Prospek Kerja Administrasi Bisnis: Pekerjaan dan Gajinya!

Prospek Kerja Administrasi Bisnis – Mendengar jurusan administrasi bisnis mungkin kamu sudah tidak asing lagi karena bisa dibilang jurusan ini merupakan jurusan favorit yang banyak dipilih oleh calon mahasiswa soshum karena prospeknya yang begitu berpotensi untuk mendapatkan pekerjaan. Apakah memang benar begitu atau memang kabarnya saja? 

Perlu kamu tahu bahwa semua jurusan pasti memiliki prospek yang penting adalah skill dan kemampuan individunya sendiri dalam menyelesaikan setiap pekerjaan dan tanggung jawab. Administrasi bisnis atau juga bisa disebut administrasi niaga berhubungan dengan kegiatan atau aktivitas operasional bisnis serta perusahaan yang meliputi berbagai hal seperti pengelolaan uang, marketing, pengelolaan SDM, sampai kegiatan produksi. 

Pentingnya administrasi bisnis dalam sebuah perusahaan yaitu dapat memberikan inovasi penciptaan produk baru sehingga memiliki nilai produktivitas nantinya. Jadi, kamu sudah tahu bukan alasan administrasi bisnis menjadi salah satu fokus yang diminati oleh banyak orang karena ilmu ini dibutuhkan hampir dalam semua bidang  mencakup aspek perencanaan dan pengendalian sebuah instansi negeri maupun swasta untuk mencapai tujuan akhir.

Bagi kamu yang sudah ada di jurusan ini, bersyukurlah karena tidak banyak orang yang bisa masuk jurusan ini dan bertahan sampai selesai namun bagi kamu yang ada di jurusan lain maka kamu memiliki proses sendiri untuk mencapai kesuksesan. Jangan pernah bekerja hati karena rezeki dan kesuksesan adalah milikmu sendiri dan kamu yang akan menentukan nantinya.

Terlepas dari itu semua, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang prospek kerja administrasi bisnis terkait apa saja pekerjaan yang bisa didapatkan oleh lulusan ini serta berapa besar gajinya yang bisa dinikmati untuk lulusan administrasi bisnis. Jika kamu penasaran maka jangan beranjak dulu dan baca artikel ini sampai habis ya!

Peluang dan Prospek Kerja Administrasi Bisnis dan Gaji Lulusan Administrasi Bisnis

Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Tidak dapat kita pungkiri bahwa saat lulus kuliah kita ingin langsung mendapatkan pekerjaan yang layak serta gaji yang besar, ekspektasi inilah yang terkadang membuat fresh graduate malah justru sulit mendapatkan pekerjaan. Mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena fokus alumni hanya untuk mendapatkan pekerjaan saja namun tidak memberikan impact yang lebih kepada perusahaan terkait skill dan kemampuan yang untuk berkompetisi dan bersaing dengan alumni lainnya.

Jadi, meskipun kamu dari lulusan universitas terkemuka serta memiliki nilai indeks prestasi yang tinggi namun tidak diimbangi dengan skill dan kemampuan untuk bersaing di dunia kerja maka kamu akan terdorong mundur oleh pesaing lainnya yang mungkin memiliki nilai plus. Meskipun kamu merupakan lulusan administrasi bisnis namun perlu untuk kamu tetap mencari pengalaman skala kecil hingga skala besar untuk menunjang masa depan kamu.

Untuk itu kami sudah merangkum beberapa pekerjaan yang bisa menjadi prospek kerja administrasi bisnis beserta gaji lulusan administrasi bisnis dalam pekerjaan tersebut. Namun kami ingatkan bahwa prospek dan gaji ini tidak bersifat tetap dan hanya kisaran saja sehingga bisa menjadi gambaran secara garis besar untuk kamu yang ingin memasuki dunia kerja dan mulai menggeluti profesi yang ada.

1. Manajemen Perusahaan

Prospek kerja administrasi bisnis dibagi menjadi dua yaitu prospek kerja administrasi bisnis di pemerintahan dan non pemerintahan, menjadi bagian dari manajemen perusahaan merupakan salah satu pekerjaan yang cocok dengan lulusan administrasi bisnis karena administrasi bisnis merupakan ilmu yang berkaitan tentang manajemen dan pengendalian sebuah instansi atau perusahaan.

Sehingga jika ada prospek kerja manajemen perusahaan mungkin merupakan kesempatan buat kamu untuk mencobanya. Untuk kisaran gajinya bisa dibilang bervariasi tergantung dari pengalaman kerja yang sudah kita geluti sebelumnya antara 5 juta keatas.

2. Human Resource Development atau HRD

Selanjutnya prospek pekerjaan untuk lulusan administrasi bisnis yaitu HRD, pernahkah kamu mendengar HRD di sebuah perusahaan atau instansi tertentu? Jika pernah maka perlu kamu tahu HRD merupakan posisi yang wajib ada pada sebuah perusahaan atau instansi terkait manajemen sumber daya manusia serta karyawan. 

Lulusan administrasi bisnis tentu sangat cocok untuk ada pada posisi ini karena karyawan merupakan indikator penting dalam pembangunan sebuah bisnis sehingga harus diatur sedemikian rupa oleh bagian administrasi bisnis. Untuk kisaran gaji HRD di sebuah perusahaan tergantung dengan job desk dan pengalaman kerja nya yaitu antara 3 sampai 5 jutaan.

3. Dosen atau Staf Administrasi Universitas

Lulusan administrasi bisnis bisa juga menjadi dosen atau tenaga pendidik di sebuah universitas jika kamu melanjutkan pendidikan hingga S2, namun jika kamu hanya sampai S1 saja jangan berkecil hati karena kamu bisa menjadi staff administrasi di Universitas karena lulusan administrasi bisnis sangat cocok untuk bekerja pada sektor pemerintahan ini.

Banyak kampus atau universitas mencari lulusan administrasi bisnis yang berkompeten untuk mengelola dan menyusun berbagai perencanaan administrasi kampus titik kisaran gaji yang ditawarkan untuk pekerjaan ini seperti dosen bisa sampai 5 jutaan dan untuk administrasi staf antara 3-4 jutaan.

4. Konsultan Bisnis

Menjadi konsultan bisnis cukup keren dan prestise mengingat bahwa konsultan bisnis memiliki wewenang yang kuat kepada sebuah perusahaan atau instansi dalam memutuskan sesuatu. Ketika sebuah perusahaan atau instansi mengalami kesulitan dalam hal pembangunan bisnisnya maka konsultan bisnis merupakan pekerjaan yang akan dicari untuk menyelesaikan masalah dalam perusahaan.

5. Marketing dan Pemasaran

Prospek kerja administrasi bisnis non pemerintahan yang bisa menjadi salah satu kesempatan kamu yaitu bagian marketing dan pemasaran, banyak orang yang meremehkan posisi ini karena dinilai sangat sulit dan harus turun lapangan untuk menawarkan produk ataupun jasa kepada masyarakat padahal bidang marketing dan pemasaran tidak melulu seperti itu.

Bagian marketing dan pemasaran bisa bekerja full di kantor dengan melihat strategi dan analisa pasar secara digital dan dapat memprediksi kebutuhan pasar di masa kini dan masa mendatang dengan berbagai rumus dan ilmu yang sudah dipelajari selama kuliah administrasi bisnis. 

Jadi marketing dan pemasaran bukanlah sebuah pekerjaan yang harus menawarkan serta menjual produk atau jasa panas-panasan saja karena jika kita memiliki ilmu serta skill kita bisa melakukan strategi pemasaran ataupun marketing melalui kantor serta laptop yang kita punya, Kisaran gaji yang ditawarkan untuk posisi sekitar 3-5 jutaan.

6. Perbankan

Prospek kerja lulusan administrasi bisnis selanjutnya yaitu menjadi staf atau pegawai perbankan dalam hal administrasi atau back office. Lulusan administrasi bisnis sangat dibutuhkan di bidang perbankan karena dapat memberikan gambaran secara garis besar dalam pengelolaan administrasi keuangan yang sifatnya data dan analisa.

Administrasi bisnis dapat bekerja di sektor perbankan bukan untuk menghitung uang karena jobdesk nya lebih ke arah administrasi serta perencanaan yang akan membantu divisi lainnya agar bisa mencapai target dan tujuan perusahaan, gaji lulusan administrasi bisnis dalam bidang perbankan 5 sampai belasan jutaan.

Sebenarnya masih banyak prospek kerja administrasi bisnis karena ilmu ini sifatnya general dan umum serta bisa digunakan dalam berbagai aspek pekerjaan pemerintahan atau non pemerintahan. Jadi Apakah kamu sudah semangat dan termotivasi untuk terus menjalani kuliah kamu sampai selesai dan masuk ke dalam dunia kerja untuk menghadapi tantangan!

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan tentang prospek pekerjaan lulusan administrasi bisnis lengkap dengan gaji lulusan administrasi bisnis yang bisa didapatkan. Semangat terus ya karena dunia kerja adalah persaingan sebenarnya sehingga kamu harus tetap mengembangkan skill dan kemampuan kamu untuk bersaing dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *