Cara Mudah Mengembalikan Chat Yang Terhapus di Telegram

Jika Anda menggunakan Telegram sebagai aplikasi komunikasi utama Anda, pasti akan terdapat chat yang penting dan tidak boleh terhapus. Terlebih lagi terdapat banyak modus penipuan yang menggunakan fitur hapus chat untuk menghilangkan bukti penipuan.

Dikarenakan hal tersebut Anda harus berhati-hati dan wajib mengetahui cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus. Terdapat berbagai cara yang bisa Anda pilih untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Terutama jika yang terhapus adalah chat yang sangat penting. Entah itu tentang pelajaran maupun tentang pekerjaan.

Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus

cara mengembalikan chat yang terhapus di telegram

Kadang Anda bisa melakukan kesalahan atau ketidaksengajaan dan menghapus pesan penting. Bisa juga dikarenakan salah pencet pilihan menu lain menjadi pilihan hapus. Namun saat Anda sadar chat tersebut sangat penting, Anda akan mencari cara agar chat tersebut bisa kembali.

Tenang saja, untuk cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus sebenarnya lumayan mudah. Anda bisa menggunakan dan mengikuti arahan atau tutorial di bawah ini dengan mudah. Cara ini dinilai efektif untuk mengembalikan chat yang terhapus. Cara-cara ini juga dapat digunakan untuk jenis ponsel yang berbeda, baik android maupun iOS.

Terdapat metode mudah yang bisa dilakukan. Namun tetap saja terdapat kelemahan untuk cara ini. Tidak semua cara bisa mengembalikan chat telegram Anda, tapi tidak ada salahnya untuk mencobanya dulu.

Teknik atau cara ini juga bisa digunakan untuk mengembalikan atau memulihkan foto, video dan file yang Anda kirim maupun kiriman orang lain. Cara ini tentu saja gratis dan tidak perlu menggunakan aplikasi premium khusus untuk mencobanya.

  1. Masuk ke Akun Telegram

Pertama Anda harus membuka aplikasi Telegram terlebih dahulu. Jika Anda memiliki akun lebih dari satu, pilih satu akun yang terdapat chat yang terhapus. Klik titik tiga yang berada di pojok atas kolom pesan.

  1. Masuk ke Setting

Setelah Anda mengklik titik tiga tadi, akan terdapat beberapa pilihan opsi. Pilih opsi Setting kemudian Anda akan mendapatkan file chat atau pesan yang terhapus. Klik pilihan Advanced.

  1. Pilih Opsi Export

Setelah itu Anda bisa klik pilihan bertuliskan Export Telegram Data agar Anda bisa mengakses dan mengambil pesan yang terhapus. Pilih chat atau pesan mana yang ingin Anda pulihkan. Jika sudah klik tombol Export.

  1. Klik Tombol Allow

Akan terdapat pertanyaan untuk persetujuan pemulihan pesan. Hal ini ditujukan untuk pengamanan atau memastikan bahwa yang melakukannya adalah Anda. Ketika Anda sudah mengklik tombol Allow, akan terdapat pesan singkat dan Anda bisa membuka lagi menu Export Telegram Data dan ketuk untuk menyetujui. Hal ini hanya untuk memastikan keinginan Anda.

  1. Klik Pilihan Show My Data

Setelah Anda mengkonfirmasi permintaan pemulihan, data akan segera di ekspor. Ketuk pilihan atau tulisan Show My Data untuk mengembalikan chat Telegram yang terhapus. Jika sudah, buka file yang bertuliskan export results untuk melihatnya.

Data dari pesan, foto, video, musik, film, maupun file yang terhapus maupun obrolan langsung yang terhapus akan dapat diakses kembali. Tentunya setelah mengetahui hal ini Anda tidak perlu khawatir lagi jika terjadi kesalahan saat menghapus pesan. Namun ada baiknya jika Anda langsung mencadangkan pesan jika terdapat pesan penting yang masuk.

Untuk menggunakan cara ini, Anda sebaiknya mencadangkan file atau pesan ke dalam cloud. Jika cadangan tersimpan di cloud, data akan mudah dikembalikan pada ponsel android maupun iOS. Mencadangkan pesan juga tidak sulit.

Terdapat pilihan menu untuk mencadangkan pesan ke dalam cloud. Namun Anda bisa mencadangkannya saja saat terdapat file atau pesan penting untuk menghindari pesan atau data yang hilang. Metode lain agar tidak merasa khawatir chat akan hilang adalah dengan menyimpannya terlebih dahulu.

Anda bisa mengirim file, foto, video, pesan atau data lain ke WhatsApp pribadi maupun catatan. Jika pesan penting adalah sebuah foto dan video, klik opsi simpan ke galeri secara langsung. Melakukan hal ini akan membuat Anda merasa tenang jika saja terdapat kesalahan saat chat di Telegram.

Namun Anda juga tidak perlu khawatir tentang hal tersebut saat sudah mengetahui Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *