Arti Pre Order di Shopee, Berikut Penjelasan Singkatnya!

Kata pre order sebenarnya sudah sering kita temukan di beberapa platform berbelanja khususnya pada saat berbelanja online seperti shopee dan lain sebagainya. Lalu apa arti pre order di shopee bagi kalian yang penasaran silakan simak informasi berikut ini.

Sekilas Tentang Order di Shopee

Shopee merupakan salah satu toko online yang sering digunakan untuk berbelanja pada saat ini. Pada saat berbelanja pembeli dapat dengan mudah membeli barang yang mereka inginkan hanya dengan memasukkannya ke keranjang kemudian check-out, melakukan pembayaran dan barang siap untuk dikirimkan kepada pembeli tersebut.

Pada saat sebelum membeli sesuatu di sebuah toko online pastinya kita harus membaca deskripsi produk tersebut apakah produk itu sesuai dengan yang kita inginkan atau tidak. Salah satu istilah yang sering kita dengar atau kita lihat di shopee yaitu pre order. Pastinya tidak sedikit orang yang penasaran apa itu pre order di shopee.

Bukan hanya di Shopee saja, namun istilah pre order tersebut juga terdapat di beberapa platfomr berbelanja online lainnya.

Kata pre order merupakan sebuah sistem belanja di mana para penjualnya sebenarnya belum memiliki produk tersebut akan tetapi mereka sudah menawarkannya kepada para pembeli, lalu pada saat pembelian barang tersebut barulah para penjual menyelesaikan produksi barang. Kemudian setelah barang tersebut selesai di produksi barulah barang tersebut dikirim kepada pembeli.

Sistem pre order di shopee biasanya digunakan untuk pemasaran barang-barang kostum. Barang kostum adalah barang yang disesuaikan dengan keinginan si pembeli tersebut biasanya barang kostum ini disesuaikan dengan karakter yang mereka inginkan. Misalnya saja seorang pembeli ingin membeli hadiah kepada temannya dengan kostum sesuai dengan keinginannya.

Jika membeli barang yang sudah tersedia di shopee dapat dilakukan dalam waktu yang singkat bahkan hanya dalam hitungan beberapa jam hingga beberapa hari, maka tidak dengan pre order di shopee tersebut.

Karena pada saat membeli barang pre order di shopee seorang penjual harus membuat terlebih dahulu barang yang diinginkan oleh para pembelinya. Dalam bahasa lain pemesanan barang pre order di shopee jauh lebih lama dibandingkan dengan pembelian barang yang sudah tersedia, jadi jika kalian ingin membeli barang pre order di shopee maka kalian harus membelinya jauh hari sebelum barang tersebut dibutuhkan.

Apakah Pre Order di Shopee dan Lainnya Sama?

Istilah pre order dalam platform apapun artinya sama, yaitu sistem penjualan produk dimana produk tersebut belum tersedia secara fisik. Si pembeli harus memesan terlebih dahulu, kemudian barang tersebut di produksi dan dikirimkan. Biasanya pembuatan barang pre order sekitar 5-7 hari. Namun, ada juga beberapa barang pre order yang dikerjalan lebih singkat dan lebih lama dibandingkan estimasi pada umumnya.

Cara Membuat Pre Order di Shopee

Selain bisa membeli barang pre order di shopee pastinya kita juga bisa menjual barang pre order di shopee. Adapun cara membuat order di shopee yaitu sebagai berikut

  • Langkah pertama yaitu buka aplikasi shopee kalian.
  • Kemudian buka seller center shopee.
  • Langkah selanjutnya pada halaman seller center shopee pilih menu tambah produk baru.
  • setelah itu masukkan nama produk dan juga kategori produk, isi deskripsi produk seperti gambar, harga produk, jasa kirim, video jika ada dan lain sebagainya.
  • Kemudian gulir ke bawah maka kalian akan mendapatkan pilihan untuk mengaktifkan pilihan pre order.
  • Pilih bagian “ya” pada pre order tersebut kemudian isikan estimasi waktu yang kalian butuhkan untuk memproses produk pre-order tersebut.
  • Simpan produk yang telah kalian tambahkan tadi, danpre order di produk yang kamu upload telah tersedia.

Keuntungan dari Berjualan Pre Order di Shopee

Berjualan barang pre order di shopee mempunyai beberapa keuntungan atau kelebihan seperti seorang penjual tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu. Dengan adanya hal tersebut hal ini meminimalisir resiko barang tidak terjual dan juga risiko untuk mengalami kerugian jauh lebih kecil.

Akhir kata

Demikianlah penjelasan arti pre order di shopee, semoga dengan penjelasan tersebut para pembeli dapat memahami kategori barang yang mereka ingin beli sebelum melakukan pembelian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *