP3 untuk pengguna iOS.

Mengubah Format File Dengan Mudah

Disini saya juga akan membagikan cara paling mudah untuk mengubah format sebuah file dari MP4 ke MP tanpa bantuan aplikasi Converter.

Emang bisa ya mas? Bisa dong! Karena pada dasarnya untuk mengubah format pada sebuah file kamu bisa memanfaat aplikasi File Manager yang ada di smartphone masing-masing.

Caranya bagaimana mas? Bagi kamu yang penasaran dan ingin tahu caranya, tenang saja. kamu semua bisa ikuti tutorial yang akan saya jelaskan dibawah ini:

  1. Langkah pertama kamu buka aplikasi File Manager bawaan ponsel atau bisa menggunakan aplikasi Files dari Google. Disini sebagai contoh, pihak kami memilih menggunakan aplikasi Files, kenapa? karena tidak semua file manager di smartphone memiliki fitur ini. Oleh karena itu, agar sama kita sama-sama menggunakan Files yang bisa ditemukan pada Google!
  2. Saya anggap semuanya sudah punya aplikasi Files ya, kita masuk ke halaman beranda atau utam apk File, kemudain tap menu Videos
  3. Jika sudah, lanjut tap menu Instagram dibagian atas dan tekan tahan pada video tersebut.
  4. Lanjut tap menu icon tiga titik di kanan atas.
  5. Lalu tap menu Rename
  6. Disini kamu bisa mengubah bagian mp4 menjadi mp3 kemudian ketuk OK.
  7. Maka secara otomatis file MP4 akan berubah jadi MP3.
  8. Selesai.

Informasi Tambahan Tentang Instagram Reels

Dari apa yang sudah kita tahu, hadirnya Instagram Reels menjadi jawaban dari harapan kita semua, terutama bagi creator IG itu sendiri.

Pasalnya, hal serupa telah ada di aplikasi pesaingnya yakni Tiktok, karena tidak ingin kalah eksis pihak Instagram juga menambah hal serupa agar pengguna platform mereka tidak pindah ke platform.

Mengingat ini adalah tools baru pada Instagram, ada beberapa fitur yang diusung bersamaan dengan Instagram Reels. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

  • Fitur Menambah dan menyimpan Audio Reels.
  • Terdapat Efek AR
  • Ada fitur Timer atau Hitungan Mundur.
  • Bisa menggabungkan beberapa klip sejajar dengan mudah.
  • Bisa mengatur kecepatan.

Bagaimana mudah bukan? Semoga penjelasan singkat dari Calonpengangguran diatas mengenai Cara Download Audio Instagram Reels berhasil ya. Mungkin hanya itu saja, sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *