Recently Deleted Instagram, Begini Cara Menggunakannya!

Beberapa waktu yang lalu Instagram merilis sebuah fitur terbaru yaitu fitur Recently Deleted Instagram.  Dengan menggunakan Recently Deleted Instagram ini para pengguna Instagram bisa mengembalikan postingan yang mereka hapus dalam jangka waktu tertentu.

Apa itu Recently Deleted Instagram? Dan, bagaimana cara menggunakannya? Ada banyak orang tidak sengaja menghapus postingan mereka di Instagram, beberapa diantaranya juga melakukan kesalahan dengan cara menghapus postingan tersebut dan ingin mengembalikan postingan yang dihapus.

Akan tetapi tidak sedikit di antara mereka yang kebingungan dan tidak tahu bagaimana caranya karena seperti yang kita tahu jika menghapus sebuah postingan di Instagram maka postingan tersebut akan terhapus secara permanen. Kini kita tidak perlu khawatir, karena pada saat ini kita bisa mengembalikan postingan yang dihapus sebelum 30 hari lamanya.

Beberapa waktu yang lalu IG meluncurkan fitur terbaru yaitu Recently Deleted Instagram. Fitur satu ini sebenarnya sudah dirilis sejak awal tahun 2021 yang lalu jadi bisa dikatakan kalau fitur ini bukan fitur yang baru.

Sekilas tentang Recently Deleted Instagram

Recently Deleted Instagram

Bagi kalian yang belum tahu apa itu Recently Deleted Instagram, Recently Deleted Instagram adalah sebuah fitur terbaru yang memungkinkan untuk menyimpan sementara konten yang dihapus selama 30 hari lamanya.

Dengan adanya fitur tersebut para pengguna Instagram dapat meninjau ulang kembali atau menyimpan unggahan yang mereka hapus.

Beberapa konten yang disimpan sementara dalam folder Recently Deleted Instagram yaitu foto, video yang berada di feed IG, IG stories serta IG TVdan juga reels. Namun jika 30 hari telah berlalu dan si pengunggah belum meninjau postingannya maka konten yang dihapus tersebut akan terhapus secara permanen.

Sebelum menggunakan fitur Instagram ini para pengguna diminta untuk memverifikasi akun nya terlebih dahulu hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya peretasan. Verifikasi akan dikirimkan melalui email ataupun SMS, setelah verifikasi dilakukan maka para pengguna dapat menghapus ataupun memulihkan konten yang berada di recently delete Instagram secara permanen.

Recently Deleted Instagram akan tersedia jika para pengguna memperbaharui aplikasi IG mereka yang belum melakukan pembaharuan ada baiknya melakukan update agar bisa menggunakan fitur ini.

Bukan hanya tersedia di ig akan tetapi fitur yang sama juga tersedia pada aplikasi lain yaitu Facebook, jika di ig tersedia fitur Recently Deleted, di facebook menggunakan nama yang berbeda namun tujuannya tetap sama yaitu agar pemilik akun dapat meninjau kembali postingan yang ia hapus tersebut selama 30 hari lamanya.

Cara Menggunakan Fitur Instagram Recently Delete

Instagram menyebutkan bahwa konten-konten yang akan dipindahkan ke folder Recently Deleted yaitu berupa foto, video, video igtv dan juga story yang dipilih untuk dihapus dari akun. sedangkan untuk story yang terhapus yang tidak berada di arsip, akan tetap berada di folder hingga 24 jam lamanya sedangkan, yang lainnya akan dihapus setelah 30 hari kemudian. selama 30 hari inilah pemilik akun dapat mengakses konten yang ingin dihapus ataupun ingin disimpan kembali.

Untuk menggunakan fitur ini cukup mudah yaitu seorang pengguna ig hanya perlu membuka pengaturan kemudian beralih ke akun dan mencari recently deleted. Dari fitur ini kalian bisa memulihkan ataupun menghapus konten secara permanen.

Alasan Proses Verifikasi Dibutuhkan

Mungkin ada banyak para pengguna Instagram yang ingin menggunakan fitur recently delete tersebut bertanya mengapa verifikasi identitas dibutuhkan? Verifikasi di butuh kan tujuannya tidak lain untuk memastikan bahwa pemilik akun itu sendirilah yang ingin memulihkan konten ataupun postingan yang telah dihapu  dan bukan orang lain yang bisa saja mereka mempunyai tujuan lain.

Bukan hanya ingin mengembalikan postingan secara permanen akan tetapi bagi kalian yang ingin menghapus konten di recently delete juga perlu untuk melakukan verifikasi identitas. Identifikasi pada umumnya akan dilakukan melalui SMS dan juga Email sehingga orang lain yang ingin berbuat jahat akan kesulitan mengelola postingan kalian.

Akhir Kata

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan khusunya untuk Anda semua tentang Recently Deleted. Semoga informasi yang kami berikan ini, dapat membantu Anda semua dalam mengetahui fitur terbaru yang ada di aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *