Bunga Shopee Paylater, Berikut Nominal Dendanya!

Shopee paylater merupakan salah satu produk cicilan barang yang tersedia pada e-commerce shopee. Dengan menggunakan shopeepay later ini seorang pengguna bisa berbelanja dan membayar tagihan belanjanya pada bulan berikutnya.

Shopee Paylater berbeda dengan dompet digital pada umumnya yang hanya bisa digunakan untuk menyimpan uang. Di bawah ini kita akan mengenal mengenai biaya, cicilan, dan bunga shopee paylater.

Apa Itu Shopee Paylater?

Shopee paylater sepertinya bukan hal yang asing bagi kita, karena ada banyak para pengguna shopee yang menggunakan produk yang satu ini. Shopeepaylater atau yang biasa disingkat Spaylater adalah sebuah produk pinjaman atau cicilan yang tersedia pada e-commerce shopee. Shopee Paylater adalah salah satu bentuk pinjaman resmi yang disediakan oleh pihak shopee dan diawasi secara langsung oleh otoritas jasa keuangan atau OJK.

Berbeda dengan dompet digital pada umumnya yang hanya bisa digunakan untuk menyimpan uang, shopeepay later memberikan pinjaman kepada para pembeli yang bertransaksi melalui shopee. Jumlah pinjaman serta akumulasi  harus dikembalikan sesuai dengan tenggat waktu yang dipilih.

Untuk sistem cicilannya sendiri shopee paylater mempunyai waktu cicilan yaitu mulai dari 3 bulan hingga 1 tahun.

Cara Mengaktifkan Shopee Paylater

Bunga Shopee Paylater

Untuk mengaktifkan fitur shopee paylater pada aplikasi shopee, para pengguna harus memastikan fitur tersebut sudah tersedia di aplikasi mereka. Karena tidak semua para pengguna shopee bisa menikmati fitur shopee palater tersebut. Hanya beberapa pengguna tertentu yang bisa menggunakan produk yang satu ini. Berikut ini beberapa cara mengaktifkan shopee paylater di HP kalian.

  • Langkah pertama yaitu kalian harus menyiapkan KTP untuk mendaftar shopee paylater
  • Kemudian buka aplikasi shopee paylater, setelah itu klik bagian “saya” kemudian gulir sampai ke bawah hingga kalian menemukan shopeepaylater
  • Setelah itu klik aktifkan sekarang dan masukan kode verifikasi atau kode OTP yang dikirimkan melalui SMS
  • Setelah itu klik lanjut, kemudian unggah foto KTP beserta masukkan nama dan Nik sesuai dengan KTP tersebut, lalu klik bagian konfirmasi.
  • Setelah itu masukkan informasi tambahan kemudian lakukan verifikasi wajah. Arahkan wajah kalian ke dalam frame yang ditunjukkan dalam aplikasi tersebut, pastikan kalian mengambil gambar pada ruangan yang terdapat cahaya.
https://calonpengangguran.com/2022/02/03/maksud-check-out-shopee/

Bunga Shopee Paylater

Pada saat ingin menggunakan shopee paylater untuk berbelanja seorang pengguna akan dikenakan bunga. Oleh sebab itu selain membayar cicilan utama atau cicilan pokok seorang pengguna juga akan dikenakan bunga.

Biaya cicilan shopee paylater terdiri dari cicilan utama atau cicilan pokok serta suku bunga sebesar 2,95 persen. Selain itu pada saat ingin menggunakan shopeepay later seorang pengguna juga akan dibebani biaya penanganan sebesar 1% dari keseluruhan total pembelian.

Sebagai contohnya misalnya saja kalian ingin membeli barang seharga rp100.000 yang akan dibayar melalui shopeepay later. Maka total yang harus kalian berakhir pada bulan berikutnya yaitu rp103.950. Biaya tersebut terdiri dari utang pokok senilai rp100.000, bunga 2,95% yaitu rp2.950 dan biaya penanganan sebesar rp1.000.

Denda Shopee Paylater

Bukan hanya dikenakan bunga, seorang pengguna shopee paylater juga akan dikenakan denda apabila mereka telat membayar tagihan. Seorang pengguna akan menanggung denda sebesar 5% per bulannya dari seluruh total tagihan apabila terlambat membayar tagihan tersebut.

Jumlah ini memang cukup besar oleh sebab itu dihimbau kepada para pengguna agar tidak menggunakannya jika benar-benar tidak dalam keadaan darurat.

Bukan hanya itu saja selain dikenakan denda seorang pengguna yang terlambat membayar shopeepaylater juga akan dibatasi akses fungsi di aplikasi serta penggunaan voucher shopee. Peringkat kredit di OJK akan dicatat buruk sehingga hal ini dapat mempersulit kalian untuk mendapatkan pinjaman dari Bank ataupun perusahaan lain.

Bagi para pengguna shopee paylater yang telat membayar tagihan dalam jangka waktu tertentu akan menghadapi penagihan secara langsung oleh debt colektor di lapangan. Oleh sebab itu para pembeli tetap itu untuk bijak dalam menggunakan shopeepaylater tersebut.

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai shopeepaylater, biaya, cicilan, bunga serta dendanya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang ingin menggunakan shopee paylater untuk berbelanja . Pastikan kalian mempunyai kapasitas untuk membayar sebelum memutuskan berutang di shopeepay later serta menggunakan shopeepay later sebaik-baiknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *