Cara Memaksimalkan Keuntungan Pada Pasar Oligopoli

Membahas tentang produksi, konsumen dan pasar tentu saja akan selalu berkaitan dengan keuntungan dan kerugian serta titik impas. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas titik impas yang secara garis besar adalah sebuah konsep yang bisa disebut juga balik modal di mana keuntungan akan bernilai nol.

Nah, pada pembahasan kali ini kita tidak jauh berbeda yaitu dengan mengupas tuntas tentang keuntungan dari pasar oligopoli, cara memaksimalkan keuntungan pada pasar oligopoli tentunya masih terdengar asing di telinga kita sebagai produsen maupun konsumen pemula.

Kamu tidak perlu khawatir karena kami akan mengupas satu persatu variabel yang akan memudahkan kamu untuk memahami dari judul artikel yang ingin kami sampaikan kepada pembaca sehingga arti dan tujuan akan tersampaikan dengan jelas. Mungkin bagi kamu sudah memahami tentang memaksimalkan keuntungan tapi sebenarnya apa yang dimaksud dengan pasar oligopoli?

Pasar oligopoli yaitu merupakan pasar yang memiliki persaingan tidak sempurna dikarenakan jumlah produsen dan pedagang berbanding terbalik dengan jumlah konsumen atau pembeli sehingga efektivitas penjualan harus terus-menerus dilakukan dan untuk memasarkan produk kepada pembeli atau konsumen agar bisa tetap bertahan serta menarik perhatian. 

Bisa dibilang pasar oligopoli memiliki kompetitor dan persaingan yang cukup ketat sehingga perusahaan baru atau produsen pemula yang ingin masuk pada sektor pasar oligopoli sering mengalami penahanan agar produsen atau perusahaan tersebut kesulitan masuk ke dalam pasar yang akan menambah kompetitor dan kesulitan penjualan.

Secara garis besar itulah pengertian dari pasar oligopoli sehingga jika kita pikirkan dalam sekejap, pasar oligopoli memiliki tingkat kesulitan dalam peningkatan produktivitas serta memaksimalkan keuntungan. Namun, meskipun sulit pasti ada cara memaksimalkan keuntungan pada pasar oligopoli, berikut ulasannya

Apa Tujuan dan Ciri-Ciri Pasar Oligopoli?

Cara Memaksimalkan Keuntungan Pada Pasar Oligopoli

Mungkin kamu mulai timbul pertanyaan tentang kenapa ada pasar oligopoli yang ternyata hanya menyulitkan produsen maupun pedagang dalam memaksimalkan keuntungan atau meningkatkan efektivitas penjualan? Jawabannya adalah tentu saja pasar oligopoli memiliki tujuan yaitu agar pembeli atau konsumen dapat secara bebas dan leluasa untuk menentukan produk yang diinginkan.

Hal ini akan terus membuat produsen terpacu untuk meningkatkan kualitas dari produk yang dijual untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehingga menjadi tantangan bagi produsen untuk bersaing dan menemukan konsumennya.

Jika kamu masih belum memiliki gambaran tentang pasar oligopoli mungkin kamu bisa berkunjung ke Pasar Beringharjo misalnya yang mana di blok tertentu para penjualnya akan menjual 1 jenis produk yang sama seperti batik, kain, ataupun busana.

Tentu saja para produsen ini ini sudah memiliki target konsumen dan pasarnya masing-masing dengan memberikan berbagai strategi pemasaran secara langsung maupun tidak langsung. 

Oleh karena itu, jika produsen atau pedagang ingin bertahan pada posisinya serta meningkatkan produktivitas maka wajib sekali untuk secara kontinu melakukan riset pasar dan dan menjual produk baru yang lebih baik dan lebih berkualitas.

Hal inilah yang terjadi pada pasar oligopoli, jadi meskipun tampak susah dan sulit untuk mendapatkan konsumen maupun keuntungan tapi dengan menjadi produsen atau pedagang dalam lingkup pasar oligopoli bisa dibilang dapat lebih menguntungkan terutama jika menggunakan strategi pemasaran yang tepat.

Untuk semakin memahami tentang pasar oligopoli berikut adalah ciri-ciri yang bisa kamu simak agar dapat mengenal tentang sistem serta karakteristik dari pasar oligopoli ini:

  • Pertama yaitu itu pasar oligopoli memiliki lebih dari 2 produsen atau pedagang dan bisa saja lebih
  • Produk yang dijual yaitu homogen atau seragam antar pedagang satu dengan pedagang lainnya jadi pada kondisi seperti ini ketika pedagang A mengalami keterbatasan stok maka bisa mengambil dari stok melalui pedagang lain
  • Harga produk pada pasar oligopoli cenderung sama jadi untuk mendapatkan selisih harga yang jauh berbeda sangat tidak mungkin, hal ini dilakukan untuk menetralkan perilaku konsumen terhadap harga pasar dalam produk yang seragam sehingga hanya memberi keleluasaan untuk memilih barang serta pelayanan
  • Strategi dalam pasar Oligopoli harus matang di mana setiap produsen bersaing secara ketat untuk melakukan promosi serta pelayanan sebaik mungkin agar dapat menarik perhatian dan minat konsumen
  • Kebijakan yang terjadi pada pasar oligopoli lebih mengacu pada produsen utama sehingga dalam hal penarikan produk lama, perubahan fungsi, serta ketentuan penetapan harga harus mengikuti kebijakan produsen utama
  • Produsen baru sulit masuk ke pasar oligopoli karena produsen utama tentu saja memainkan harga sehingga produsen baru mengalami kesulitan untuk bersaing dengan produsen yang sudah ada

Cara Memaksimalkan Keuntungan Pada Pasar Oligopoli

Produsen ataupun pedagang dalam melakukan penjualan produk tentu selalu mencari cara untuk memaksimalkan keuntungan hal ini juga berlaku pada pasar oligopoli dimana hambatan pedagang atau produsen lebih besar daripada pasar biasanya yang memiliki variasi produk yang berbeda.

Untuk mencapai tujuan tersebut produsen maupun pedagang tentunya harus memiliki kemampuan bersaing yang tinggi dan menangkap peluang pasar dengan cepat. Untuk memaksimalkan keuntungan pada pasar oligopoli pastinya sangat berbeda dengan strategi yang biasanya dilakukan dalam memaksimalkan keuntungan pasar biasa.

Bisa dibilang juga sebagian besar produsen atau pedagang di pasar oligopoli merupakan pemain lama dan sangat jarang adanya pemain baru masuk ke dalam pasar ini, oleh sebab itu penjualan yang dilakukan oleh produsen atau pedagang di pasar oligopoli dapat mempengaruhi keseluruhan produsen lainnya.

Salah satu contohnya misal pada kasus penentuan harga, pada pasar oligopoli sudah diatur tarif atau harga yang relatif sama antar produsen ataupun pedagang jadi jika ada di antara mereka yang melakukan penjualan lebih murah maka akan merusak harga pasar serta penjualan pada pasar tersebut.

Jadi bagaimana cara memaksimalkan keuntungan pada pasar oligopoli jika persaingan dinilai sangat ketat dan harga produk sudah ditetapkan? Untuk mendapatkan jawabannya silahkan simak ulasan berikut ini yang kami harapkan dapat memberikan kamu pencerahan untuk memaksimalkan keuntungan pada pasar oligopoli.

1. Membaca Keseimbangan Oligopoli

Sebagai produsen maupun pedagang tentu saja keseimbangan dapat terjadi bila keuntungan maksimum nya dapat tercapai, perlu kamu tahu bahwa dalam pasar Oligopoli untuk menetapkan keseimbangan tersebut tidak menekankan pada dimensi waktu namun lebih kepada kompetisi dan perilaku kompetitor.

Oleh karena itu, produsen atau pedagang pada pasar oligopoli cenderung akan meningkatkan produktivitasnya di saat harga berada di bawah biaya marginal dengan kata lain pada waktu inilah produsen atau pedagang akan memaksimalkan keuntungan.

2. Mempertahankan Pangsa Pasar

Dalam pasar oligopoli, produsen atau pedagang yang ingin bertahan pada kompetisi yang ada ada yaitu harus meningkatkan dan mempertahankan pangsa pasar yang bisa membantu produsen maupun pedagang untuk menetapkan volume penjualan dan mengabaikan interdependensi serta reaksi pesaing. Hal ini dapat meningkatkan output penjualan serta memaksimalkan keuntungan produsen maupun pedagang.

3. Tingkatkan Strategi Promosi 

Tahukah kamu, pasar oligopoli tidak hanya terfokus pada meningkatkan kualitas serta menarik minat konsumen namun juga sangat dipengaruhi oleh strategi promosi secara langsung maupun tidak langsung sehingga konsumen akan didapatkannya bersifat jangka panjang bukankah jangka pendek.

Meningkatkan strategi promosi merupakan langkah yang paling tepat untuk memaksimalkan keuntungan pada pasar oligopoli karena kepopuleran produk dari produsen atau pedagang tertentu akan memberikan kepercayaan pada konsumen baru maupun konsumen lama sehingga nantinya keuntungan akan bersifat tetap atau malah meningkat.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara memaksimalkan keuntungan pada pasar oligopoli yang mana dapat memberikan pola penjualan baru bagi produsen maupun pedagang dengan produk yang sama.

Penutup

Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat buat kamu serta orang lain, nantikan selalu informasi dari situs kami yang tentunya akan dibungkus secara mudah agar kamu mendapatkan pengetahuan terupdate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *