Reklame: Pengertian, Kegunaan, dan Jenisnya Dalam Bisnis atau Usaha

Kegunaan Reklame – Bisnis selalu identik dengan promosi dan iklan yang bertujuan untuk menyampaikan produk atau jasa agar konsumen tertarik membeli produk yang ditawarkan. Banyak media untuk menyampaikan iklan suatu bisnis dan bisa dipilih berdasarkan peluang dan modal untuk menentukan jenis promosi yang sesuai. Peningkatan produktivitas bisnis sangat dipengaruhi oleh bagaimana pengusaha menyampaikan pesan dalam iklannya apakah dapat diterima oleh calon konsumen atau tidak. 

Iklan yang menarik dan unik juga dapat memberikan kesan bagi calon konsumen, oleh karena itu banyak  perusahaan ataupun pengusaha membutuhkan marketing specialist untuk membantu membuat strategi promosi atau iklan yang dapat memberikan keuntungan yang besar bagi pelaku bisnis. Media promosi atau iklan saat ini bisa bermacam-macam dari yang online hingga offline, namun seiring waktu orang-orang mulai mempertimbangkan media promosi bisa menjangkau semua orang. 

Salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah promosi melalui reklame, kegunaan reklame tidak hanya untuk mempromosikan produk tapi juga untuk menyampaikan sosialisasi, ajakan, peraturan yang tentunya sangat simpel karena reklame cenderung besar dan dapat dilihat semua orang.

Kegunaan reklame ini membuat perusahaan komersial dan non komersial menggunakan papan reklame untuk memberi tahu maksud dan tujuan mereka melalui gambar, foto, teks, himbauan, ajakan, secara singkat dan dapat sehingga semua orang memahami maksud dari isi reklame tersebut.

Pengertian dan Kegunaan dari Reklame

kegunaan reklame

Bagi kamu yang sering melewati jalan raya atau lampu merah saat bekerja atau jalan-jalan pasti sering melihat papan reklame di sudut atau sisi jalan yang ramai dilewati orang. Reklame merupakan salah satu media yang biasanya digunakan untuk memberikan informasi secara singkat dan padat kepada khalayak umum secara kontinu melalui gambar, foto, teks maupun audio.

Reklame ini biasanya disampaikan dengan mencolok terkait produk, jasa, dan pesan untuk menimbulkan respon dari banyak orang serta mengajak orang untuk melakukan suatu hal tertentu tergantung pada pesan dari reklame tersebut. Reklame banyak digunakan sebagai iklan atau promosi untuk menarik perhatian banyak orang dan memiliki berbagai macam visual seperti papan iklan, brosur, baliho, spanduk, billboard, poster, dan masih banyak lagi.

Mungkin selama ini kita hanya mengenal kegunaan reklame hanya sebatas billboard saja, padahal segala macam media yang sering kita lihat dan terima di jalan, tempat wisata, sekolah, fasilitas umum adalah bentuk fisik dari reklame.

Meskipun reklame termasuk dalam media iklan atau promosi, namun ada perbedaan yang mencolok antara keduanya. Perbedaanya adalah dari segi konten, konten pada reklame lebih singkat dan jelas kemudian konten pada iklan biasanya dibuat panjang dan detail terkait produk, jasa, atau pesan yang akan disampaikan. Nah, untuk memahami pengertian dari reklame ada beberapa ciri yang menjadi ciri khas reklame seperti berikut:

  • Isi konten reklame, biasanya konten reklame lebih singkat, jelas, padat, dan menarik yang bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam memahami maksud dan pesan yang terkandung dalam isi reklame.
  • Visual yang mencolok, reklame harus memiliki visualisasi yang menarik dan mencolok karena konten yang dibuat sesimpel mungkin maka penyajian dari visual harus dibungkus dengan pesan yang yang memiliki keterkaitan dengan isi atau konten reklame.
  • Pesan yang disampaikan jujur, mungkin kamu pernah merasakan tertipu dengan iklan yang kamu lihat namun dalam pesan reklame tidak akan terjadi demikian karena pesan atau promosi sifatnya harus jujur agar tidak mengecewakan konsumen.
  • Kontinyu, artinya promosi atau pesan yang disampaikan di reklame harus berulang karena untuk menarik minat pembaca atau konsumen, untuk itu kamu pasti sering melihat bahwa reklame biasanya bertahan lama terpasang dan baru beberapa bulan diubah pada kasus billboard, jika pada kasus brosur tentu saja dibagikan secara berulang.

Setelah membaca pengertian dan ciri-cirinya pasti kamu sudah sedikit memahami tentang kegunaan reklame maka sekarang kita akan membahas jenis-jenis reklame yang ternyata sangat bervariasi dan akan menambah wawasan kamu dalam dunia advertising atau periklanan. Berikut adalah pembahasan lengkapnya! 

Inilah Pembagian Jenis Reklame 

Reklame memiliki berbagai jenis pembagian yang bisa kita lihat selama ini tanpa disadari. Bentuk reklame tidak selalu besar larena poster dan brosur saja sudah termasuk dalam jenis reklame. Jadi apa saja jenis-jenis reklame yang saat ini tersebar dan bagaimana membedakannya ? Berikut ulasan nya:

1. Jenis Reklame Berdasarkan Pengadaan

Ada berbagai jenis reklame yang telah disinggung sebelumnya yaitu salah satunya berdasarkan reklame tersebut diadakan atau dimunculkan yang dibagi menjadi 2 yaitu jenis reklame komersial dan jenis reklame non komersial.

Dari istilahnya tentu kita sudah bisa menyimpulkan bahwa jenis reklame komersial dibuat untuk kepentingan usaha atau bisnis yang tujuannya untuk meningkatkan produktivitas dan penjualan. Sedangkan jenis reklame non komersial dibuat untuk keperluan sosialisasi, aturan, ajakan, himbauan dengan tujuan memberikan pesan untuk kepentingan bersama dan biasanya dibuat oleh dinas, lembaga, instansi terkait.

2. Jenis Reklame Berdasarkan Media

Ada 3 jenis reklame berdasarkan media yang disajikan yaitu jenis reklame audio, jenis reklame visual, dan jenis reklame audio visual. Jika dijabarkan, audio visual adalah jenis reklame berbasis suara entah itu secara langsung atau tidak langsung. Jenis reklame visual mencakup:

  • Poster: jenis reklame yang memuat gambar atau objek yang menarik biasanya memiliki animasi dan ditempelkan di mading atau papan umum 
  • Billboard: reklame yang biasanya memuat gambar dan tulisan visual menarik berbentuk digital atau non digital
  • Spanduk: merupakan jenis reklame yang memuat visual dominan kata-kata dalam kain khusus panjang dan dipasang di jalan yang dilewati orang banyak
  • Plakat: jenis reklame yang berupa gambar dan berbentuk barang atau jasa serta ada tulisan yang ditempel di kertas 
  • Brosur: merupakan jenis reklame yang menggunakan huruf sebagai kontennya
  • Logo: yaitu simbol yang menggambarkan ciri khas suatu komunitas, lembaga, perusahaan, dan sebagainya
  • Baliho: reklame yang berbentuk cukup besar sehingga memuat tulisan dan gambar yang besar biasanya digunakan untuk kampanye politik

3. Jenis Reklame Berdasarkan Sifat

Selanjutnya, jenis reklame dibagi menjadi 3 berdasarkan sifatnya yaitu reklame penerangan yang memuat informasi penting untuk masyarakat. Kemudian reklame peringatan yang bertujuan untuk memberi pesan peringatan penting demi keselamatan dan kepentingan bersama, ketiga yaitu reklame ajakan atau permintaan yang biasanya berisi himbauan dan kepedulian untuk masyarakat.

4. Jenis Reklame Berdasarkan Tempatnya

Terakhir, adalah reklame berdasarkan tempatnya yaitu dibagi dua yang terdiri dari reklame indoor yang ada dalam ruangan seperti di acara khusus di gedung atau sekolah dan reklame outdoor yang posisinya di luar ruangan seperti di jalan dan tempat umum.

Berbagai Kegunaan Reklame 

Kegunaan reklame sangat banyak dan tentu saja dapat meningkatkan produktivitas dalam bisnis karena bisa dijadikan alternatif untuk mengenalkan produk atau jasa kepada semua orang. Kelebihan menggunakan reklame yaitu dapat menjangkau banyak orang sekaligus dan bisa berkonsultasi dengan bagian pemasangan terkait untuk target konsumen dan pembaca yang sesuai. Berikut adalah berbagai keuntungan  dan kegunaan reklame dalam dunia bisnis:

  1. Promosi produk atau jasa yang baru rilis
  2. Membujuk calon konsumen untuk membeli produk atau jasa
  3. Memberikan informasi yang mudah bagi calon konsumen terkait produk atau jasa
  4. Menyampaikan kesan yang baik tentang informasi bisnis kita
  5. Sebagai sarana komunikasi yang luas antara penjual dan pembeli
  6. Menjadi tempat informasi detail dan singkat atas produk atau jasa yang dipromosikan 
  7. Mempengaruhi calon konsumen secara langsung untuk penasaran dan ingin tahu tentang produk atau jasa yang ditawarkan

Akhir kata, itulah informasi lengkap tentang kegunaan reklame dalam dunia bisnis, serta jenis dan ciri-cirinya yang bisa kita pahami dan dijadikan referensi untuk membangun citra produk pada masyarakat luas. Semoga informasi kali ini dapat membantu dan bermanfaat bagi semuanya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *