Cara Melakukan Pemasaran Produk Yang Benar dan Efektif

Cara Pemasaran Produk – Selama ini mungkin kamu merasa sudah menerapkan cara melakukan pemasaran produk yang benar dalam produk dan jasa yang kamu tawarkan namun ternyata yang dihasilkan tidak seberapa dan bahkan penjualan kamu tidak meningkat sedikitpun padahal kamu sudah melakukan iklan di setiap media seperti media cetak, media elektronik, dan media online.

Pada dasarnya, pemasaran memang menjadi salah satu aspek penting dalam kesuksesan bisnis karena tanpa adanya pemasaran produk dan jasa yang baik tidak akan mendapatkan keuntungan serta target yang diinginkan. 

Untuk menjawab pertanyaan apakah selama ini pemasaran produk kita sudah benar tentu saja ada beberapa indikator yang harus kamu evaluasi dari usaha atau bisnis kamu, dari jenis produk dan jasa kamu, target pasar, kapan kamu memasarkan, dan masih banyak lagi.

Tentunya, kamu tidak bisa menyamakan jenis pemasaran produk yang sama dengan produk lainnya misalnya kamu menjual makanan tidak bisa kamu samakan dengan strategi cara penjualan produk kosmetik yang tentu saja secara garis besar sudah berbeda jenis produknya. Pentingnya cara memasarkan produk dengan benar akan memberikan pengaruh yang besar dalam performa bisnis atau usaha kamu.

Kuncinya jangan ragu untuk melakukan evaluasi dan perubahan dalam memasarkan produk kamu karena jika kamu tetap bertahan pada sistem pemasaran yang tidak akan merubah apapun maka kamu tidak akan dapat menghasilkan target yang diinginkan sampai kapanpun.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebenarnya apa sih cara untuk memasarkan produk dengan benar apa saja yang perlu kita perhatikan untuk memilih jenis-jenis pemasaran produk maupun jasa sehingga dapat membantu bisnis atau usaha kita mengalami peningkatan secara produktivitas maupun keuntungan.

Cara Melakukan Pemasaran Produk yang Benar dan Efektif

cara pemasaran produk

Untuk mendapatkan penghasilan atau pendapatan sesuai target dan harapan dari pemasaran produk tentunya kita harus memiliki strategi dan perencanaan agar pemasaran produk dapat efektif dalam meningkatkan penjualan serta produktivitas bisnis maupun usaha.

Banyak pelaku usaha yang gagal dikarenakan melakukan pemasaran secara tidak tepat sehingga hanya menghabiskan waktu dan biaya saja. Hal seperti ini sudah wajar terjadi pada pelaku usaha yang baru merintis maupun yang sudah lama dikarenakan konsumen dan pasar yang berubah-ubah sehingga kurang akurat dalam menghasilkan keuntungan dari pemasaran produk maupun jasa.

Untuk itu pelaku usaha dituntut untuk melakukan upgrade agar dapat menentukan serta memutuskan dan memutuskan jenis pemasaran yang optimal bagi usaha maupun bisnis yang sedang dijalankan. Berikut adalah cara melakukan pemasaran produk yang benar dan efektif yang bisa kamu ikuti dan bisa kamu pertimbangkan untuk cara pemasaran kedepannya:

1. Memahami Secara Mendalam Tentang Product Knowledge

Hal pertama untuk cara memasarkan produk dengan benar yaitu kamu sebagai produsen harus mengetahui produk knowledge yaitu pengetahuan produk secara mendalam terkait spesifikasi kekurangan, kelebihan sehingga dapat menentukan konsumen mana yang tepat, fitur apa yang menonjol dari produk kamu, dan sebagainya. 

Dengan mengenal secara dalam produk kamu sendiri maka akan membuat konsumen semakin yakin tentang produk kamu karena keyakinan hadir dari penjual yang mengenal produknya sendiri secara detail, hal ini perlu kamu perhatikan karena penjual yang memahami produknya secara mendalam memiliki nilai plus dan memiliki power untuk meyakinkan calon konsumen agar tertarik membeli produk yang ditawarkan.

2. Gunakan Skill Komunikasi Verbal dan Tulisan

Coba kamu pikirkan kembali apakah selama ini kamu sudah memberikan komunikasi secara verbal dan tulisan kepada konsumen secara benar dan tepat, jika belum ini merupakan hal yang kamu lupakan dan akan sangat mempengaruhi cara pemasaran produk kamu. Cara melakukan pemasaran produk yang benar tentunya harus mengandalkan skill komunikasi verbal maupun tulisan untuk mendukung kesuksesan promosi produk, skill ini sangat dibutuhkan ketika pembeli bertanya tentang produk dan meminta saran untuk melakukan pembelian atau tidak. 

Kamu nantinya harus mampu menyampaikan informasi yang diminta oleh calon konsumen secara baik dan benar karena akan mempengaruhi minat calon konsumen untuk membeli produk. Jika kamu menggunakan bantuan tenaga kerja atau karyawan dalam hal ini maka kamu harus pastikan bahwa individu tersebut memiliki kemampuan customer service oriented yang tentunya memiliki pengaruh yang besar dalam melakukan deal produk.

3. Menggunakan Angle Sesuai Pola Pikir Target Konsumen dan Pasar

Selanjutnya yang tidak kalah penting untuk cara melakukan pemasaran produk yang benar yaitu itu menggunakan angle atau sudut pandang sesuai pola pikir dari target konsumen dan pasar. Artinya yaitu ketika ingin memasarkan sebuah produk atau jasa, kamu harus seolah-olah berpikir untuk menjadi konsumen yang akan membeli produk atau jasa kamu tersebut.

Maka itu sebelum kamu memasarkan produk kamu harus tahu target pasar dan konsumen seperti apa yang kamu harapkan untuk meningkatkan produktivitas penjualan kamu apakah dari kalangan mahasiswa, ibu rumah tangga, atau eksekutif yang tentunya dapat ditentukan sebelum kamu memilih jenis pemasaran produk yang tepat. 

Dengan memikirkan target konsumen atau pasar tentu saja pemasaran kamu akan tepat sasaran dan memberikan dampak yang besar dalam perkembangan usaha atau bisnis. Kita bisa ambil contoh kasus penjualan ayam geprek dengan target pasar mahasiswa, dalam pola pikir mahasiswa biasanya mereka akan mencari makanan dengan budget yang ramah dikantong dan ini bisa jadi strategi kamu untuk memberikan paket ayam geprek yang terjangkau lengkap dengan menu es teh sehingga menarik minat konsumsi mahasiswa dalam produk kamu.

4. Pahami Tentang Tahapan Buyer’s Journey

Buyer’s Journey menjadi salah satu indikator penting untuk cara melakukan penjualan produk dengan benar karena kamu harus memahami tahapan untuk calon konsumen sebelum melakukan keputusan membeli produk atau tidak.

Disini kamu akan bisa membaca tentang potensi atau peluang calon konsumen dalam membeli produk kamu dengan memahami tahapan-tahapan yang akan kamu baca saat berhadapan ataupun berkomunikasi dengan calon konsumen, berikut adalah tahapan yang bisa kau perhatikan tentang Buyer’s Journey:

  • Ketertarikan konsumen karena kebutuhan, keinginan membeli, atau menyukai produk. Kamu bisa memberikan keunggulan produk pada tahap ini yang akan menambah keyakinan calon konsumen
  • Mengumpulkan informasi, pada tahap ini ini konsumen sudah mulai ingin membeli produk kita dan sedang mencari informasi produk mana yang cocok secara kualitas maupun budget dan kamu bisa menawarkan opsi produk untuk calon konsumen agar merasa lebih mudah dalam menentukan dan membeli produk di tempat kamu
  • Menentukan pilihan, selanjutnya yaitu jika kamu berhasil untuk menarik calon konsumen kamu agar menentukan pilihan produk yang cocok dengannya, hal ini merupakan progres yang sudah menuju ke arah pengambilan keputusan untuk membeli maka usahakan untuk yakinkan konsumen jika pilihannya tepat
  • Keputusan Membeli, sampai disini yaitu tahapan pembuatan deal dimana calon konsumen akan menentukan membeli atau tidak produk yang telah dipilih. Berdoalah dan berusahalah karena kalau memang  rezeki pasti tidak akan pernah jauh dari diri kamu

5. Tentukan Media Promosi dan Target Psikologi Calon Konsumen

Selanjutnya cara pemasaran produk yang tepat yaitu dengan menentukan media promosi yang tepat pula sehingga strategi pemasaran untuk produk dan jasa kamu dapat berjalan dengan lancar dan efektif sehingga sesuai dengan target penghasilan dan keuntungan.

Selain itu kamu juga perlu untuk mempelajari psikologi calon konsumen agar dapat membeli produk kamu dengan mudah contohnya seperti melakukan soft selling, event limited edition, buy one get one, diskon dan promosi, dan lainnya yang akan menyebabkan konsumen tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut.

6. Pertimbangkan Flywheel Marketing dan Evaluasi Berkala

Terakhir, cara melakukan pemasaran produk dengan benar yaitu mempelajari dan mempertimbangkan marketing flywheel yang berfokus pada model strategi pemasaran pada pengalaman target pasar sehingga kamu dapat memahami apa yang akan dilakukan kedepannya untuk meningkatkan produktivitas penjualan yang efektif dalam bisnis kamu. Kamu juga harus melakukan evaluasi secara berkala terkait pemasaran produk kamu untuk menciptakan pola pemasaran berkelanjutan yang sesuai dengan usaha atau bisnis yang kamu jalankan

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara melakukan pemasaran produk yang benar dan efektif yang bisa kamu pertimbangkan untuk kemajuan usaha atau bisnis kamu sehingga sesuai dengan harapan. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kamu dan pelaku bisnis lainnya yang sedang berusaha mencapai target terbaik, nantikan selalu informasi dari situs kami yang tentu saja akan memberikan wawasan terupdate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *