Strategi Pemasaran Produk Makanan, Ini Dia Cara dan Triknya!

Strategi Pemasaran Produk Makanan – Dalam ekonomi kreatif, bisnis kuliner menjadi salah satu penyumbang utama dalam pendapatan dan perekonomian negara dimana hal ini menunjukkan bahwa bisnis makanan menjadi salah satu daya tarik pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis ini.

Makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang, menariknya makanan di setiap daerah maupun negara memiliki ciri khas yang berbeda sehingga produksi makanan menjadi peluang yang bagus untuk bisnis atau pengusaha pemula maupun yang sudah memiliki banyak pengalaman.

Membahas tentang produk makanan tentu saja tidak akan terlepas dari yang namanya pemasaran atau promosi produk, makanan yang dikemas dan dipasarkan secara menarik tentu akan mendapat sambutan konsumen yang lebih banyak dibanding makanan yang memiliki kemasan atau promosi yang kurang baik. Oleh karena itu strategi pemasaran produk makanan menjadi indikator yang sangat penting bagi pengusaha maupun pebisnis yang terjun ke dalam dunia kuliner.

Strategi pemasaran produk makanan tidak hanya sekedar iklan namun juga terkait dengan kemasan produk serta kemudahan mendapatkan produk dan masih banyak lagi, strategi pemasaran produk makanan juga berbeda-beda tergantung makanan apa yang kita jual seperti misalnya snack yang target pasarnya adalah anak-anak.

Tentu saja pemasaran produk makanan tersebut lebih ke arah warna dan kemasan yang lucu untuk menarik minat anak-anak yang membeli. Berbeda jika target pasar kita adalah pebisnis atau eksekutif yang lebih menekankan pada kemasan produk yang simpel serta iklan yang menarik sehingga lebih disorot akan fungsinya bukan visualnya.

Daripada penasaran, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang strategi pemasaran produk makanan yang ampuh dan dijamin lebih menarik minat konsumen.

Manfaat Strategi Pemasaran Produk Makanan

Strategi Pemasaran Produk Makanan

Strategi pemasaran produk memang tidak hanya dilakukan untuk produksi makanan saja namun banyak aspek yang harus dipasarkan atau dipromosikan agar dapat menarik minat konsumen, namun setiap produk ataupun jasa memiliki strateginya sendiri untuk dipasarkan entah itu di pasar lokal maupun pasar global.

Manfaat pemasaran produk makanan tentu saja sangat banyak dan tidak jauh berbeda dari manfaat strategi pemasaran produk lainnya berikut adalah manfaat yang akan didapatkan pengusaha atau pebisnis kuliner saat melakukan strategi pemasaran produk makanannya:

  • Memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mengenal produk secara keseluruhan
  • Menambah keuntungan dan akan menemukan target pasar dengan sendirinya 
  • Menyampaikan hal-hal penting terkait produk kepada konsumen 
  • Memberikan keunikan tersendiri dibandingkan produk makanan lainnya 
  • Memberikan informasi produk kepada konsumen terkait informasi gizi maupun komposisinya 
  • Memberikan penawaran kepada konsumen untuk mempertimbangkan produk makanan kita
  • Mencegah produsen lain untuk meniru dan mengklaim produk makanan kita 
  • Secara tidak langsung produk yang dipasarkan tidak akan diragukan kualitasnya 
  • Biasanya persepsi konsumen produk yang telah dipasarkan melalui iklan maupun melalui media lainnya merupakan produk terdaftar dan aman

Cara dan Strategi Pemasaran Produk Makanan

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, strategi pemasaran produk makanan tentu saja akan meningkatkan produktivitas usaha atau bisnis makanan. Ditambah lagi, ketika kita memasarkan produk makanan kita kepada masyarakat maka masyarakat akan lebih mengenal apa jenis dan tujuan dari produk makanan kita.

Tentu saja ini menjadi keuntungan tersendiri meskipun untuk memasarkan produk makanan juga menggunakan modal namun ada beberapa cara strategi pemasaran produk yang benar-benar ampuh serta tidak menggelontorkan modal yang cukup banyak.

Kamu bisa mempertimbangkan untuk strategi pemasaran produk melalui media sosial karena saat ini banyak media sosial yang dijadikan tempat promosi bagi pengusaha maupun pebisnis saat ini. Berikut ini adalah strategi pemasaran produksi makanan yang bisa kamu ikuti agar produk makanan kamu mencapai keuntungan dan menarik minat masyarakat untuk meningkatkan penjualan produk makanan kamu:

1. Temukan Peluang Menu Makanan yang Inovatif

Sebelumnya, kamu harus menyadari bahwa saat ini banyak pelaku usaha atau bisnis kuliner yang memberikan inovasi terbaru pada produk makanannya, dengan menyadari hal ini ini jika kamu ingin terjun ke dunia kuliner maka kamu harus menentukan terlebih dahulu Makanan apa yang ingin kamu jual dan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan produk makanan produsen yang lain.

Jika kamu merupakan pengusaha atau pebisnis kuliner yang sudah lama menggeluti dunia produk makanan, kamu juga harus tetap bersaing dengan produsen baru untuk memberikan efek yang lebih terhadap produk makanan kamu agar konsumen yang telah memilih kamu saat ini tidak beralih ke produk makanan lain.

Jadi kuncinya adalah temukan menu makanan yang yang bisa dikembangkan menjadi lebih menarik dan inovatif agar produk makanan kamu dapat bersaing dengan kompetitor produsen makanan lain.

2. Mendesain Kemasan Produk yang Menarik

Strategi pemasaran produk makanan selanjutnya yaitu mendesain kemasan produk makanan kamus menarik dan seunik mungkin karena banyak dari konsumen melihat produk makanan baik cover atau penampilannya terlebih dahulu.

Hal ini sangat penting karena produk makanan an-naml menjadi kesan utama konsumen ingin membelinya adalah kemasan bukanlah rasa meskipun rasa merupakan indikator penting dalam produk makanan namun untuk pembelian langkah awal konsumen lebih memperhatikan kemasan produk makanan kamu daripada testimoni rasa yang disampaikan oleh orang lain misalnya.

Desain kemasan produk ini ini bahkan sudah menjadi profesi tersendiri dalam bisnis marketing atau pemasaran sehingga ada spesialis tersendiri untuk desain produk makanan agar menarik minat konsumen.

Apalagi kemasan produk biasanya menyampaikan hal-hal penting terkait produk makanan tersebut misalnya dari nilai gizi kemudian komposisi serta keamanan apakah layak untuk dibeli oleh konsumen tersebut, di sisi lain jika strategi pasar kamu adalah anak-anak produk makanan kamu harus dikemas dengan warna-warna maupun tema yang unik agar menarik minat anak-anak untuk membelinya terlepas dari rasa dan kualitasnya.

3. Mengadakan Event untuk Mengenalkan Produk Makanan

Strategi pemasaran produksi makanan selanjutnya yang tidak kalah penting adalah membuat sebuah event untuk mengenalkan produk makanan kamu kepada masyarakat umum, mungkin kamu pernah melihat bahwa produsen sering mengadakan buy one get one ataupun diskon untuk 500 pembeli pertama dan sebagainya.

Itu adalah strategi pemasaran produk makanan yang berbasis event untuk mengenalkan kepada calon konsumen bahwa produk makanan kita layak dan enak untuk dikonsumsi serta bisa dijadikan rekomendasi pembelian selanjutnya untuk konsumen.

4. Membuat Website, Akun, Online Shop atas Nama Brand atau Nama Perusahaan

Pemasaran produk makanan meskipun dapat dibilang mudah namun ada hal-hal penting yang terkadang ditinggalkan oleh produsen sehingga membuat pemasaran atau marketing sebuah produk makanan menjadi kurang yaitu membuat website online shop atau akun media sosial tentang nama brand makanan kita atau perusahaan kita.

Hal ini sangat diperlukan karena konsumen yang kritis biasanya akan menganalisa terlebih dahulu Perusahaan kita maupun brand kita apakah sudah terdaftar, resmi, dan dapat menjamin kelayakan produk untuk dikonsumsi. Dengan kita membangun citra perusahaan untuk membuat website, akun media sosial, akun online shop maka akan menambah kepercayaan konsumen untuk membeli produk makanan kita.

5. Memanfaatkan Media Sosial, Endorse, dan Reseller

Terakhir, pemasaran produk makanan yang saat ini sedang populer dan digunakan oleh banyak produsen yaitu memanfaatkan media sosial endorse, dan reseller yang ternyata memiliki keuntungan cukup besar tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak.

Dengan menggunakan media sosial, kamu dapat menjangkau target pasar kamu tanpa harus memikirkan kemana Dan dimana kamu harus memasarkan produk makanan kamu.

Kemudian, dengan memanfaatkan endorse yaitu bekerjasama dengan selebgram yang memiliki followers yang banyak akan membantu produk makanan kamu mendapatkan Citra yang baik di mata calon konsumen.

Sehingga dapat meningkatkan penjualan produk makanan kamu kemudian dengan memberikan kesempatan kepada reseller juga akan memperluas jaringan dan menambah keuntungan produktivitas dalam bisnis produk makanan kamu.

Penutup

Akhir kata, itulah penjelasan lengkap tentang cara dan strategi pemasaran produk makanan serta manfaatnya. Semoga informasi pada kesempatan kali ini dapat membantu kamu untuk menjadi produsen produk makanan yang sukses dan dapat mencapai keuntungan yang menjanjikan di masa depan. Nantikan selalu artikel dari kami untuk mendapatkan informasi yang aktual dan update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *