Kenapa Capcut Tidak Dapat Mengunduh? Ini Dia Penyebab dan Solusinya!

Aplikasi editing video kini menghadirkan berbagai inovasi baru yang dapat menunjang kebutuhan content creator untuk membuat video dengan mudah dan profesional. Meskipun banyak aplikasi video di PC yang memiliki lebih banyak fitur namun tidak semua orang bisa menggunakannya dan tidak semua orang memiliki keahlian edit video rumit. Nah, salah satu aplikasi yang telah digunakan banyak orang yaitu aplikasi Capcut dan Capcut sangat direkomendasikan bagi kamu editor video pemula atau konten kreator di Tiktok maupun Youtube.

Capcut bisa kamu download di Playstore atau Appstore, kelebihan dari Capcut adalah bisa melakukan preset template yaitu kamu bisa mengedit dengan template video orang lain yang sudah jadi hadi semua efek dan transisi akan diterapkan di video milik kamu. Untuk download aplikasi Capcut berikut akan kami berikan link yang bisa kamu klik Download Aplikasi Capcut Playstore. Jika kamu pengguna iPhone berikut link yang bisa kamu klik Download Aplikasi Capcut Appstore. Setelah mengunduh kamu bisa langsung menggunakannya, namun kenapa capcut tidak dapat mengunduh padahal kamu sudah mengklik link tersebut.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan kenapa Capcut tidak dapat mengunduh ke perangkat kamu dari kendala yang bersifat teknis dan umum. Kendala kenapa Capcut bisa dapat mengunduh tentu saja bisa diatasi, pada pembahasan kali ini kita akan mengulas penyebab dan cara mengatasi aplikasi Capcut yang tidak dapat mengunduh atau menginstal ke perangkat kamu. Hal yang harus kamu perhatikan lebih dulu bahwa aplikasi Capcut tidak semua perangkat dapat mengunduhnya dan jika dipaksakan hal tersebut akan menyebabkan disfungsi aplikasi. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab dan cara mengatasi Capcut tidak bisa mengunduh.

Penyebab Capcut Tidak Dapat Mengunduh?

Kenapa Capcut Tidak Dapat Mengunduh

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Capcut yang tidak bisa proses mengunduh bisa saja karena kendala pada perangkat atau bug aplikasi error. Untuk solusinya, kamu harus paham dulu penyebabnya dan memastikan langkah apa yang bisa kamu lakukan agar aplikasi Capcut dapat mengunduh ke perangkat ponsel kamu. Berikut adalah penjelasan lengkapnya dan solusi yang bisa coba ! 

1. Versi Android Dibawah Standar Capcut

Hal pertama yang harus kamu perhatikan apakah perangkat android kamu sudah memiliki OS versi 5.0 keatas ? Jika belum, ini adalah penyebab kenapa Capcut tidak dapat mengunduh ke perangkat kamu. Solusinya yaitu kamu harus mengupgrade perangkat kamu atau mengunduhnya di perangkat ponsel kamu yang memiliki versi lebih tinggi dengan spesifikasi Android OS 5.0 keatas untuk menunjang penggunaan aplikasi Capcut kamu di ponsel.

2. Perangkat Ponsel atau Aplikasi Error

Kedua, kendala teknis yang bisa saja terjadi kenapa Capcut tidak dapat mengunduh yaitu perangkat atau aplikasi Capcut sedang error. Hal ini terjadi ketika kamu sedang mengunduh namun ternyata unduhan aplikasi tidak berjalan atau proses terhenti. Solusi untuk mengatasinya yaitu dengan merestart perangkat kamu dan download kembali, dengan melakukan restart maka perangkat akan kembali refresh. Jika sudah dilakukan namun tidak berhasil, berarti aplikasi Capcut sedang mengalami error dan solusinya tunggulah dalam 24 jam dan cobalah kembali. 

3. Memori Penuh

Selanjutnya, yaitu kendala memori penuh fan ini pasti terjadi pada sebagian aplikasi edit video yang membutuhkan kapasitas ruang yang besar agar dapat beroperasi secara optimal. Jika memori penuh maka aplikasi Capcit tidak memungkinkan untuk dapat mengunduh. Cara yang bisa kamu lakukan yaitu bersihkan cache pada setiap aplikasi, hapus aplikasi yang tidak terlalu penting, tutup jendela aplikasi yang sedang aktif. 

4. Mengunduh Versi Lama

Terakhir yang harus kamu cek kembali adalah versi aplikasi Capcut, memang pada Playstore atau Appstore aplikasi yang ada akan kamu download merupakan versi terbaru. Namun bagi kamu yang mendownload aplikasi Capcut dari pihak ketiga harus memeriksa kembali apakah versi tersebut merupakan aplikasi Capcut versi terbaru agar kompatibel di perangkat kamu.

5. Ada Bug di Aplikasi Capcut

Penyebab selanjutnya adalah adanya bug di aplikasi Capcut sehingga Anda tidak bisa mengunduh, bug seperti ini bisa dikarenakan banyak hal seperti cache atau sampah penggunaan menumpuk. Semakin banyaknya cahce akan membuat perangkat berat merespon perintah yang Anda diberikan, dalam konteks kali ini adalah mengunduh.

6. Koneksi Internet Buruk

Untuk menjalankan perintah mengunduh di aplikasi Capcut, perangkat memerlukan koneksi internet yang bagus dan stabil. Jadi bisa saja karena koneksi internet yang Anda gunakan bermasalah atau tidak stabil yang membuat terjadinya masalah saat mengunduh.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Aplikasi Capcut Tidak Bisa Mengunduh

Setelah mengetahui beberapa penyebab diatas, tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengatasi masalah ini berdasarkan penjelasan diatas, yaitu:

  • Pastikan antara perangkat seluler dan aplikasi Capcut kompatibel, artinya saling mendukung. Pada aplikasi Capcut ada standar perangkat yang harus dipenuhi untuk bisa menggunakan platform ini, untuk melihat ketentuan tersebut Anda bisa buka Play Store atau App Store. Kemudian masuk ke menu tentang aplikasi, di halaman ini Anda akan ditampilkan beberapa informasi penting seperti kapan terakhir Capcut di perbarui, versi android yang support, developer dan lain sebagainya.
  • Cek kapasitas penyimpanan perangkat Anda, dalam proses mengunduh atau menyimpan video ke galeri tentu saja dibutuhkan ruang penyimpanan yang kosong. Kalau ruang penyimpanan penuh, apa yang akan terjadi? Tentu saja Anda tidak akan bisa mengunduh video tersebut. Maka dari itu, cek ruang penyimpanan perangkat Anda, kalau tidak ada lagi ruang penyimpanan Anda bisa hapus beberapa video atau foto yang tidak berguna atau memindahkannya ke perangkat lain.
  • Rutin perbarui versi aplikasi Capcut, apabila Anda menggunakan aplikasi Capcut versi lama peluang mengalami masalah seperti tidak bisa mengunduh akan semakin tinggi. Kenapa? karena aplikasi versi lama akan menyimpan banyak bug dan virus, oleh karena itu developer melakukan pembaruan agar bisa membantu Anda menghilang semua masalah itu secara otomatis.
  • Hapus Cache atau sampah penggunaan, selain melakukan pembaruan versi aplikasi Capcut secara rutin, Anda juga bisa menghilangkan bug dengan cara menghapus cache atau sampah yang menumpuk pada perangkat. Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa diinstall melalui Play Store atau Anda bisa masuk ke menu pengaturan, lalu klik menu aplikasi dan cari aplikasi Capcut.
  • Uninstall Aplikasi Capcut, disini Anda bisa uninstall dan install kembali aplikasi Capcut dengan tujuan menghilangkan semua masalah yang ada dan juga menghubugkan kembali antara perangkat dan Capcut agar normal. Setelah itu, Anda bisa muat ulang perangkat agar hasilnya lebih maksimal.
  • Memastikan Koneksi Internet Bagus, berdasarkan penjelasan diatas kita ketahui salah satu penyebab aplikasi Capcit tidak bisa mengunduh adalah koneski internet buruk atau tidak stabil. Untuk memastikan hal ini Anda bisa menggunjungi situs “Speedtest” apabila ping tinggi berarti koneksi internet Anda buruk, sebaliknya kalau rendah berarti koneski internet Anda bagus.
  • Hubungi CS Capcut, setelah melakukan beberapa cara diatas dan hasilnya aplikasi Capcut tetap tidak bisa mengunduh Anda bisa menghubungi CS Capcut untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Akhir kata, sekian informasi tentang kenapa Capcut tidak dapat mengunduh ke perangkat ponsel kamu dan Cara mengatasinya. Kamu bisa mengidentifikasi penyebabnya dan mencoba solusi yang telah kami berikan. Selalu nantikan artikel informatif terupdate dari kami selanjutnya!

Baca Juga:

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *