Begini Cara Mudah Menyematkan Pesan atau Chat di Aplikasi Telegram

Sebenarnya Cara Menyematkan Pesan di Telegram sangat mudah dilakukan, tapi bagi beberapa orang hal ini sangat sulit dilakukan. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial lengkapnya untuk kamu semua yang tidak tahu caranya.

Sebelum itu, apakah teman-teman pembaca disini sudah tahu kegunaan dari melakukan semat pesan? Jadi begini, saat kamu menyematkan pesan di aplikasi Telegram, seberapa banyakpun pesan masuk baru pesan yang sudah disematkan akan tetap berada diposisi atas.

Tidak hanya menampilkan pesan semat selalu diatas, setelah kamu melakukan trik ini semua pesan penting yang berasal dari pekerjaan ataupun hal penting lainnya akan lebih mudah ditemukan.

Baiklah tidak perlu panjang lebar, langsung saja bagi teman-teman semua yang ingin tahu step by step lengkapnya bisa baca penjelasan sebagai berikut.

Cara Menyematkan Pesan di Aplikasi Telegram

cara menyematkan pesan di telegram

Untuk cara pertama yang akan saya sampaikan, kamu bisa menggunakan fitur daftar obrolan yang dimiliki. Contoh kamu menyematkan pesan dari Agus, maka saat kamu menerima pesan baru dari orang lain pesan dari Agus tetap berada di bagian atas.

  1. Pertama buka aplikasi Telegram di Hp sobat masing-masing.
  2. Pastikan aplikasi Telegram sudah login, kalau belum silahkan untuk login dulu melalui nomor telepon yang sudah didaftarkan.
  3. Setelah kamu masuk di halaman beranda atau halaman chat, silahkan tentukan salah satu kontak chat yang disematkan, contoh kontak Agus.
  4. Kemudian tap dan tahan di bagian atas akan muncul icon pin, lanjut tap pada icon tersebut.
  5. Maka secara otomatis chat yang sudah kamu pilih tersebut akan tersematkan, jika ingin menambah chat semat baru ulangi step by step yang saya berikan diatas.
  6. Selesai.

Cara Menyematkan Pesan di Channel Telegram

Selanjutnya tidak jauh berbeda, hanya saja cara ini lebih focus pada chat atau pesan di sebuah Channel tertentu, seperti Channel film atau lain sebagainya.

Tapi sebelum bisa melakukan hal ini, kamu semua harus tahu kalau yang memiliki hak atau akses untuk melakukan semat sebuah chat pada Channel adalah admin. Jadi, kalau kami ingin menyematkan sebuah pesan atau chat di Channel harus jadi admin lebih dulu.

Jika sudah paham, kita lanjut ke pembahasan cara melakukan semat pesan atau chat di Channel Telegram sebagai berikut:

  1. Sama dengan penjelasan diatas, langkah pertama kamu harus buka aplikasi Telegram dan lakukan login menggunakan akun masing-masing. Buka grup channel telegram yang kamu miliki.
  2. Jika sudah, kamu bisa mengirim pemberitahuan kepada anggota atau member Channel mengenai hal penting yang ingin disematkan, isi pesan atau chat bebas sesuai kebutuhan pribadi.
  3. Setelah pesan berhasil terkirim, lanjut tap pada pesan tersebut dan tap menu Sematkan.
  4. Lanjut dengan memberi centang pada bagian beritahu seluruh anggota/member, selain itu kamu juga bisa menghilangkan centang apabila tidak diperlukan, lalu tap menu Oke.
  5. Apabila dikemudian hari kamu ingin membatalkan atau menghapus chat yang sudah disematkan, tap saja icon x atau silang di sebelah kanan pesan tersemat.
  6. Selesai.

Untuk cara di Grup Telegram, caranya tidak jauh berbeda dengan penjelasan saya diatas, hanya saja pada grup Telegram untuk bisa menyemat pesan atau chat tidak mengharuskan kamu menjadi admin, artinya semua anggota atau memberi bisa menyematkan chat penting, seperti link sebuah film atau lain sebagainya.

Tips Agat Chat Yang Disematkan Tidak Bisa Dihapus

Hal penting lainnya yang perlu kamu semua ketahui adalah pada setiap grup atau channel, setiap anggota yang ada didalamnya memiliki hak untuk menghapus pesan atau chat yang sudah disematkan tersebut.

Repot dong mas kalau gitu? Sebenarnya iya, karena bisa saja pesan yang sudah kamu sematkan mengandung informasi penting terkait grup atau channel tersebut. Tapi tenang saja, ada satu trik yang bisa diterapkan agar anggota atau member tidak bisa menghapus chat yang sudah disematkan sebagai berikut:

  1. First step buka aplikasi telegram dan lakukan login menggunakan akun kamu.
  2. Jika sudah, buka channel atau grup yang ingin kamu atur agar anggota tidak bisa menghapus pesan semat mu.  
  3. Lanjut dengan masuk ke pengaturan grup atau channel dengan cara tap pada nama tersebut.
  4. Kemudian di halaman edit tap menu Izin.
  5. Lalu hilangkan tanda centang di bagian Semat pesan.
  6. Selesai.

Mudah bukan? Tidak hanya bisa menyematkan sebuah chat atau pesan saja, ternyata kita juga bisa mengatur agar orang lain tidak bisa menghapus pesan sematkan kita.

Baiklah mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran sampaikan untuk kamu semua mengenai Cara Menyematkan Pesan di Aplikasi Telegram. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

2 Comments

  1. Saya ingin pihak telegram menindaklanjuti akun Rizal Wardono karena akun tersebut sudah melakukan penipuan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *