Paylater Gojek: Cara Daftar, Tagihan, Limit, Denda, dan Penggunaanya

Paylater Gojek – Aplikasi yang kian berkembang saat ini memberikan berbagai macam inovasi untuk berkompetisi dengan aplikasi lainnya agar mendapatkan pengguna yang berpotensi. Salah satu yang menjadi andalan setiap aplikasi produk maupun jasa yaitu fitur pay later, pay later merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membeli sekarang dan bayar nanti. 

Saat ini penggunaan fitur pay later dapat menarik minat konsumen untuk menggunakan sebuah aplikasi karena fitur paylater menjadi salah satu metode pembayaran andalan yang memberikan kesempatan kepada pengguna untuk menunda pembayaran dan menerima barang atau jasa yang diinginkan terlebih dahulu.

Salah satu aplikasi jasa layanan online yang telah menggunakan fitur pay later yaitu Gojek, apa itu pay later gojek ? Paylater gojek ada dalam fitur dompet digital nya yaitu gopay dan disebut Go Pay Pay Later atau GoPaylater. GoPaylater merupakan fitur pembayaran pada merchant go-pay merchant go-pay, aplikasi gojek, dan Tokopedia yang menyediakan pinjaman untuk pembayaran. 

Bagi kamu yang terbiasa menggunakan marketplace atau belanja online pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur paylater seperti shopee paylater dan Lazada paylater yang metodenya hampir sama dengan memberikan fitur pembayaran beli sekarang bayar nanti bagi pengguna setianya.

Meskipun fitur ini sudah sebagian orang yang menggunakannya namun masih ada yang belum mengetahui tentang apa itu paylater gojek. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang apa itu sistem paylater pada gojek dan berbagai informasi penting lainnya yang bisa kamu simak berikut ulasannya !

Apa Itu Paylater Gojek ?

paylater gojek

Bagi kamu yang telah menggunakan layanan aplikasi di gojek ataupun gopay pasti sudah mengenal tentang istilah apa itu paylater gojek namun bagi yang belum pernah menggunakan aplikasi ini pastinya perlu untuk mendapatkan banyak informasi dari cara mendaftar nya hingga cara menggunakannya.

Seperti metode paylater pada aplikasi lainnya, fitur paylater pada gojek ataupun gopay hampir sama namun perbedaannya ada pada periode pembayaran dimana jika aplikasi lainnya memberikan tempo pembayaran beberapa bulan yang biasanya 3,6, dan 12 bulan tapi di aplikasi gojek hanya memberikan kesempatan untuk kamu membayar di akhir bulan. Lalu apa saja nih fitur atau layanan di gopay maupun gojek yang bisa menggunakan fitur paylater berikut adalah ulasannya:

  • Goride: pemesanan ojek online motor
  • Gocar: layanan pemesanan transportasi mobil 
  • Gofood: order makanan pada restoran
  •  atau mitra yang bekerjasama dengan gojek
  • Gosend: Layanan pengiriman barang, dokumen, dan sebagainya
  • Goblebird: pemesanan transportasi berupa taksi yang bekerja sama dengan blue bird
  • Gopulsa: pemesanan pulsa untuk provider kamu
  • Gotix: pemesanan tiket bioskop nonton film

Nah, itulah beberapa produk dari Gojek yang bisa menggunakan paylater namun tidak semua pengguna dapat menggunakan paylater karena terdapat syarat ketentuan yang harus di dipenuhi setiap pengguna untuk dapat menggunakan paylater gojek.

Selain harus memiliki kartu tanda penduduk dan berusia 21 tahun, untuk menggunakan paylater gojek pengguna harus diundang oleh pihak gojek atau menjadi pengguna terpilih sehingga jika kamu tidak mendapatkan undangan untuk aktivasi gopaylater di aplikasi kamu tentu kamu belum bisa menikmati fitur ini.

Penjelasan Tentang Apa Itu Paylater Gojek Mualai dari Bunga, Limit, Biaya, dan Denda

Setelah kamu mengetahui tentang apa itu paylater gojek, selanjutnya kita akan membahas tentang bunga, limit, biaya, dan denda yang tentu saja tidak akan pernah terlepas dari yang namanya paylater.

Hal ini sangat penting sebelum kamu menggunakan fitur paylater terdalam gojek karena di setiap aplikasi tentu saja memiliki kebijakan yang berbeda jadi kamu harus memahami terlebih dahulu agar kamu tidak terjebak atau sembarangan dalam menggunakan fitur paylater ini. Berikut adalah penjelasan tentang bunga, limit, denda dan sebagainya:

1. Bunga Paylater Gojek 

Kabar gembira nih buat kamu yang sudah mendapatkan fitur ini pada aplikasi gojek maupun gopay karena dalam paylater gojek atau gopaylater kamu tidak akan dikenakan bunga perbulannya karena kamu hanya diberikan kesempatan pembayaran dalam waktu 1 bulan.

Sebagai gantinya kamu akan dibebankan biaya layanan pada limit yang kamu gunakan sekitar 2,5 sampai 5 persen. Penjelasannya yaitu untuk limit pemakaian dibawah 500 ribu maka biaya layanannya sekitar 12 ribuan sedangkan untuk limit diatas 500 ribu sampai satu juta maka biaya layanannya sebesar 25 ribu.

2. Limit Pada Gopaylater

Setiap sistem pembayaran paylater tentu saja memiliki limit yang mana bisa digunakan untuk membelanjakan produk maupun jasa yang ada dalam aplikasi terkait termasuk dalam aplikasi paylater gojek. Jumlah limit yang akan diberikan kepada setiap pengguna tentu saja akan berbeda berkisar antara 200 ribu hingga 1 juta rupiah.

3. Denda Pada Paylater di Aplikasi Gojek

Fitur paylater gojek tentu saja memiliki konsekuensi yang harus diterima pengguna jika mengalami keterlambatan dalam pembayaran yang sudah ditentukan yaitu berupa denda. Meskipun kita diwajibkan membayar saat akhir bulan namun kita akan diberikan waktu hingga jatuh tempo setiap tanggal 5 setiap bulannya untuk melakukan pembayaran tagihan dan jika terlambat akan dikenakan biaya 2 ribu setiap harinya.

Cara Mendaftar Paylater Gojek dan Cara Menggunakannya

Bagi kamu yang sudah mendapatkan tawaran dari pihak gojek maupun gopay untuk menggunakan fitur ini maka kamu bisa langsung mendaftar dan menggunakannya dengan cara yang kami rangkum seperti berikut ini:

  1. Langkah pertama yaitu login ke akun gojek kamu
  2. Selanjutnya klik menu go-pay dan pilih menu Explorer lalu Klik tombol gopaylater
  3. Setelah itu akan muncul sebuah notifikasi untuk mengupgrade gopay kamu ke gopay Plus
  4. Selanjutnya klik upgrade sekarang dan kamu juga boleh membaca terlebih dahulu rincian syarat dan ketentuannya
  5. Unggah foto identitas kamu dengan jelas dan ikuti tutorial yang tersedia
  6. Selanjutnya unggahlah foto selfie kamu dengan memegang kartu identitas atau e-ktp lalu ikuti petunjuk
  7. Maka akan muncul tampilan upgrade sedang diproses dan klik ok
  8. Bawah proses autentikasi data akan berlangsung selama 24 jam
  9. Jika proses verifikasi sudah selesai dan berhasil kamu akan mendapatkan notifikasi dari pihak gojek
  10. Langkah selanjutnya yaitu pilih aktifkan paylater lalu baca syarat dan ketentuan dan klik setuju
  11. Input 6 digit PIN gopay kamu setelah itu lengkapi profil dengan mengisi email, penghasilan, pendidikan terakhir, dan lain-lain
  12. Jika semua data telah diisi dengan lengkap lalu pilih konfirmasi
  13. Pendaftaran telah selesai dan tunggulah minimal 1 sampai 2 hari untuk proses pengajuan kamu diterima atau tidak oleh pihak gojek

Selanjutnya, jika kamu telah mendapatkan notifikasi dari pihak gojek bahwa pengajuan kamu diterima maka kamu sudah bisa menggunakan fitur pembayaran paylater gojek melalui aplikasi kamu dengan cara:

  • Saat melakukan pembelian produk pada aplikasi gojek maupun go-pay jangan lupa untuk memilih fitur pembayaran gopaylater sebagai metode pembayaran kamu
  • Kemudian lakukan order layanan gojek yang diinginkan lalu cek detail riwayat pesanan
  • Jangan lupa untuk melakukan pembayaran di akhir bulan atau sebelum batas jatuh tempo yang telah ditentukan
  • Untuk membayar tagihan, kamu hanya perlu masuk ke akun gojek kamu dan pilih menu Gopaylater kemudian pilih bayar untuk mengecek detail transaksi dan klik bayar tagihan. Jangan lupa masukkan PIN gojek untuk memproses pembayaran kamu dan selesai

Akhir kata, itulah informasi tentang apa itu paylater gojek dan informasi lainnya tentang bunga, limit, denda, serta jatuh tempo pembayaran tidak lupa dengan cara mendaftar serta cara membayar tagihannya. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat buat kamu dan jangan lupa nantikan selalu artikel dari kami yang terupdate! See you !

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *