Berbagai Subsektor Ekonomi Kreatif yang Memiliki Peluang

Berbagai Subsektor Ekonomi Kreatif yang Memiliki Peluang – Ekonomi kreatif merupakan inovasi baru pemerintah dalam mengembangkan budaya bangsa, kreatifitas masyarakat lokal, peluang usaha, serta keterampilan intelektual. Sektor-sektor ekonomi kreatif tidak terbatas pada produk tradisional tapi juga produk modern yang memiliki potensi di pasar global.

Diperkirakan sektor ekonomi kreatif akan terus berkembang seiring waktu karena saat ini semakin banyak konsumen tertarik dengan kualitas produk subsektor ekonomi kreatif dan pelaku usaha juga sudah melihat peluang ini sebagai bisnis jangka panjang yang memiliki potensi.

Selain itu subsektor ekonomi kreatif telah menjadi sorotan tidak hanya pada kapasitas pelaku usaha lokal tapi juga internasional. Saat ini juga sudah banyak dukungan untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif di pasar internasional, dari marketing online hingga dukungan pemerintah yang sudah terbukti, bahwa ekonomi kreatif menyumbang cukup besar dalam peningkatan ekonomi negara sebesar 1100 triliun terhadap Produk Domestik Bruto selama tahun lalu yaitu tahun 2020.

Ekonomi kreatif sangat diminati karena proses produksinya menggunakan unsur kreativitas, pengalaman, intelektualitas, pengetahuan, teknologi. Semua unsur tersebut membuat nilai produksi dalam subsektor ekonomi kreatif mendapatkan tempat khusus di hati konsumen. 

Ekonomi kreatif dalam berbagai sektor telah terbukti memberikan kontribusi yang besar dalam perekonomian serta memberikan manfaat keuntungan dalam bisnis dan usaha skala kecil maupun skala besar.

Diantara manfaat yang bisa dirasakan bagi perekonomian negara yaitu semakin memperluas peluang lapangan kerja, mengurangi pengangguran, membuka inspirasi masyarakat untuk mengembangkan produksi yang kreatif dan inovatif, menciptakan sistem bisnis sehat, dan masih banyak lagi.

Banyaknya subsektor ekonomi kreatif mungkin menimbulkan pertanyaan seberapa besar kontribusinya dalam perekonomian negara dan apa saja yang termasuk dalam subsektor ekonomi kreatif, berikut ulasan lengkapnya!

Seberapa Besar Kontribusi Subsektor Ekonomi Kreatif Dalam Perekonomian Bangsa

Berbagai Subsektor Ekonomi Kreatif yang Memiliki Peluang

Tahukah kamu bahwa ada 17 subsektor yang telah ditetapkan di Indonesia dan memiliki peranan yang sangat fundamental terhadap perekonomian negara, kenyataanya subsektor ekonomi kreatif memang pentumnang dominan terbanyak dalam struktur PDB dan kegiatan perdagangan internasional atau ekspor.

Salah satu produk ekonomi kreatif yaitu berasal dari sektor digital yang bisa dibilang berkembang,  dibarengi dengan subsektor kuliner, fashion dan kriya. Saking berperannya dalam perekonomian, bagi kamu yang berminat terjun dalam subsektor ekonomi kreatif maka kamu bisa mengajukan bantuan dana dari pemerintah yang bernama Bantuan Pemerintah terkait Ekonomi Kreatif dan untuk pengajuan pendaftarannya jangan sampai kelewatan pantau terus website Kemenparekraf ya atau bisa klik link berikut untuk detailnya disini.

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia saat ini terus mengembangkan berbagai subsektor untuk terus menjadikan ekonomi kreatif sebagai jawaban berbagai persoalan ekonomi selama ini. Laporan setahun  terakhir, sumbangan ekonomi kreatif mencapai 642 triliun dan ini adalah jumlah yang cukup signifikan dengan pembagian tiga subsektor terdepan yaitu kuliner, fashion, dan kerajinan.

Untuk itu tidak mengherankan bahwa wacana pengembangan ekonomi kreatif selalu menjadi andalan pemerintah untuk mencapai perekonomian yang mapan. Mengingat tingkat kemiskinan di Indonesia semakin tinggi dan pembangunan yang belum merata membuat ekonomi kreatif melebarkan sayapnya ke berbagai sektor kehidupan. Lalu apa saja ke 17 subsektor ekonomi kreatif yang wajib kita tahu, berikut penjelasan lengkapnya!

Berbagai Peluang Subsektor Ekonomi Kreatif di Indonesia 

Ada berbagai subsektor yang kini dalam proses sosialisasi dan pengembangan untuk kemajuan yang stabil dalam setiap sektor, hal ini dilakukan untuk kepentingan pelaku usaha, perekonomian negara, dan kesejahteraan masyarakat.

Kesadaran akan pentingnya peranan ekonomi kreatif dalam kemajuan negara membuat setiap orang berlomba untuk memberikan kreativitas dan inovasi untuk peluang bisnis jangka panjang. Berikut adalah 17 subsektor yang harus kamu tahu dan peluang yang mungkin bisa kamu coba kedepannya:

1. Pengembangan Game 

Sektor pengembangan game berbasis aplikasi berkontribusi besar pada perekonomian karena sektor ini termasuk berpeluang besar dan tidak akan hilang seiring berkembangnya teknologi orang membutuhkan hiburan semakin tinggi.

2. Sektor Arsitektur atau Pembangunan

Sektor ini juga memiliki potensi dalam pembangunan dan perancangan sebuah kota atau tata wilayah dimana arsitektur memiliki keahlian khusus dalam pertimbangan irigasi, penghijauan, dan keindahan lingkungan.

3. Sektor Interior Designer

Sektor ini memberikan peluang menjanjikan dalam merancang estetika hotel, hunian, perkantoran, sekolah yang sesuai dengan permintaan klien apalagi pembangunan di Indonesia sedang gencar-gencarnya.

4. Sektor Musik

Musik dipilih oleh Kemenparekraf bukan tanpa alasan, sektor musik menawarkan potensi besar dalam subsektor ekonomi kreatif oleh karena itu sosialisasi untuk mengurangi pembajakan dan modal untuk program musik terus dikembangkan.

5. Sektor Seni Rupa

Sektor seni rupa memiliki potensi yang cukup besar dalam ekonomi kreatif sampai saat ini diperkirakan ada 160 pelaku usaha dalam bidang seni rupa di Indonesia. Faktanya sektor seni rupa di Indonesia menjadi sorotan dan perhatian di wilayah Asia Tenggara.

6. Sektor Desain Produk

Jika tadi kita telah menyebutkan desain interior maka sekarang adalah desain produk, desain produk memiliki peluang dalam ekonomi kreatif karena desain produk sangat penting dan menjadi indikator marketing yang diminati.

7. Sektor Fashion

Fashion juga menjadi salah satu subsektor yang diperhatikan karena memiliki potensi yang besar dalam perekonomian negara seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa fashion memiliki posisi kedua setelah kuliner yang memberikan kontribusi dalam perkembangan ekonomi khususnya ekonomi kreatif.

8. Sektor Kuliner

Selanjutnya yaitu sektor kuliner, sektor kuliner menjadi subsektor ekonomi kreatif yang berkontribusi cukup signifikan karena bersumbangsih dalam 30% dari keseluruhan pendapatan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Fakta bahwa subsektor kuliner memiliki peluang karena di Indonesia sendiri memiliki berbagai macam makanan khas dan bisa dijadikan produk dalam pasar global maupun pasar lokal.

9. Sektor Perfilman

Perfilman pada saat ini sedang berlomba-lomba untuk menghasilkan sebuah karya yang berkualitas dan diminati oleh para konsumen film, kreativitas menjadi kunci yang dibutuhkan untuk membuat karya film yang menguntungkan.

10. Sektor Fotografi

Fotografi menjadi salah satu sektor dalam ekonomi kreatif yang perkembangannya cukup pesat. Kreativitas dalam fotografi menjadi kunci untuk menghasilkan sebuah karya foto yang menarik. Saat ini sudah banyak dukungan pemerintah dalam bidang fotografi ini untuk meningkatkan perekonomian negara melalui eksposisi fotografer lokal yang berkarir di kancah global.

11. Sektor Desain Komunikasi Visual

Desain komunikasi visual atau DKF menjadi subsektor ekonomi kreatif dalam pasar domestik yang cukup menjanjikan dilihat dari situasi pasar karena desain komunikasi visual memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung perkembangan bisnis swasta dan bisnis milik pemerintah.

12. Sektor Radio dan Televisi

Televisi dan radio menghadirkan tontonan dan konten yang cukup menjadi prioritas masyarakat saat ini, potensi yang besar di industri televisi dan radio saat ini berkembang menjadi inovasi dalam ekonomi kreatif yang perlu diperhatikan potensi dan pengembangannya.

13. Sektor Kriya

Selanjutnya yaitu sektor kriya, kriya merupakan kerajinan yang yang memanfaatkan kayu, kulit, kaca, logam, dan keramik serta tekstil sebagai bahan dasar pembuatannya. Industri ini memang memerlukan kreativitas dan inovasi untuk menghasilkan karya yang menarik konsumen sehingga dapat dipasarkan kan secara internasional.

14. Sektor Iklan

Sektor iklan kini masih menduduki posisi yang sangat penting dalam promosi sebuah barang atau jasa. Subsektor periklanan menjadi sebuah poin penting dalam ekonomi kreatif yang menyumbang kan banyak ide dan kreativitas dalam pengaplikasiannya.

15. Sektor Seni Pertunjukan

Selanjutnya yaitu seni pertunjukan atau teater, baik itu secara tradisional maupun kontemporer selama ini telah mendapatkan apresiasi di dunia internasional. Termasuk Indonesia yang memiliki segudang keunikan serta kaya akan budaya sehingga seni pertunjukan menjadi subsektor ekonomi kreatif yang berpotensi dan menjadi peluang dalam perkembangan perekonomian negara.

16. Sektor Penerbitan

Salah satu subsektor dalam ekonomi kreatif yang tidak kalah memiliki potensi adalah industri penerbitan. Hal ini dikarenakan adanya perkembangan teknologi yang memungkinkan penerbitan buku dalam bentuk digital bahkan saat ini kita bisa melihat bahwa banyaknya novel maupun cerpen dalam  aplikasi berbasis digital, ini merupakan salah satu peluang dan potensi dari subsektor ekonomi kreatif.

17. Sektor Aplikasi

Terakhir yaitu aplikasi, seperti yang kita tahu aplikasi saat ini sudah banyak tersebar di berbagai smartphone maupun PC, aplikasi yang banyak tersebar saat ini tidak dapat dipungkiri karena adanya peningkatan teknologi komunikasi dan informasi.

Sehingga banyak pengembang menghadirkan aplikasi yang dapat memudahkan dan menarik konsumen untuk menggunakan sistem berbasis digital ini. Untuk itu, subsektor aplikasi memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan perekonomian negara secara modern.

Penutup

Akhir kata, itulah informasi yang bisa kami sajikan terkait Berbagai Subsektor Ekonomi Kreatif yang Memiliki Peluang. Serta berpengaruh pada perekonomian individu, kelompok, maupun negara. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat serta nantikan update informasi selanjutnya dari kami ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *