Arsip Instagram Hilang? Begini Cara Menampilkannya!

Sosial media sudah menjadi bagian dari gaya hidup jutaan bahkan milyaran manusia di bumi. Bagaimana tidak? Mereka rela menghabiskan waktu berjam-jam lamanya untuk bersosialisasi dengan orang-orang secara online atau dalam jaringan.

Salah satu media sosial hiburan yang paling populer saat ini adalah aplikasi instagram. Sebuah platform media sosial berbagi foto dan video yang paling diminati sejak diluncurkannya 6 Oktober 2010 dengan 32 bahasa. Instagram telah memiliki lebih dari 500 milyar pengguna yen aktif setiap hari nya.

Namun, akhir-akhir ini para pengguna akun instagram mengalami kebingungan karena arsip IG hilang secara tiba-tiba. Instagram sendiri sudah cukup lama meluncurkan fitur archive untuk membantu para pengguna menghilangkan berbagai macam konten lama, termasuk foto dan video dari halaman profil. Fitur ini cukup berbeda dengan fitur delete yang ada di instagram, dimana fitur archive ini dapat menghilangkan konten-konten tersebut tanpa menghapusnya secara permanen.

Dengan kata lain, para pengguna instagram masih memiliki kesempatan untuk mengakses kembali foto maupun video yang disembunyikan tersebut. Namun, kembali lagi ke awal masalah, dimana banyak orang-orang bertanya kenapa fitur arsip tiba-tiba menghilang dengan sendirinya.

Kenapa Arsip Instagram Hilang Sendiri?

Arsip Instagram Hilang

Umumnya arsip instagram tidak akan bisa hilang apabila pemilik akun tidak menghapusnya secara manual. Arsip tersebut akan tersimpan selamanya selama akun IG pemilik tersebut masih aktif. Namun, kenapa banyak orang yang mengeluh bahwa arsip IG mereka hilang?

Sampai saat ini masalah hilang nya fitur arsip di instagram belum diketahui dengan jelas apa penyebab nya. Berdasarkan informasi yang diberikan hilang nya arsip IG secara tiba-tiba dikarenakan oleh masalah jaringan yang tidak stabil, ada juga statement bahwa arsip IG hilang secara tiba-tiba karena sistem instagram itu sendiri.

Salah satu netizen melontarkan pendapat jika sistem di instagram akan menghapus arsip yang sudah tersimpan lebih dari satu tahun lamanya. Namun, pernyataan tersebut juga belum bisa dibuktikan kebenarannya karena hanya bersifat opini.

Tidur perlu khawatir jika kamu tidak dapat menemukan fitur arsip pada akun instagram mu, berikut ini kami berikan tutorial sebagai berikut.

Cara Menampilkan Arsip Instagram Yang Hilang

Dalam hal ini, kamu hanya perlu masuk ke halaman archive instagram, kemudian mengaktifkan kembali foto maupun video yang ingin di kembalikan. Timbul sebuah pertanyaan yang menanyakan archive instagram ada di mana?

Kamu bisa melihat di bagian profil, disana kamu dapat mengeksplor fitur-fitur instagram salah satunya fitur archive pada pembahasan kali ini. Secara lebih rinci, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Yang pertama harus kamu lakukan silahkan masuk halaman profil akun instagram mu.
  2. Kemudian pilih ikon archive, yang terlihat seperti jam di bagian pojok kanan atas.
  3. Jika tidak kamu bisa langsung masuk ke halaman posts archive, silahkan tekan tulisan stories archive yang terdapat di bagian kiri atas dan menggantinya dengan posts archive.
  4. Cari foto atau video yang ingin kamu kembalikan lagi ke profil instagram.
  5. Jika sudah ketemu, tekan foto atau video tersebut, kemudian pilih ikon opsi di pojok kanan atas foto(tanda titik tiga).
  6. Kemudian pilih opsi show on profil untuk mengembalikan foto tersebut ke akun instagram yang kamu miliki.

Tidak perlu waktu lama, selang beberapa detik foto yang kamu sembunyikan dapat tampil di beranda profil. Jika masih tidak muncul silahkan tarik kebawa untuk refresh halaman profil instagram. Sekarang pengguna instagram lain dapat melihat foto tersebut di halaman profil akun milikmu, kecuali jika akun mu private maka hanya followers atau pengikut mu saja yg dapat melihat nya.

Ada lagi yang perlu diperhatikan, foto atau video tersebut tidak akan muncul sebagai post baru di instagram, melainkan foto tersebut akan muncul seperti sebelumnya di urutan waktu yang sama saat kamu pertama kali mengunggah nya.

Penutup

Akhir kata, demikian ulasan singkat kami mengenai arsip instagram hilang dan cara untuk dapat mengembalikan nya. Terima kasih sudah membaca sampai akhir dan semoga bermanfaat dan dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *