Apa Arti Vibes Dalam Bahasa Gaul, Ini Penjelasan Lengkapnya!

Saat berselancar di sosial media, kalian pasti sudah sering mendengar kata vibe atau vibing. Vibes sendiri cukup ramai dilontarkan oleh para pengguna internet khususnya instagram dalam komentar postingan tersebut. 

Mungkin banyak diantara kalian yang masih bingung dan hanya ikut-ikutan saja agar terlihat keren oleh orang lain. Memang tidak salah, tapi jika kata penggunaanya keliru maka kalimat nya bisa jadi rancu. 

Di instagram bahkan di semua akun media sosial, berbagai macam penggunaan kata vibes biasanya dibarengi dengan kalimat morning vibes, good vibes only dan masih banyak lagi.

Saat ini, Orang-orang pun sudah banyak menggunakan istilah tersebut saat mengunggah postingan media sosial seperti instagram, twitter ataupun tiktok untuk menggambarkan suasana hati atau tempat yang sedang mereka kunjungi. 

Lalu, apa arti dari kata vibes dalam bahasa gaul yang viral di media sosial, simak penjelasan berikut ini.

Arti Vibes Dalam Bahasa Gaul?

Apa Itu Vibes Dalam Gaul?

Istilah vibes dalam bahasa gaul adalah menggambarkan suatu suasana perasaan seseorang akan situasi dan tempat yang tengah dikunjungi. Vibes dalam bahasa Inggris yaitu “vibe” Yang memiliki arti atmosfer. 

Dikutip dari Cambridge University Press, pada hari minggu (9/1/2022) dijelaskan bahkan vibes adalah karakter, perasaan atau suasana hati suatu tempat atau situasi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan vibes atau atmosfer berhubungan langsung dengan suasana perasaan yang bersifat imajinatif dalam naskah drama yang diciptakan oleh seseorang. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa vibes merupakan suatu perasaan, emosi, atau suasana hati yang dipancarkan seseorang, benda,  maupun tempat yang dirasakan oleh orang tersebut. Istilah tersebut rupanya mempunyai kemiripan dengan kata vibra yang memiliki makna getaran, sedangkan vibes merupakan bentuk jamak dari vibe.

Tetapi,  vibes juga dapat diartikan sebagai aura dan mood atau suasana hati yang dirasakan orang tersebut. Baik karena tempat ataupun perasaan seseorang yang tinggal di lingkungan tersebut, lalu apa bedanya istilah Good Vibes dan Bed Vibes dalam bahasa gaul?

1.Good Vibes

Seperti penjelasan di atas bahwa arti vibes merupakan sebuah perasaan yang kita rasakan. Namun bagaimana dengan good vibes? Kata good vibes diartikan sebagai getaran atau juga suasana hati yang positif. 

Misalnya, saat kalian pergi berlibur ke tempat yang sejuk dan indah sehingga perasaan memberikan perasaan baik di dalam hati.

Dengan perasaan baik itu kalian bisa mengungkapkan nya bahwa kalian berada dalam suasana yang baik atau good vibes. Karena dengan melihat nya, orang lain akan turut merasakan kegembiraan yang sama. 

Suasana yang dirasakan dari apapun di sekitar kita menjadi emosi positif yang memberikan energi yang positif pula, itulah yang disebut dengan Good Vibes. 

Tidak hanya dari suatu kejadian atau suatu tempat saja, good vibes juga bisa kita dapat dari sebuah bentuk kata-kata seperti motivasi, dan berikut ini beberapa kata-kata positif yang bisa dijadikan good vibes mu hari ini:

  1. “Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang instan, hal itu berasal dari tindakanmu sendiri. “Dalai Lama
  2. “Jika kamu merasa senang, tersenyum dengan sepenuh hati. Jika kamu sedang sedih, tersenyumlah dengan sekuat tenaga.”Paul Lan Guilermo

2.Bad Vibes

Bagaimana dengan Bad Vibes? Kebalikan dari good vibes yang menggambarkan energi positif, bad vibes memiliki makna getaran emosi yang buruk atau suatu kejadian yang berubah menjadi sebuah energi negatif.

Jika good vibes mampu mempengaruhi suasana seseorang menjadi lebih baik, maka bad vibes cenderung mempengaruhi suasana seseorang menjadi buruk atau kurang menyenangkan. 

Misalnya, kamu menonton tayangan kekerasan atau berita duka di televisi, maka hal tersebut bisa saja membuat suasana hati mu jadi tidak enak dan merasakan emosi negatif, hal itu lah yang disebut dengan Bad Vibes. Energi yang posting sangat tidak baik untuk kesehatan baik itu mental maupun fisik.

Penutup

Akhir kata, terimakasih sudah membaca sampai akhir. Demikian informasi mengenai apa arti Vibes Dalam Bahasa Gaul serta perbedaannya. Semoga informasi singkat diatas bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga:

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *