Ide Usaha Yang Cocok di Daerah Kampung atau Desa

Ide Usaha Yang Cocok di Daerah Kampung atau Desa – Mencari usaha bagi setiap orang tidak selalu mudah dan tentunya akan menemui berbagai kendala di lapangan entah itu dari modal maupun kompetitor yang akan membuat bisnis kita stuck di tengah jalan. Hal ini tentunya tidak hanya berlaku di perkotaan saja namun juga di daerah pedesaan atau kampung yang akan mengalami dinamika ekonomi seperti ini karena pada dasarnya ekonomi merupakan indikator penting di dalam unsur masyarakat.

Membahas tentang perbedaan antara kota dan desa mungkin sebagian dari kita tidak menyadarinya bahwa orang-orang yang tinggal di desa biasanya berbondong-bondong untuk pergi ke kota dengan alasan mencari pekerjaan, pertanyaannya adalah apakah tidak ada usaha yang menjamin bagi masyarakat pedesaan?

Menjawab pertanyaan tersebut, kita tidak dapat menentukan secara pasti ide usaha yang cocok di daerah kampung atau desa karena hal itu bergantung pada sumber daya manusia dan sumber daya alam yang tersedia pada daerah tersebut.

Tidak semua usaha dapat dijalankan di suatu kampung atau pedesaan dikarenakan juga kondisi geografis serta kondisi penduduknya, jadi sebenarnya apa ide usaha yang cocok di daerah kampung atau desa dan bagaimana untuk memberdayakan sumber daya manusia di suatu daerah terutama pedesaan untuk mengurangi urbanisasi dan pertumbuhan penduduk di daerah perkotaan.

Pada dasarnya wilayah kampung atau pedesaan memiliki peluang dan potensi yang cukup besar sebagai pusat perekonomian dikarenakan masih banyak sumber daya yang butuh diolah dan dikembangkan sebagai produk industri kreatif.

Banyak orang yang masih tidak tahu bahwa sumber daya pedesaan menyimpan kekayaan yang cukup besar dibanding dengan perkotaan namun memang secara teknologi belum ada yang menyebabkan kan sumber daya di pedesaan pada akhirnya diolah dan dikirim ke perkotaan untuk dijadikan sebuah produk yang bermanfaat dan bernilai tinggi.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ide usaha yang cocok di daerah kampung atau desa yang bisa kamu coba ba mendapatkan keuntungan serta investasi bisnis masa depan.

Tips Memulai Usaha yang Cocok di Daerah Kampung atau Desa

Ide usaha yang cocok di daerah kampung atau desa

Sebelum memulai usaha yang cocok di daerah kampung atau desa kamu harus mengatur strategi, agar usaha yang kamu pilih memiliki potensi masa depan yang kamu inginkan.

Hal ini perlu dilakukan sebagai bagian dari perencanaan agar usaha yang kamu mulai dapat memberikan keuntungan serta memiliki produktivitas yang tinggi.

Memilih usaha yang tepat untuk dilakukan di kampung atau desa memang tidak sama dengan kita memilih usaha yang ada di perkotaan, karena usaha di perkotaan cenderung memiliki kompetitor yang sudah sangat banyak sehingga untuk mencari peluang bisnis yang biasa saja tentu tidak akan menarik dan memberikan keuntungan buat kamu titik berbeda dengan membangun usaha di pedesaan yang tentu saja masih memiliki kompetitor yang sedikit untuk mendapatkan konsumen yang berpotensi sehingga usaha kamu akan memberikan keuntungan yang kamu inginkan.

Berikut adalah tips yang bisa kamu ikuti sebelum memulai ide usaha yang cocok di daerah kampung atau desa:

  • Langkah awal untuk memulai peluang ide usaha yang cocok di daerah kampung atau desa yaitu dengan melakukan survei terlebih dahulu di daerah yang ingin kamu jadikan tempat membangun usaha tersebut. Analisa dan cermati apa saja kebutuhan yang sedang masyarakat butuhkan di daerah tersebut sehingga usaha yang akan kamu bangun tentunya akan memiliki prospek tinggi dan dapat memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitarnya maupun di luar pedesaan tersebut
  • Setelah menganalisa dan melakukan survei tentunya kamu akan mendapatkan beberapa opsi usaha yang bisa kamu pilih, setelah itu kamu bisa melihat berapa modal yang kamu miliki untuk memulai opsi di setiap usaha. Hal yang perlu kamu ingat adalah jangan habiskan semua modal kamu untuk memulai usaha karena kita tidak akan tahu kebutuhan apa yang akan diperlukan sesudah kamu memulai usaha jadi sediakan modal darurat untuk antisipasi hal tersebut
  • Melakukan pengamatan, tiru kemudian modifikasi sebuah usaha yang kamu temukan karena dijalankan oleh orang lain Karena kamu perlu melakukan sebuah inovasi untuk menarik minat konsumen agar produk atau jasa yang kamu tawarkan memiliki pembaruan yang berbeda. Jangan lupa untuk selalu belajar dan mengevaluasi bisnis kamu untuk memberikan peningkatan agar produk kamu dapat berkembang.
  • Jangan pernah ragu untuk memulai ide usaha yang cocok di daerah kampung atau desa karena kompetitor usaha di kampung atau desa relatif masih sedikit sehingga kamu bebas mengeksplorasi Usaha apa yang ingin kamu kembangkan di daerah tersebut
  • Selanjutnya jangan pernah berhenti saat kamu gagal karena saat kamu sudah memulai itu adalah langkah yang sangat luar biasa untuk menjadikan kamu pengusaha atau pebisnis di desa dengan sukses
  • Yakinlah bahwa produk atau jasa kamu sangat dibutuhkan di daerah tersebut karena sifat masyarakat kampung atau desa yang sudah modern saat ini pastinya tidak sulit untuk menerima sesuatu yang baru. Masyarakat kampung atau desa juga semakin mudah jika kamu memberikan sebuah produk atau jasa yang biasanya sulit didapat jadi kuncinya adalah temukan sesuatu yang baru dan dibutuhkan di daerah kampung atau desa tersebut.

Peluang Ide Usaha yang Cocok di Daerah Kampung atau Desa

Seperti yang kita tahu, usaha penduduk kampung atau pedesaan identik dengan perkebunan pertanian, peternakan, dan sebagainya oleh karena itu usaha di kampung atau desa sering mengalami usaha yang homogen di mana penduduknya hampir rata-rata melakukan usaha yang sama.

Hal ini tentunya tidaklah salah, karena kemampuan yang biasanya diwariskan oleh orang tua mereka secara turun temurun yaitu usaha yang berkaitan dengan memanfaatkan sumber daya alam.

Oleh karena itu, pemerintah seringkali melakukan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan potensi dan produktivitas masyarakat kampung atau desa untuk mengembangkan aspek ekonomi yang lebih modern dan memberikan usaha dan bisnis kreatif serta inovatif. 

Mungkin kamu juga sering melihat bahwa mahasiswa ekonomi yang biasanya diwajibkan untuk melakukan kuliah kerja nyata atau disebut juga KKN pasti akan diutus ke daerah-daerah atau pedesaan yang diharapkan dapat memberikan kemajuan dan inspirasi bagi masyarakat desa untuk menciptakan pola pikir yang bisa memberikan mereka keuntungan dalam hal usaha.

Meskipun efektivitasnya kecil, hal ini merupakan program yang yang terus dilakukan oleh pemerintah serta akademisi untuk menciptakan perekonomian stabil serta modern untuk masyarakat kampung dan pedesaan.

Jadi, ekonomi yang bisa dijalani oleh masyarakat kampung atau pedesaan tidak melulu tentang hal yang bersifat pertanian perkebunan dan sebagainya namun memiliki variasi usaha lain yang dapat menciptakan peluang ekonomi dan produktivitas usaha  dalam berbagai aspek. Berikut adalah wah ide usaha yang cocok di daerah kampung atau desa yang bisa kamu coba:

  1. Grosir sembako atau warung kelontong yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan yang susah didapat
  2. Peternak lele dan produksi camilan dari ikan lele yang dapat dipasarkan
  3. Pertamini atau pom bensin mini sangat berpotensi karena di daerah kampung atau desa jarang ada ada Pertamina 
  4. Membuka jasa pengiriman paket yang membantu orang untuk mengirimkan paket tanpa harus jauh ke kota
  5. Beternak ayam, merupakan usaha yang sering dipilih masyarakat kampung atau desa karena rata-rata memiliki lahan yang luas untuk beternak ayam
  6. Membuat usaha bibit tanaman untuk mempermudah para petani atau pekebun untuk mendapatkan bibit tanaman yang mereka inginkan
  7. Membuka jasa pengiriman dan penarikan uang karena di kampung atau di desa jarang yang memiliki fasilitas ATM kecuali harus pergi ke pinggiran kota untuk menemukan mesin ATM
  8. Toko bangunan yang akan mempermudah masyarakat untuk membeli alat-alat bangunan saat ingin membangun pagar ataupun merenovasi rumahnya tanpa harus pergi jauh ke kota
  9. Distributor hasil perkebunan dan pertanian yang biasanya dijadikan usaha yang cukup berpotensi karena memberikan keuntungan yang cukup besar
  10. Jasa bidan yang membantu persalinan para ibu-ibu yang biasanya kesulitan untuk mengakses fasilitas kesehatan di kampung atau desa
  11. Membuka usaha galon yang memungkinkan kamu untuk menyuplai air minum kepada masyarakat dengan lebih mudah
  12. Membuka jasa titip untuk produk-produk yang masyarakat kampung atau desa inginkan tanpa harus susah payah pergi ke kota atau suatu tempat, kamu juga bisa membuka jasa dropship sebagai alternatifnya
  13. Menjadi agen gas Elpiji yang yang memiliki peluang usaha cukup bagus di daerah kampung maupun pedesaan
  14. Kamu juga bisa melakukan usaha les privat atau bimbingan belajar kepada anak-anak kampung atau pedesaan yang cenderung kurang mendapatkan perhatian terkait pendidikannya. Hal tersebut tidak mengherankan karena rata-rata pendidikan di desa belum merata seperti di kota

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan tentang peluang ide usaha yang cocok di daerah kampung atau desa yang bisa kamu jadikan referensi menambah keuntungan maupun menjadikannya bisnis masa depan.

Semoga informasi pada artikel kali ini dapat bermanfaat dan membantu kamu menemukan usaha yang cocok kamu mulai dari sekarang, nanti kan selalu informasi dari kami yang selalu update dan menambah wawasan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *