Cara Verifikasi Whatsapp Centang Hijau, Begini Langkah-Langkahnya!

Pernahkah kamu melihat nomor whatsApp yang sudah tercentang hijau? Biasanya posisi centang hijau ini ada di sebelah kanan nomor WhatsApp tersebut. Centang hijau ini disebut tanda verifikasi WhatsApp yang biasanya diberikan kepada nomor pelayanan publik ataupun sebuah nomor resmi dari official tertentu.

Selain itu, verifikasi WhatsApp dengan centang hijau biasanya digunakan untuk menunjukkan nomor whatsApp bisnis dan bukanlah pribadi jadi kamu tidak bisa melakukan atau mengajukan verifikasi centang hijau pada nomor whatsApp pribadi kamu karena ada berbagai syarat yang harus dilakukan untuk bisa menerima verifikasi centang hijau dari WhatsApp.

Banyaknya orang yang mencari cara untuk verifikasi WhatsApp centang hijau pastinya masih ada yang bingung sebenarnya untuk apa manfaat centang hijau ini? Jadi centang hijau ini merupakan fitur baru verifikasi dari WhatsApp yang memiliki manfaat bagi pemiliknya untuk meningkatkan kepercayaan atau trust kepada pelanggan. 

Seperti yang kamu tahu bahwa kini banyak penipuan yang mengatasnamakan perusahaan lain, jadi centang hijau ini untuk mengantisipasi hal tersebut. Dengan adanya verifikasi centang hijau ini pada profil WhatsApp tentunya pelanggan atau konsumen tidak akan ragu untuk mempercayakan transaksinya perusahaan atau penjual tersebut di Whatsapp.

Selain itu, adanya centang hijau akan menambah reputasi dan branding dari usaha atau bisnis yang sedang dijalankan karena WhatsApp sendiri sudah mengakui bahwa nomor tersebut adalah resmi dan verifikasi. Lalu bagaimana cara verifikasi WhatsApp centang hijau dan bagaimana langkah-langkah lengkapnya? Untuk menjawab rasa penasaran kamu yuk kita simak artikel berikut ini.

Begini Cara Verifikasi Whatsapp Centang Hijau

Cara Verifikasi Whatsapp Centang Hijau

Verifikasi WhatsApp centang hijau disebut juga badge verified yang menandakan bahwa akun Whatsapp tersebut sudah resmi dan terverifikasi oleh WhatsApp jadi sudah dipastikan bahwa akun Whatsapp atau nomor whatsApp tersebut benar-benar milik perusahaan terkait. 

Menariknya, jika akun Whatsapp kamu sudah diverifikasi maka yang muncul adalah nama bisnis atau perusahaan bukan nomor whatsApp saat menghubungi pelanggan. Misalnya jika nama perusahaan adalah “BNI” maka yang tampil saat menghubungi pelanggan adalah nama “BNI” bukan nomor whatsappnya. 

Hal ini bisa mempermudah kamu untuk membedakan mana centang hijau yang asli dan mana centang hijau yang palsu karena semakin canggihnya era digital maka banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan verifikasi hijau ini termasuk centang hijau yang palsu. Selanjutnya yuk kita simak bagaimana cara cara mendapatkan verifikasi WhatsApp centang hijau:

1. Jadikan Akun Whatsapp Pribadi Menjadi Akun Bisnis

Langkah pertama untuk mendapatkan lencana hijau atau centang hijau pada WhatsApp yaitu dengan cara mengubah akun Whatsapp pribadi menjadi akun Whatsapp bisnis kemudian menghubungkan dengan Facebook Business Manager. Pastikan bahwa usaha atau bisnis kamu sudah memiliki SIUP dan NPWP untuk menjamin bahwa bisnis kamu tidak ilegal dan sudah terdaftar.

2. Menggunakan Official Whatsapp Businnes (API)

Selanjutnya yaitu kamu harus menggunakan dan menjadi mitra BSP atau Official Business Partner, ingatlah bahwa jika akan memilih BSP berhati-hatilah dan selektif untuk menemukan PSP terbaik yang memiliki pengalaman yang sudah tidak diragukan lagi. Dengan bermitra dengan BSP, nantinya kamu bisa sekaligus menghubungkan akun wa bisnis dengan aplikasi bernama CRM. Nah, CRM ini nanti akan membantu kamu untuk mengetahui apa saja kebutuhan, target, serta tujuan usaha atau bisnis yang dimiliki.

3. Mendaftarkan Nomor Whatsapp

Langkah selanjutnya jika kamu telah menemukan PSP yang sesuai maka daftarkan nomor whatsApp kamu dengan mengajukan nomor whatsApp yang akan digunakan ke pihak WhatsApp. Sebenarnya WhatsApp tidak mengizinkan semua perusahaan memiliki official bisnis account yang tercentang hijau, oleh karena itu BSP yang akan membantumu dalam proses ini sehingga usaha atau bisnis kamu dapat dipertimbangkan untuk memiliki centang hijau. Sehingga kamu benar-benar harus memiliki BSP yang terpercaya dan terjamin agar proses pengajuan centang hijau kamu dapat dengan mudah terverifikasi.

4. Dapatkan Verifikasi Centang Hijau

Selanjutnya untuk cara verifikasi WhatsApp centang hijau, kamu hanya perlu menunggu pihak WhatsApp untuk melakukan review usaha atau bisnis kamu serta melihat apakah persyaratan dan ketentuan sudah terpenuhi atau belum. Perlu kamu ketahui bahwa pihak WhatsApp tidak memverifikasi bisnis secara langsung namun dilakukan melalui Facebook Business Manager, jadi dengan alasan ini setiap pengajuan wajib menggunakan Business API WhatsApp atau BSP.

Nah itulah penjabaran dari cara mendapatkan akun Whatsapp centang hijau, jika kamu masih merasa belum jelas kami akan memberikan rangkuman step by step yang bisa membantu kamu mengikuti langkah detail sebagai berikut:

  • Buat akun Facebook Bisnis melalui halaman disini : https://business.facebook.com/latest/home?nav_ref=bm_home_redirect
  • Masukkan semua detail informasi yang dibutuhkan
  • Verifikasi akun Facebook Business Manager dengan cara Buka Setting lalu klik Add halaman Facebook perusahaan 
  • Klik tautkan akun iklan kamu dan buat ID aplikasi
  • Masuk ke halaman Pusat bantuan dan verifikasi detail informasi bisnis
  • Hubungi Whatsapp Business Solution Provider atau BSP
  • BSP iniemungkinkan mengeluarkan Whatsapp Business API untuk menghubungkan bisnis kamu dan pihak Whatsapp
  • BSP sudah diberikan wewenang penuh oleh pihak Whatsapp untuk mengecek kredibilitas perusahan kamu
  • BSP akan membantu segala urusan yang terkait dengan pengajuan centang hijau
  • Kirimkan semua detail ke BSP, kamu bisa kunjungi akun Facebook Business Manager dan ekstraklah detailnya
  • Setelah memberikan semua detail data ke BSP maka biasanya harus menunggu 1 bulan untuk verifikasinya
  • Jika pengajuan ditolak maka kamu bisa mengajukan ulang 3 bulan kemudian

Akhir Kata

Itulah informasi yang bisa kamu rangkum untuk kamu tentang cara verifikasi WhatsApp centang hijau serta langkah lengkapnya yang bisa kamu ikuti. Semoga informasi kali ini dapat membantu kamu dan nantikan selalu update artikel terbaru dari situs kami ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *