Cek Disini, Ide Bisnis Sampingan Karyawan Tanpa Ribet

Ide Bisnis Sampingan Karyawan Tanpa Ribet – Profesi di Indonesia sangatlah banyak dan setiap orang memiliki haknya sendiri untuk memilih profesi apa yang diinginkan termasuk menjadi karyawan, karyawan merupakan seseorang yang bekerja pada sebuah perusahaan maupun lembaga sesuai dengan keahlian atau kemampuannya dan biasanya akan digaji dalam satu bulan. 

Tentu saja menjadi karyawan akan diperintah dan akan mendapatkan tekanan dari atasan untuk menyelesaikan sebuah tanggung jawab tertentu, tekanan ini yang hampir membuat semua karyawan merasa tidak nyaman bekerja dengan perusahaannya sehingga mulai berpikiran untuk resign namun masih ragu karena tidak memiliki pekerjaan pengganti setelah keluar dari pekerjaan tersebut.

Di sisi lain, memilih untuk menjadi karyawan dibandingkan pengusaha memiliki banyak pertimbangan diantaranya memiliki gaji tetap atau minimal UMK, memiliki angsuran yang harus dibayar bulanan, takut memulai usaha atau bisnis, khawatir rugi dan gagal, tidak memiliki modal yang cukup, bingung mulai darimana serta tidak percaya diri, dan masih banyak lagi. 

Dilema ini tentu saja dirasakan oleh sebagian besar karyawan memiliki alasan untuk tetap bertahan sampai memiliki harapan baru terkait pendapatan serta pemasukan dari sektor lain, terkadang karyawan juga sudah memiliki target tersendiri yaitu mengumpulkan modal hingga cukup lalu memulai usahanya dan menjadi bos untuk diri sendiri.

Selain itu, ada juga karyawan yang menerobos batasnya untuk tetap menjadi karyawan sekaligus membangun usaha sampingan yang mana akan menjadi investasinya di masa depan ketika dia ingin keluar dan resign dari perusahaannya.

Namun untuk mengantisipasi hal tersebut seorang karyawan sekaligus pengusaha harus mengetahui alasan apa yang melatarbelakanginya untuk merangkap menjadi karyawan dan pengusaha dalam satu waktu agar dapat mengantisipasi resiko di masa depan serta memikirkan perencanaan yang matang agar profesi karyawan serta usaha bisnisnya dapat berjalan dengan lancar. 

Untuk itu, tujuan dari artikel ini yaitu membahas ide bisnis sampingan karyawan tanpa ribet sekaligus mengemukakan alasan mengapa karyawan harus Memiliki bisnis sampingan yang dimulai dari sekarang!

Alasan Mengapa Harus Memiliki Bisnis Sampingan Karyawan Mulai dari Sekarang !

Ketika kita membahas tentang mengapa bisnis atau usaha sampingan karyawan harus dimulai dari sekarang karena usaha atau bisnis memiliki perkembangan dan dinamika tersendiri dibanding dengan karyawan. 

Usaha atau bisnis memiliki keuntungan dinamis, sangat berbeda dengan menjadi karyawan dengan gaji yang statis. Jadi ketika kamu memulai lebih cepat tentu saja keuntungan kamu akan didapatkan sejak awal jadi ketika kamu bekerja keras dengan menjadi karyawan maka kamu akan mendapatkan keuntungan dengan usaha atau bisnis kamu yang sudah kamu mulai dari awal. 

Banyak hal yang menjadi alasan mengapa kamu harus memulai bisnis sampingan karyawan, jika kita tinjau dari aspek keuangan saja usaha atau bisnis yang akan dijalani berdampingan dengan menjadi karyawan tidak akan kehabisan modal atau malah semakin berkembang karena akan mendapatkan bagian dari suntikan dana gaji yang kamu dapatkan setiap bulan.

Meskipun tampak pak merepotkan, memulai bisnis sambil menjadi karyawan tidak sesusah yang dipikirkan karena kamu bisa memilih ide bisnis apa yang sesuai dan tidak mengganggu tanggung jawab kamu sebagai karyawan. 

Ide bisnis sampingan untuk karyawan tentu saja akan kami sebutkan pada artikel ini di pembahasan selanjutnya, namun sebelum itu kita akan membahas terlebih dahulu alasan mengapa kamu harus memulai bisnis mulai dari sekarang meskipun kamu masih menjadi karyawan untuk menambah motivasi dan keyakinan kamu kedepannya:

1. Mendapatkan Pemasukan Tambahan

Alasan pertama membangun ide bisnis sampingan karyawan yaitu kamu akan memiliki pemasukan tambahan di samping gaji yang kamu dapatkan. Pemasukan dari usaha atau bisnis yang kamu mulai sembari menjadi karyawan akan membuatmu selalu aman dalam persiapan keuangan apalagi jika bisnis kamu sudah termasuk dalam kategori berkembang. 

Memang di awal akan terasa berat mengalokasikan gaji untuk biaya usaha atau bisnis belum lagi resiko kegagalan saat merintis dan mencari konsumen yang tepat. Namun hal ini tidak akan sulit ketika kamu jalani dengan penuh niat dan tekad serta dibantu oleh keluarga atau rekan bisnis kamu. 

2. Memberikan Kebanggaan karena Modal Usaha Murni 

Selanjutnya yaitu jika kamu memiliki usaha atau bisnis ketika kamu masih menjadi karyawan tentu akan menambah kepercayaan diri dan kebanggaan kamu karena sudah dapat memberikan sesuatu dari gaji tersebut. 

Mungkin kamu pernah dengar bahwa ada karyawan yang merasa bahwa gajinya habis begitu saja dan tidak merasakan apapun, hal ini disebabkan karena manajemen keuangan yang tidak terstruktur serta kurang memanfaatkan peluang masa depan sehingga gaji yang didapatkan akan habis begitu saja tanpa berbentuk. 

Berbeda jika kamu mengalokasikan sebagian dari gaji kamu untuk modal atau mengembangkan usaha atau bisnis maka kamu akan merasa bangga karena modal dari usaha atau bisnis tersebut berasal dari uang sendiri tanpa meminjam ataupun melakukan hutang-piutang sehingga kamu bisa merasakan kebahagiaan dalam menjalankan usaha atau bisnis tersebut tanpa beban. 

3. Investasi Masa Depan

Membangun bisnis atau usaha sampingan karyawan bisa menjadi investasi masa depan karena masa depan itu tidak pasti jadi kamu harus menyiapkan diri, mental, hingga finansial untuk membuat diri kamu selalu memiliki antisipasi dari apa yang akan terjadi kelak. 

Di sisi lain umur yang setiap tahunnya akan bertambah tua serta kemungkinan kesehatan yang belum tentu prima akan memberikan resiko untuk kehilangan pekerjaan di masa depan sebagai karyawan, jika kamu sudah memiliki usaha atau bisnis sejak awal tentu saja hal ini bukanlah momok menakutkan karena kamu telah memiliki amunisi yang akan menjaga kamu untuk tetap aman secara finansial.

4. Merasa Tenang karena Punya Usaha dan Bisnis Cadangan

Seperti yang sudah kita sebutkan sebelumnya bahwa kita tidak akan mengetahui tentang masa depan apa yang akan terjadi, bisa saja perusahaan tempatku bekerja sekarang kemungkinan akan mengalami pailit atau bangkrut sehingga terpaksa harus memperhatikan karyawannya.

Kenyataan ini harus kamu sadari sejak awal menjadi karyawan karena di dalam surat perjanjian saat kamu di kontrak mengambil pekerjaan tersebut akan tertulis kebijakan tentang yang hal tidak terduga yang menyebabkan pemutusan hak kerja atau kontrak karyawan sehingga kamu tidak akan bisa berbuat apapun.

Namun jika kamu memiliki usaha atau bisnis sampingan sebelumnya dan sudah berkembang maka hal ini ini tidak akan membuat kamu takut apalagi khawatir kehilangan pemasukan. Kamu hanya tinggal mengubah strategi pemasaran kamu secara online kemudian membangun hubungan baik dengan konsumen lama untuk menambah produktivitas penjualan dari produk atau jasa yang kamu jual.

5. Menambah Semangat dalam Bekerja

Kebosanan dan kejenuhan bisa dialami siapapun termasuk karyawan, tekanan yang begitu berat serta tanggung jawab kerja yang monoton akan membuat stress dan putus asa. Jika kamu memiliki usaha atau bisnis sampingan tentu saja akan menambah semangat kamu dalam bekerja untuk terus mendapatkan gaji agar permodalan dan perkembangan dalam usaha dan bisnis kamu menjadi semakin pesat. 

Selain itu ketika usaha atau bisnis kamu sudah berkembang, kamu akan dapat dengan mudah mempertimbangkan kapan untuk resign atau melanjutkan karena kamu akan memiliki target tersendiri untuk manajemen keuangan sehingga kamu mengetahui dan bisa mengambil keputusan dalam pekerjaan kedepannya.

Ide Bisnis Sampingan Karyawan Tanpa Ribet dan Modal Minim

Ide Bisnis Sampingan Karyawan Tanpa Ribet

Setelah mengetahui mengapa kamu harus membangun usaha atau bisnis sejak awal meskipun kamu masih menjadi karyawan. Berikut adalah informasi tentang rekomendasi bisnis sampingan untuk karyawan khusus buat kamu yang tidak ingin repot dan memiliki modal yang minim untuk mengurangi resiko kegagalan pada usaha yang kamu sedang rintis:

  • Franchise makanan dan minuman
  • Reseller atau Dropship
  • Catering Siap Antar
  • Toko Online
  • Membuat Warkop Sederhana
  • Menjadi Makelar Properti
  • Membuat Podcast atau Channel Youtube
  • Frozen Food
  • Laundry
  • Lembaga Bimbel dan Les Privat
  • Wedding Organizer
  • Ternak Unggas dan Ikan
  • Dan masih banyak lagi

Akhir kata, demikian informasi tentang ide bisnis sampingan karyawan yang memiliki peluang dan anti ribet yang bisa kamu coba untuk memulai bisnis masa depan. Hal ini merupakan solusi terbaik bagi seseorang yang bimbang untuk memilih tetap menjadi karyawan atau memulai usaha atau bisnis nya. 

Memang untuk memulai usaha atau bisnis tentu saja tidaklah mudah apalagi harus merangkap karena jika kita tidak mampu melakukan manajemen dengan baik maka kita bisa kehilangan salah satu dari profesi kita atau bahkan keduanya. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat buat kamu dan share jika ini bermanfaat bagi orang lain. Nantikan selalu informasi kami yang selalu memberikan update dan pengetahuan terbaru yang bisa kamu jadikan referensi terbaik dalam mengetahui informasi kekinian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *