Apa Itu Etika Dalam Berinternet dan Aturan yang Harus Diperhatikan!

Etika Dalam Berinternet – Pernahkah kamu berpikir bahwa dunia maya semakin mengambil alih sebagian besar kehidupan, dari bangun sampai sebelum tidur kita semua tidak bisa terlepas dari gadget serta media sosial. Banyaknya waktu yang kita habiskan di dunia maya tentu saja akan memberikan dampak yang cukup besar dalam setiap aktivitas sehingga harus tetap berhati-hati jika tidak ingin tersesat ketika berselancar di internet.

Tersesat disini memiliki maksud yang sangat luas, seperti yang kita tahu bahwa internet menyediakan akses tanpa batas sehingga siapa saja bisa mencari dan menemukan apapun di internet. Hal ini memiliki dampak buruk juga karena informasi negatif juga terkadang bisa kita lihat secara sengaja maupun tidak sengaja sehingga jika kita tidak bisa menahan diri maka akan tersesat dengan segala yang ada di internet.

Oleh karena itu, saat mengakses internet setiap pengguna harus memiliki etika dan aturan agar tidak lepas kendali dan tetap berada pada koridor. Tahukah kamu dalam internet sudah ada Undang-Undang yang diatur dan diawasi oleh polisi cyber dan Kominfo untuk tetap mengawasi penggunaan internet yang sehat dan positif.

Membahas tentang aturan penggunaan internet pada artikel kali ini kita akan membahas tentang etika dalam berinternet agar pengguna tidak tersesat di dalam dunia maya. Etika ini nantinya akan bermanfaat buat kamu karena jika sampai salah melangkah maka ada pidana yang akan menunggu kita jika tidak menggunakan internet dengan bijak.

Apa Itu Etika Dalam Berinternet dan Aturan yang Harus Diperhatikan!

Etika Dalam Berinternet

Ketika berselancar dalam dunia maya maka internet akan menyajikan apapun informasi yang dibutuhkan, namun tidak semua internet dan dunia maya digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat karena akses pornografi, kekerasan, ujaran kebencian juga tercampur dan tersebar sehingga sangat mudah untuk untuk dijangkau. Ditambah lagi pergaulan dunia maya yang tidak terbatas membuat setiap orang mengetahui sesuatu yang bahkan tidak pantas sekalipun.

Etika dalam menggunakan internet sangat dibutuhkan dan harus menjadi kesadaran setiap pengguna, istilah etika internet disebut juga netiket atau network etiquette yang mencakup aturan, sopan santun, aktivitas, adab dalam berkomunikasi, chatting, berkomentar, menulis, dan sebagainya. Etika dalam internet disebut juga adab pergaulan dunia maya yang harus menjadi rujukan dalam penggunaan internet yang sesuai.

Untuk itu, kami sudah merangkum etika dalam berselancar di dunia maya atau internet yang bisa dijadikan referensi kamu. Rangkuman ini kami dapatkan dari sumber artikel ilmiah penulis yang bernama Virginia Shea yang dipublikasi di San Fransisco dengan Judul The Core Role of Netiquette. Berikut adalah pembahasan lengkapnya!

1. Remember The Human (Ingatlah Bahwa Mereka Juga Manusia)

Hal pertama yang harus kamu ingat dalam menggunakan internet khususnya media sosial bahwa semua orang yang saat ini berinteraksi denganmu adalah manusia yang memiliki perasaan dan juga akal. Jadi hindari untuk berkata, berkomentar, mengkritik, dan sebagainya yang sekiranya akan menyakiti hati orang lain atau membuat mereka tersinggung. Jagalah diri kamu untuk menyampaikan sesuatu yang akan menyebabkan konflik untuk menghargai orang lain yang juga manusia biasa.

2. Adhere to The Same Standard of Behaviour Online that You Follow in Real Life (Patuhi Standar Perilaku Online yang Sama dengan yang Kamu Ikuti dalam Kehidupan Nyata.)

Selanjutnya yaitu mematuhi segala sesuatu yang ada di dunia maya sama dengan dunia nyata karena pada dasarnya dalam dunia maya kamu akan memiliki dasar hukum dan aktivitas yang sama untuk menjaga dan menghargai orang lain. Selain itu jangan berpikir bahwa dunia maya akan menghindarkan kamu dari konsekuensi pelanggaran hukum yang dilakukan.

3. Know Where You are In Cyberspace (Pahami Posisi dan Keadaan di Internet)

Selanjutnya yaitu menyadari dan memahami tentang aturan yang ada di internet, setiap forum atau website akan memiliki aturan sendiri maka baca terlebih dahulu agar tidak salah dalam melangkah.

4. Respect Other People’s Time and Bandwidth (Hormati Waktu dan Bandwidth Orang Lain)

Etika berinternet selanjutnya yaitu jangan pernah membuang waktu untuk berada pada tempat yang tidak kamu sukai dan hanya menyalahkan orang lain atas apa yang tidak kamu sukai. Jika kamu tidak setuju dengan aturan dan situasi yang terjadi maka tinggalkanlah, hindari bersikap bodoh hanya untuk mengikuti egomu.

5. Make Yourself Look Good Online (Jadikan Dirimu Memiliki Image Bagus Saat Online)

Pastinya saat ada di dunia nyata maupun dunia maya, kamu tidak ingin tampak mempermalukan diri sendiri dan ingin terlihat bagus di hadapan semua orang bukan. Untuk itu perhatikan kosakata dan grammar kamu sebelum memposting apapun.

6. Share Expert Knowledge (Bagilah Pengetahuan dan Pengalaman)

Selanjutnya yaitu menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lainnya di dunia maya, bagilah ilmu dan pengalaman kamu jika kamu mengetahuinya. Jangan ragu untuk membantu orang lain terkait wawasan dan ilmu karena itu sangatlah penting dan berharga.

7. Respect Other People’s Privacy (Menghargai Privasi Orang Lain)

Hal yang tidak kalah pentingnya saat menggunakan media sosial dalam internet yaitu menjaga privasi orang lain, batasi diri kamu untuk ikut campur urusan orang lain dan lakukan hal yang berharga tanpa harus membuat orang lain tidak nyaman.

8. Help Keep Flame Wars Under Control (Menjaga Emosi)

Kendalikan emosi kamu dan hindari menggunakan internet dalam kondisi yang marah, jangan melontarkan kata-kata yang akan membuat kamu menyesal karena kemarahan akan membuat kamu tidak menyadari apa yang sedang kamu lakukan.

9. Don’t Abuse Your Power (Jangan Seenaknya Menyalahgunakan Sesuatu)

Menggunakan media sosial memang menjadi hak setiap orang namun jangan jadikan itu alasan untuk menyalahgunakan dan melakukan segala sesuatu seenaknya. Hal ini bisa membawa kamu kepada sesuatu yang menyesatkan dan akan kamu sesali nantinya.

10. Be Forgiving of Other People’s Mistakes (Maafkan Kesalahan Orang Lain)

Terakhir, etika dalam menggunakan internet yaitu tidak mudah mengambil hati dan tersinggung atas apa yang telah terjadi. Jadilah orang yang pemaaf dan manfaatkan waktumu untuk sesuatu yang lebih berharga daripada harus dendam dan memperpanjang masalah.

Akhir kata, itulah informasi yang bisa kami bagikan untuk kamu tentang bagaimana etika dalam berinternet sehingga kamu bisa terhindar dari masalah yang akan membuat tersesat. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi untuk terus menggunakan internet secara bijak dan positif!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *