Apa Itu Right Issue Saham? Kenali Maksud, Keuntungan, dan Kerugiannya

Apa Itu Right Issue Saham? Sebelum membahas lebih jauh tentang saham satu ini, tentu kamu semua setujukan dengan pernyataan saya kalau sekarang banyak orang yang menyadari pentingnya berinvestasi untuk jangka panjang, investasi saham berarti kita menanamkan modal untuk membeli kepemilikan nilai sebuah perusahaan. Jika kamu berpikir berinvestasi harus dengan modal puluhan hingga ratusan juta maka itu adalah poin yang kurang tepat karena di era digital dengan perkembangan teknologi serba online kamu bisa berinvestasi saham mulai dari puluhan ribu rupiah saja bahkan bisa lebih rendah daripada itu.

Contoh aplikasi berinvestasi saham yang sering digunakan oleh orang-orang misalnya bibit dan ajaib. Melalui aplikasi-aplikasi tersebut kamu bisa membeli saham dengan level tertentu dan memilih nominal untuk menanamkan modal.

Dalam dunia investasi, banyak istilah yang pastinya belum dipahami seperti Right Issue, apa itu Right Issue Saham ? Right Issue Saham atau disingkat HMETD (Hak Memesan Efek Terlebih dahulu). Biasanya Right Issue hadir ketika sebuah perusahaan ingin menerbitkan saham baru namun sebelum merilis saham terbaru tersebut, pihak perusahaan akan memberitahukan pemegang saham lama untuk menawarkan pembelian Right Issue Saham atau tidak. Tentu saja, harga yang akan ditawarkan kepada pemegang saham lama berbeda dengan penerbitan harga umumnya.

Dengan kata lain investor lama akan diberikan hak istimewa untuk membeli saham dengan harga diskon. Untuk membeli sebuah saham, hal penting yang harus kamu perhatikan adalah saham adalah investasi jangka panjang dan berbeda dengan trading.

Jika kamu termasuk orang yang ingin menghasilkan income dengan cara yang instan dan cepat, investasi saham mungkin bukan pilihan tepat karena investasi saham memiliki jangka waktu dan penghasilan periode tahunan. Jadi pada pembahasan kali ini, kita akan khusus membahas tentang apa itu Right Issue Saham, keuntungan dan kerugiannya serta pertimbangan lainnya yang bisa kamu ambil sebagai masukan berikut ulasannya !

Tentang Apa Itu Right Issue Saham dan Tujuannya

right issue saham

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk berinvestasi saham kamu harus mempertimbangkan untuk menahan modal kamu sampai benar-benar menghasilkan dalam jangka waktu lama. Jika kamu sudah biasa berinvestasi, kamu akan merasakan passion tersendiri dan kamu akan memiliki dana cadangan jangka panjang yang bisa kamu gunakan kapanpun.

Terlebih lagi jika sudah bermain saham dalam waktu yang lama, Right Issue Saham akan ditawarkan kepada kamu karena kamu adalah investor yang berpotensi dan tentu saja itu keuntungan yang akan kamu dapatkan karena bisa membeli saham lebih murah. Tujuan adanya Right Issue yaitu untuk meringankan beban keuangan suatu perusahaan oleh karena itu tidak semua tidak semua perusahaan akan mengadakan Right Issues Saham.

Setiap beban keuangan perusahaan pastinya berbeda dan melakukan peminjaman uang bukanlah langkah yang terbaik, untuk itu adanya Right Issues saham dapat membantu keuangan perusahaan sekaligus juga menawarkan saham yang potensial kepada investor lama.

Keuntungan dan Kerugian Right Issue Saham

Hakikatnya investasi seharusnya memberikan keuntungan bagi sebuah perusahaan dan investor terkait namun pertimbangan harus tetap dilakukan untuk antisipasi kemungkinan terburuk dan mempersiapkan kemungkinan terbaik. Dari keuntungan hingga kerugian harus kamu perhitungkan, secara garis besar Right Issue Saham memiliki dua keuntungan bagi penyedia saham atau perusahaan yaitu mendapat kepercayaan dari investor karena memberikan diskon saham pada pelanggan setia dan yang tidak kalah besar keuntungannya adalah perusahaan tidak perlu menambah liabilitas pinjaman serta mendapatkan dana segar dari investor yang tidak akan menambah biaya operasional yang akan mengurangi laba bersih perusahaan.

Sebaliknya, investor meskipun mendapatkan saham yang lebih terjangkau namun ada resiko yang tentu saja akan diterima oleh investor menimbulkan kerugian yaitu delusi kepemilikan dimana saham Right Issue biasanya tidak ditebus atas hak yang diterbitkan dengan saham ini dan bisa jadi kepemilikan saham bisa berkurang tanpa disadari.

Resiko kedua bagi investor untuk Right Issue Saham ini yaitu kita tidak pernah mengetahui dana akan digunakan untuk apa dan hal tersebut bisa saja merugikan kita sebagai investor jika ada penyelewengan dana internal. Maka itu sebelum berinvestasi pastikan untuk mencari perusahaan yang terpercaya dan terjamin agar hal tersebut tidak terjadi di kemudian hari.

Apakah Right Issue Saham Bisa Ditebus ?

Bagi kamu yang memiliki Right Issue Saham pasti bertanya tanya apakah bisa ditebus dan bagaimana caranya ? Oke pada pembahasan ini kita akan mengulas lebih detail bagaimana cara menebus Saham Right Issues.

Jadi Right issue ini ternyata sudah diatur peraturan keputusan oleh Badan Pengawas Pasar Modal yang menyatakan bahwa saham Right issues ini adalah hak yang melekat pada investor lama yang memungkinkan untuk membeli saham baru. Kenapa saham ini lebih diprioritaskan kepada pemilik lama karena investor lama akan diberikan hak tersebut untuk mempertahankan kepemilikannya di perusahaan lama.

Untuk menjual Right Issue hanya bisa kamu tebus di tempat kamu membeli sahamnya dengan login di aplikasi atau platform jual beli saham yang telah tersedia dan kamu bisa melihat kebijakan dan syarat berlaku pada setiap perusahaan atau emiten.

Tips Berinvestasi Aman di Right Issue Saham

Kita telah membahas tentang apa itu Right Issues Saham dan berbagai hal lainnya. Step terakhir kami akan memberikan tips tentang cara berinvestasi yang aman di Right Issues agar kamu tidak mengalami kerugian yang  dan cara cerdas untuk mendapatkan keuntungan dari berinvestasi dengan Right Issue Saham. Berikut adalah tips yang bisa kamu ingat sebelum berinvestasi:

  • Jangan tergiur dengan harga saham Right Issue yang murah, kecuali memang perusahaan atau emiten tersebut sudah sangat terpercaya. Eksplor dan cari tahu setiap perusahaan untuk mengetahui riwayat emiten tersebut
  • Gunakan dana yang tidak terpakai untuk berinvestasi jangka Right Issue panjang dan pastikan  ada dana cadangan untuk kamu hal darurat 
  • Baca syarat dan ketentuan secara seksama dari pembelian saham Right Issue, jika kamu ada pertanyaan dan pertimbangan, pikirkan secara matang agar tidak menyesal di kemudian hari
  • Baca situasi perusahaan untuk melihat peluang dan resiko berinvestasi oada perusahaan tersebut. Jadi riset dan update adalah hal terpenting sebelum kamu mengucurkan dana kamu
  • Bandingkan harga Right Issue saham jika kamu multi investor yang memiliki saham lebih dari satu tempat, dari situ kamu akan memahami dinamika harga saham yang sedang berlaku
  • Pilih emiten yang berada dalam pengawasan instansi yang berwenang untuk menghindari resiko kerugian masa depan
  • Temukan emiten atau perusahaan yang memudahkan pengguna atau user friendly agar keluhan dan masalah kamu bisa diatasi dengan baik serta memberikan pelayanan penebusan saham dengan mudah

Akhir kata, itulah informasi lengkap tentang apa itu Right Issue Saham yang ternyata sangat menarik sekali untuk kita pahami. Sebagai investor pemula maupun yang berpengalaman kita harus tetap memiliki cara tersendiri untuk menemukan metode investasi yang aman dan mudah untuk masa depan, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *