Pahami, Jenis Jenis Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Penjualan

Jenis jenis Pemasaran Online – Era digital mengharuskan setiap pelaku usaha untuk meregulasi sistem pemasaran ke yang lebih modern untuk mendapatkan produktivitas penjualan yang efektif sehingga banyak orang memilih untuk melakukan pemasaran online yang saat ini ini sedang populer di kalangan masyarakat.

Pemasaran online merupakan upaya untuk mempromosikan produk maupun jasa menggunakan platform atau situs online yang bisa diakses internet seperti media sosial, iklan online, dan sebagainya. Manfaat pemasaran online memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan pemasaran konvensional yang dilakukan selama ini.

Oleh karena itu, banyak pelaku usaha berbondong-bondong untuk beralih ke pemasaran online untuk mendapatkan keuntungan yang lebih serta mengikuti arah pasar dan konsumen. Tahukah kamu bahwa dengan menggunakan pemasaran online, produk atau jasa kamu dapat dilihat oleh 70% orang di media online yang bisa dibilang dapat menjangkau jutaan calon konsumen.

Selain itu, kamu dapat mengatur iklan produk atau jasa kamu tampil ke target audience yang kamu inginkan dari calon konsumen berdasarkan jenis kelamin, usia, dan lokasi tertentu. Ditambah lagi kamu dapat mengukur performa serta menghabiskan biaya yang relatif terjangkau untuk menggunakan pemasaran online.

Manfaat yang telah disebutkan diatas tentu saja akan kamu dapatkan ketika kamu memilih pemasaran online untuk produk dan jasa, namun jenis pemasaran online seperti apa yang cocok untuk produk dan jasa kamu dan jika kamu baru mengenal pemasaran online apa saja yang perlu diketahui dari strategi pemasaran online tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut pada artikel kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis pemasaran online serta strateginya yang bisa kamu ikuti untuk merintis usaha maupun bisnis kamu dan meningkatkan produktivitas penjualan kamu.

Jenis Jenis Pemasaran Online yang Efektif

jenis jenis pemasaran online

Pengembangan bisnis memang perlu untuk melakukan strategi pemasaran di mana pemasaran online kini dipilih banyak pelaku usaha karena memiliki kelebihan tertentu daripada pemasaran secara cetak maupun elektronik yang kita kenal sebelumnya.

Pemasaran online menjadi sebuah teknik marketing yang prosesnya memanfaatkan koneksi dan jaringan internet, target pasar yang digunakan dalam pemasaran online meliputi market, media sosial, marketplace, dan lain-lain. Saking berkembangnya pemasaran online, muncullah banyak jenis-jenis pemasaran online yang bisa dipilih oleh pelaku usaha untuk mempromosikan produk atau jasanya secara efektif berikut ulasannya!

1. Pemasaran Online Melalui Website

Bagi kamu yang baru mengenal sistem pemasaran atau marketing online, mungkin asing dengan istilah website. Website mudahnya dapat diartikan sebagai platform atau situs yang sering kamu akses selama ini untuk membaca artikel atau mencari informasi yang kamu inginkan ternyata website saat ini bisa juga digunakan sebagai salah satu dari jenis-jenis pemasaran online yang efektif untuk mempromosikan produk maupun jasa.

Bahkan saat ini banyak pelaku usaha skala kecil maupun skala besar memiliki website untuk branding agar calon konsumen merasa percaya untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Adanya pemasaran online melalui website menjadikan banyak profesi seperti copywriter, content writer, serta website marketing specialist yang dapat membantu performa dalam penjualan sebuah produk maupun jasa. Cara kerja website yaitu memuat konten, tulisan, testimoni, penawaran, serta layanan yang bisa dibaca oleh calon konsumen agar tertarik untuk membeli maupun membaca website dari produk maupun jasa kita.

2. Social Media Marketing

Media sosial marketing kini begitu trend digunakan oleh para pelaku usaha maupun bisnis untuk memasarkan produk atau jasanya di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, maupun Tik Tok.

Banyak cara yang bisa dilakukan dengan media sosial marketing seperti sistem endorse yang mempercayakan review produk pada selebgram ataupun YouTubers dengan jumlah followers dan subscriber yang banyak untuk menarik minat calon konsumen ikut membeli produk maupun menggunakan jasa kita.

Selain itu jika kamu tidak ingin menggunakan jasa orang lain untuk menjadi bagian dari iklan atau pemasaran kamu karena memiliki dana yang minim, kamu bisa mencoba untuk membuat halaman media sosial marketing sendiri dan dikelola secara mandiri untuk memangkas biaya jasa orang lain untuk memasarkan produk kamu.

Social media marketing menjadi salah satu itu jenis-jenis pemasaran online yang paling diminati karena memberikan kemudahan dan fleksibilitas kepada pemilik usaha atau bisnis maupun konsumen dalam menjangkau produk maupun jasa.

3. Melalui Online Advertising

Apakah kamu pernah melihat iklan secara tiba-tiba muncul di di tayangan YouTube kamu, atau website yang sedang kamu baca, atau aplikasi dan game yang sedang kamu mainkan. Jika kamu pernah melihatnya ini termasuk salah satu jenis-jenis pemasaran online yang cukup efektif untuk meningkatkan produktivitas penjualan karena online advertising memungkinkan banyak orang untuk melihat produk maupun jasa kamu secara langsung.

Online advertising biasanya banyak digunakan oleh pemilik aplikasi maupun developer untuk mempromosikan aplikasi si atau game mereka agar menarik minat pengguna tapi tidak menutup kemungkinan di dalam outline advertising ini kamu juga bisa untuk memasarkan produk maupun jasa.

3. Menggunakan Search Engine Marketing

Selanjutnya, salah satu jenis pemasaran online yang bisa kamu pilih dan pertimbangkan yaitu search engine marketing di mana kamu membayar untuk mendapatkan tampilan pertama website kamu di pencarian Google. Pemasaran ini dinilai cukup efektif karena hasilnya terbilang cepat dikarenakan iklan promosi Kamu akan selalu muncul ketika konsumen melakukan pencarian jenis produk tersebut dan tentu saja ini akan memberikan keuntungan yang lebih untuk produk dan jasa kamu dalam hal produktivitas penjualan.

5. Email Marketing

Bagi kamu yang sering menggunakan email pasti sering mendapatkan berbagai macam promosi yang kamu merasa tidak pernah meminta untuk mendapatkan informasi tersebut di email kamu dan terkadang kamu mungkin merasa agak kesal karena bisa menjadi spam dalam email.

Namun yang harus kamu tahu bahwa ini merupakan strategi marketing online yang dijalankan oleh penyedia jasa layanan untuk memberikan informasi kepada calon konsumen melalui email terkait produk dan jasanya, jadi kamu bisa mengabaikan email tersebut seperti kamu mengabaikan iklan-iklan yang ada di website yang sedang kamu baca atau YouTube yang sedang kamu tonton. \

Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Produktivitas 

Setelah kita membahas jenis-jenis pemasaran online yang bisa kamu pilih sebagai sarana untuk mempromosikan produk atau jasa, sekarang kita akan membahas bagaimana strategi yang bisa kamu lakukan untuk menunjang produktivitas penjualan kamu dalam usaha maupun bisnis secara efektif menggunakan marketing atau pemasaran online.

Hal ini tentunya sangat penting mengingat bahwa strategi pemasaran online juga membutuhkan rancangan khusus agar promosi berjalan dengan lancar dan sesuai target yang diinginkan berikut adalah strategi pemasaran online yang sudah kami rangkum secara singkat khusus untuk kamu!

  • SEO (Search Engine Optimization), SEO bertujuan sebagai pemasaran online agar website kita muncul di page one atau halaman pertama Google. Kunci pada keberhasilan ini tentunya berada pada konten yang kita berikan dalam website bisnis maupun usaha
  • Pay Per Click merupakan pemasaran produk dengan menggunakan iklan yang berbayar dan nantinya nya sesuai jumlah klik yang dilakukan oleh konsumen. Keunggulan dari menggunakan piper klik sebagai strategi pemasaran online yaitu dapat mengontrol dan mengatur target konsumen serta budget yang dikeluarkan, bebas memilih platform tempat menampilkan iklan dan mengatur durasi penampilan iklan yang sesuai.
  • Content dan Affiliate Marketing merupakan strategi yang banyak dilakukan pada media pemasaran online melalui content marketing untuk membuat artikel, video, indo grafis untuk dapat diunggah di sebuah website maupun media sosial. Di sisi lain affiliate Marketing adalah pemasaran online yang bekerjasama dengan pengusaha lainnya untuk memasarkan produk dan membagi keuntungannya sehingga berpeluang untuk meningkatkan penjualan dan memperluas relasi bisnis.

Akhir kata, itulah informasi yang bisa kami sajikan untuk kamu tentang jenis-jenis pemasaran online serta strateginya yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan produktivitas penjualan produk maupun jasa kamu secara efektif ifta dan mempertimbangkan hal terbaik untuk mendapatkan keuntungan yang lebih dalam aspek pemasaran dan promosi. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat buat kamu dan nantikan selalu update artikel dari kami selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *