Cara Bayar Pajak Motor di Tokopedia, Syarat dan Ketentuan Pembayaran

Teknologi yang saat ini kian berkembang dan memudahkan akses semua orang, hampir semua hal sekarang bisa dilakukan secara online, mulai dari  bayar tagihan, belanja dan sejenisnya termasuk  bayar pajak motor sekarang sudah bisa dilakukan secara online. Sehingga cara membayar pajak bisa menjadi lebih mudah dan cepat. 

Sebelumnya cara bayar pajak motor harus dilakukan secara langsung di kantor Samsat daerah masing-masing dengan prosedur yang kurang efisien. Namun, kabar baiknya saat ini proses dan cara bayar pajak motor di Tokopedia sudah bisa dilakukan serta dapat diakses oleh setiap orang.

Kendati belum secara merata, cara bayar pajak motor di Tokopedia merupakan inovasi baru yang sangat memudahkan setiap orang.

Keuntungan Bayar Motor Pajak di Tokopedia 

Setiap orang pasti pernah lupa bayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)? Jangan khawatir, karena saat ini kita dapat dengan mudah dan cepat dengan cara bayar pajak motor di Tokopedia. Dengan Samsat Online Tokopedia, kita langsung bisa melihat kemudahan cek invoice dan membayar pajak motor.  

Selain mudah, sederhana dan praktis, metode pembayaran yang ditawarkan juga  beragam. Pembayaran Samsat Online bisa kita pilih dengan kartu kredit, kartu ATM/debit, internet banking, instant payment, virtual account, OVO, di minimarket terdekat seperti Indomaret atau Alfamart.

Selain itu, apabila kita membayar pajak motor melalui aplikasi Tokopedia, maka kita akan mendapatkan peluang seperti promo dan cashback di waktu tertentu. 

Layanan di Tokopedia ini merupakan hasil kerjasama dari pihak Otoritas Pajak Indonesia dengan misi memudahkan akses semua orang untuk membayar pajak dengan cepat. Tidak perlu  membuang waktu berharga kita untuk mengantri berjam-jam di kantor Samsat, hanya dengan smartphone kita bisa bayar pajak motor dimana saja dan kapan saja.

Membayar pajak motor di Tokopedia merupakan inovasi pembayaran secara online yang dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya melalui aplikasi yang  disediakan oleh pihak kepolisian, seperti  SAKPOLE untuk  Jawa Tengah atau SEMBARA untuk  Jawa Barat.

Namun, selain aplikasi yang  disediakan, untuk metode pembayaran pajak motor  online bisa dilakukan melalui e-commerce, seperti di Tokopedia. Berikut syarat dan ketentuan sebelum kita mengulas cara bayar pajak motor di Tokopedia.

Syarat dan Ketentuan Pembayaran Pajak Motor di Tokopedia 

Syarat dan ketentuan yang pertama adalah hanya pengguna yang  terdaftar di situs atau aplikasi Tokopedia yang dapat menggunakan layanan e-Samsat atau Samsat Online. Kemudian pengguna telah memverifikasi nomor ponsel yang terdaftar di Tokopedia dan nomor tersebut masih  aktif.

Satu akun pengguna di Tokopedia dapat membayar pajak untuk beberapa kendaraan hanya dapat membayar pajak motor di Tokopedia minimal enam bulan sebelum berakhirnya masa berlaku STNK.

Cara pembayaran pajak motor  Tokopedia tidak berlaku selama 5 tahun, tetapi hanya  pembayaran tahunan. Pengguna hanya dapat membayar pajak sepeda motor atau mobil jika kondisi kendaraan tidak terhalang. 

Ketentuan selanjutnya yaitu pembayaran pajak di Tokopedia hanya dapat dilakukan atas nama pemilik perorangan (bukan organisasi sosial, bisnis, atau institusi). Kita dapat mengajukan klaim bayar pajak motor atau mobil di Tokopedia pada hari kerja (2×24 jam).

Pengguna  juga setuju untuk melepaskan Tokopedia atas segala hal yang dapat merugikan pembayaran pajak mereka jika kesalahan tersebut disebabkan oleh kesalahan pengguna.

Tutorial Bayar Pajak Motor di Tokopedia Dengan Mudah dan Cepat

Cara Bayar Pajak Motor di Tokopedia

Setelah  mengetahui syarat dan ketentuan pembayaran pajak motor di Tokopedia, kita akan mengulas langkah-langkah cara bayar pajak motor di Tokopedia. Khusus bagi kita yang berdomisili di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Banten, wajib memiliki kode  pajak.

Sedangkan bagi yang tidak berdomisili di wilayah tersebut tidak perlu memasukkan kode  pajak. Cara lengkap bayar pajak motor di Tokopedia adalah sebagai berikut. 

1. Login dan Masuk ke Aplikasi Tokopedia

Kita dapat mengunjungi halaman Tokopedia atau  membuka aplikasi Tokopedia dan memilih menu Lihat Semua dari bagian menu TopUp & Tagihan. 

2. Pilih menu More atau Lainnya

Jika sudah berada di halaman TopUp & Tagihan, silahkan pilih menu Lainnya. Kemudian pilih menu E-Samsat ketika muncul jendela pop-up untuk memilih beberapa layanan yang ditawarkan oleh Tokopedia. 

3. Mengisi Kelengkapan Data Kendaraan

Kemudian cukup mengisi data kendaraan seperti pemilihan wilayah Samsat, nomor plat atau nomor polisi dan NIK. Namun bagi yang berdomisili di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Banten hanya perlu mengisi kode pembayaran.

Selanjutnya dilanjutkan dengan memilih menu Pembayaran dan dilanjutkan dengan memilih metode pembayaran lalu silahkan lanjutkan langkahnya seperti saat kita berbelanja online.

Cara bayar pajak motor di Tokopedia  tersebut juga dapat digunakan  untuk membayar pajak kendaraan lainnya dan cara tersebut juga dapat dilakukan melalui aplikasi atau website Tokopedia, karena cara dan langkah pembayaran pajaknya akan sama.

Selain itu Tokopedia juga menyediakan fitur lainnya seperti pembayaran listrik, tagihan, dan sebagainya. Jadi tunggu apalagi semua dapat kita lakukan dengan satu genggaman bersama Tokopedia.

Akhir Kata

Mungkin hanya ini saja pembahasan dari Calonpengangguran mengenai Cara Bayar Pajak Motor di Tokopedia. Semoga tutorial yang kami berikan pada kesempatan kali ini bisa membantu Anda dalam mempermudah pembayaran pajak. Sekian dan terimakasih atas waktunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *