Kenapa Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Dapat Digunakan?

Menggunakan voucher pengiriman gratis  dari pembelanjaan di Shopee, akan memberi kita banyak manfaat dan potongan biaya pengiriman untuk menghemat pengeluaran kita pastinya. Bahkan saat belanja di Shopee dengan voucher gratis ongkir, memungkinkan diskon pengiriman 100 persen yang artinya kita tidak perlu membayar ongkos kirim

Namun, ada saja kendala yang akan kita rasakan ketika akan menggunakan voucher gratis ongkir Shopee. Misalnya voucher tidak valid atau walaupun sudah digunakan pun ongkos kirim tidak terpotong sama sekali.

Alasan kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak dapat digunakan di aplikasi terkadang karena sejumlah faktor seperti penawaran yang kedaluwarsa atau  metode pembayaran kupon yang tidak tepat. 

Penyebab Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Berlaku

Kenapa Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Dapat Digunakan

Voucher gratis ongkir Shopee biasanya selalu tersedia dan bisa didapatkan melalui event dan syarat tertentu. Namun, tidak semua voucher gratis ongkos kirim tersebut bisa digunakan untuk berbelanja.

Tentu saja, semua voucher gratis ongkir Shopee memiliki ketentuan penggunaannya masing-masing. kita dapat membaca lebih lanjut tentang syarat dan ketentuan voucher dengan meng-klik setiap voucher yang ada. 

1. Voucher Tidak Dapat Digunakan Untuk Pembayaran Tertentu

Hampir semua pernah mengalami saat berbelanja di Shopee dan memasukkan voucher gratis ongkir maka akan muncul pesan seperti “Kode voucher tidak dapat digunakan untuk pembayaran yang dipilih” menunjukkan bahwa pembelanjaan kita tidak dapat menggunakan voucher gratis ongkir Shopee karena pembayaran yang kita pilih tidak sesuai. 

2. Voucher Gratis Ongkir Shopee Sudah Habis Masa Berlakunya

Banyak sekali faktor yang dapat dijadikan penyebab mengapa voucher gratis ongkir Shopee tidak dapat digunakan. Misalnya, masa berlaku vouchernya telah berakhir dimana biasanya setiap voucher di Shopee memiliki masa berlaku tertentu dan ada pembaharuan voucher yang harus kita klaim dulu di halaman “Gratis Ongkir dan Voucher”.

Voucher tersebut biasanya memberlakukan syarat agar pembayaran dapat dilakukan dengan hanya menggunakan Shopeepay atau Shopee Pay Later baru vouchernya dapat digunakan. Selain menggunakan pembayaran yang ditentukan maka voucher tidak akan dapat digunakan. Kita perlu mengecek kembali syarat dan ketentuan vouchernya.

3. Voucher Gratis Ongkir Tidak Kompatibel dengan Jasa Pengiriman 

Selain tidak sesuai dengan metode pembayaran, voucher gratis ongkir Shopee terkadang juga  tidak sesuai dengan layanan atau jasa pengiriman yang dipilih. Menurut peraturan Shopee,  voucher gratis ongkos kirim hanya dapat digunakan dengan layanan pengiriman yang didukung oleh Shopee. Biasanya juga jarak pengiriman akan mempengaruhi jasa pengiriman yang tersedia. 

4. Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Berlaku Untuk Produk yang Dibeli

Saat membeli sebuah produk dari Shopee, kita pasti pernah melihat gambar produk dan label voucher apa saja yang bisa digunakan. Artinya, kita tidak dapat sembarangan menggunakan voucher gratis ongkir Shopee untuk membeli semua jenis produk.

Jika kita memiliki kupon gratis ongkos kirim Xtra Shopee misalnya, maka kupon tersebut secara otomatis  hanya dapat digunakan untuk membeli produk dengan label yang sama yang dapat kita lihat di bagian bawah gambar produk.

5. Persyaratan Minimal Belanja Tidak Terpenuhi

Selanjutnya penyebab kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak dapat digunakan adalah karena persyaratan minimum pembelian untuk produk kita belum terpenuhi. Misalnya untuk voucher gratis ongkos kirim untuk luar pulau Jawa hanya dapat digunakan untuk produk dengan nilai pembelian minimal 50 ribu dengan  maksimal diskon 10 ribu.

Artinya kita perlu membeli produk minimal 50 ribu untuk  menggunakan voucher pengiriman Shopee gratis  ini. Perlu dicatat bahwa diskon yang tertera tidak sepenuhnya memotong dari biaya pengiriman kita.

Biasanya dalam syarat dan ketentuan akan dijelaskan terkait maksimal pemotongan ongkos kirim dan kemungkinan kita masih akan membayar ongkos kirim namun dengan tarif yang lebih kecil kecuali saat Shopee punya event tertentu seperti 12.12 yang biasanya akan mengadakan voucher gratis ongkir sampai nol rupiah.

6. Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Valid untuk Beberapa Pengguna 

Khusus bagi pengguna yang baru pertama kali mendaftar di aplikasi Shopee biasanya akan langsung mendapatkan voucher gratis ongkos kirim Shopee sebesar 0 rupiah dengan minimal pembelanjaan tertentu. Voucher ini tidak dapat digunakan untuk akun Shopee yang sudah lama terdaftar.

Biasanya hal ini juga tidak dapat  berlaku untuk pengguna yang menyalahgunakan akun dengan data data yang sama pihak Shopee akan mendeteksi setiap pelanggaran yang ada. Jadi tetap perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku agar kita dapat berbelanja aman dan nyaman dengan Shopee.

Akhir Kata

Nah, itulah alasan dan faktor penyebab kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak dapat digunakan. Pastikan juga bahwa syarat dan ketentuan voucher yang kita masukkan sesuai sebelum check out. 

Hal lainnya yang terjadi biasanya terkait dengan voucher gratis ongkir Shopee, antara lain voucher telah digunakan untuk pemesanan yang berhasil, fungsi ShopeePay belum diaktifkan, masalah koneksi atau jaringan perangkat atau kesalahan Shopee serta server sedang down.

Tentukan solusi yang paling tepat agar voucher gratis ongkir dapat digunakan untuk berbelanja dan kita juga bisa menanyakan Customer Service Shopee 24 jam untuk permasalahan yang kita alami. Semoga Bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *