Apa Itu Telegram dan Fungsinya? Berikut Penjelasan Singkatnya!

Apa itu Telegram dan fungsinya menjadi salah satu pertanyaan beberapa orang, pasalnya Telegram merupakan salah satu aplikasi populer yang banyak digunakan pada saat ini. Namun tidak sedikit orang yang belum mengetahui apa itu Telegram dan apa saja fungsi serta manfaat aplikasi yang satu ini. Berikut ini penjelasan tentang Telegram dan juga fungsinya.

Apa itu Telegram?

Apa Itu Telegram dan Fungsinya

Aplikasi berbagi pesan adalah sebuah aplikasi yang paling banyak diminati hingga pada saat ini, jika dulunya kita sering menggunakan SMS untuk bertukar pesan, maka pada saat ini SMS sudah jarang digunakan oleh beberapa orang. Hal ini disebabkan oleh keberadaan beberapa aplikasi berbagi pesan yang lebih cepat dan juga instan dibandingkan SMS tersebut.

Beberapa aplikasi berkirim pesan yang paling populer saat ini adalah aplikasi WhatsApp dan juga Telegram. pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan kedua aplikasi ini. walaupun sama-sama aplikasi berbagi pesan, namun kedua aplikasi tersebut mempunyai kelebihan dan juga kekurangan.

Telegram adalah sebuah aplikasi layanan komunikasi berbagi pesan instan multiplatform berbasis awan dan juga nirlaba. Pada saat ini telegram terdapat dalam beberapa versi, mulai dari versi android, Ios atau bahkan windows sekalipun.

Jika dulunya pada saat mengirim pesan kita hanya dapat mengirim teks saja, namun dengan menggunakan Telegram ini, kita dapat menggunakan beberapa layanan lain, misalnya saja berbagi pesan audio, video atau bahkan melakukan panggilan audio dan juga video.

Layanan ini memang sudah terdapat pada aplikasi lain seperti WhatsApp dan media sosial lainnya, namun pada saat seseorang menggunakan Telegram ia dapat menggunakan aplikasi tersebut secara maksimal. Misalnya saja pada saat menggunakan Whatsapp seseorang yang ingin mengirim video atau bahkan audio akan dibatasi sementara dengan menggunakan Telegram batasan pada saat mengirim file jauh lebih tinggi dibandingkan dengn menggunakan aplikasi lainnya.

Baca Juga : Begini Cara Buat Bot Aplikasi Telegram Dengan Mudah dan Cepat

Fungsi Telegram

Apa saja fungsi Telegram? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Telegram mempunyai beberapa fungsi. Adapun fungsi telegram yaitu sebagai berikut.

Baca Juga : Link Telegram t.me/brocoli10, Begini Penjelasan Lengkapnya!

Media berbagi pesan

Fungsi utama telegram adalah sebagai media untuk bertukar pesan antar yang satu dengan yang lainnya, telegram digadang-gadangkan mempunyai pengamanan yang lebih ketat dibandingkan dengan aplikasi sejenis. Hal ini dikarenakan Telegram menggunakan protokol MTProto  yang terbagi menjadi tiga komponen, yaitu komponen tingkat tinggi, komponen otorisasi kriptografi dan transportasi komponen.

Telegram mendukung grup yang lebih besar

Grup dalam sebuah aplikasi berbagi pesan adalah sesuatu yang tidak jarang pada saat ini, dengan membuat sebuah grup, orang-orang dapat berbicara satu-sama lain tanpa harus menghubunginya satu-persatu. Grup juga terdapat dalam aplikasi sejenis, akan tetapi biasanya muatan peserta dalam grup tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi sejenis tersebut. Biasanya aplikasi sejenis hanya mampu menampung peserta ratusan orang, akan tetapi dengan menggunakan Telegram, sebuah grup dapat menampung hingga 200.000 peserta.

Dapat menjadwalkan pengiriman pesan

Manfaat selanjutnya yaitu dapat menjadwalkan pengiriman pesan, dengan menggunakan Telegram kita dapat menjadwalkan pengiriman pesan di masa depan. Fitur ini sangat cocok bagi kalian yang suka lupa untuk menghubungi seseorang pada waktu-waktu tertentu.

Mendukung file yang lebih besar

Telegram dapat mendukung pengiriman file yang sangat besar hingga 1,5 GB dalam satu file, hal ini sangat berbeda dengan whatsapp yang hanya mampu mengirim file dengan ukuran 100 MB saja, selain itu dengan menggunakan Telegram seseorang juga dapat mengirim audio dan video dengan durasi yang sangat panjang.

Mendukung channel

Salah satu fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain adalah channel. Channel umumnya seperti grup telegram, akan tetapi jika dalam sebuah grup semua peserta dapat berkirim pesan, maka tidak dengan channel tersebut. Channel ini berguna untuk memberikan informasi satu arah kepada para peserta.

Bot Telegram

Fitur selanjutnya yang tidak terdapat dalam aplikasi serupa yaitu Bot Telegram.bot berguna untuk memudahkan kita mengerjalan sbeuah tugas. Dnegan menggunakan bot ini seseorang tidak perlu menggunakan aplikasi lainnya. selain itu kita juga dapat  custom bot sendiri.

Akhir Kata

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan untuk Anda tentang Apa Itu Telegram dan Fungsinya?. Semoga informasi yang saya berikan ini, dapat membantu Anda untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai aplikasi Telegram.

Baca Juga : Begini Cara Mengetahui Akun Telegram Diblokir Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *