Apa Arti Kata Turu Dalam Bahasa indonesia dan Bahasa Jawa

Belakangan ini banyak bahasa gaul yang bermunculan di sosial media seperti tiktok maupun instagram. Kata-kata yang viral tersebut banyak dipakai oleh para netizen karena dianggap memiliki makna yang unik serta memiliki ciri khas dalam bahasa nya. 

Salah satu bahasa yang saat ini tengah viral dan ramaikan diucapkan oleh warganet adalah kata turu. Lantas apa arti dari kata turu dan apa arti turu dalam bahasa gaul? Pernah dengar kata turu di sosial media? Ternyata kata turu adalah bahasa gaul yang viral saat ini. Lantas apa arti turu dalam bahasa gaul? Berikut informasi nya. 

Kata turu saat ini banyak dipakai anak muda di sosial media serta kata turu juga banyak digunakan dalam karangan video dan foto lucu di instagram, tiktok, facebook hingga youtube.

Beragam penggunaan kata turu di sosial media membuat banyak warganet penasaran dengan arti dari kata turu yang sebenarnya, berikut penjelasan mengenai arti kata turu yang telah kami rangkum untuk kalian yang penasaran dengan kata turu dalam bahasa gaul.

Arti Kata Turu

arti kata turu

Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu bahwa kata turu berasal dari bahasa Jawa, Indonesia. Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang banyak digunakan oleh masyarakat Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. 

Saat ini bahasa Jawa sebagai bahasa daerah dengan penutur paling banyak di Indonesia, dikutip dari laman resmi Wikipedia. Sebagai bahasa regional mungkin terdapat beberapa kosakata bahasa Jawa yang masih terdengar asing di telinga kalian dan membuat kalian bingung atau penasaran untuk mencari tahu arti dan makna dari sebuah kalimat tersebut. 

Nah, sudah tahukah kalian arti dari kata turu dalam bahasa Jawa? Untuk memberikan informasi yang tepat arti kata dalam bahasa Jawa, kami akan membantu kalian dalam mencari tahu arti kata turu dengan menggunakan Kamus Bahasa Jawa – Indonesia. 

Arti Kata Turu Dalam Kamus Jawa – Indonesia

Sedikit informasi, bahwasanya penggunaan bahasa Jawa dibagi dalam tiga tingkatan, yakni bahasa Jawa Krama Alus(sopan atau halus), bahasa Jawa Krama Inggil(bahasa Jawa yang lebih halus atau sopan) dan terakhir bahasa Jawa ngoko(kasar). Bagaimana apakah kalian jadi tertarik mempelajari bahasa Jawa? 

Keunikan bahasa Jawa ini terletak dari cara penuturannya yang memiliki ciri sangat khas dengan aksen kedoknya.

Dengan menggunakan Kamus Bahasa Jawa – Indonesia yang bisa kalian akses dengan mudah dan cepat menggunakan internet ini, diharapkan dapat menjadi sebuah langkah kecil untuk melestarikan dan menjadikan bahasa Jawa maupun bahasa daerah lainnya dapat dikenal masyarakat luas serta membuat kekayaan nasional Indonesia tetap terjaga kelestarian nya.

Kata Turu Dalam Bahasa Gaul

Meskipun kata ini berasal dari bahasa Jawa, namun banyak nya anak muda di luar suku Jawa yang menggunakan kata turu sebagai bahasa gaul yang banyak digunakan di sosial media seperti tiktok. Kondisi inilah yang menjadikan kata turu masuk dalam barisan kosa kata gaul di kalangan anak muda. 

Adapun penggunaan kata turu yang mereka jadikan keterangan caption untuk foto dan video adalah sebagai berikut:

  • Turu di pangkuanmu
  • Ada kamu dalam turu ku
  • Setiap turu tak pernah berhenti mimpi kamu
  • Turu wae, kerjo ora
  • Sedang turu, harap jangan diganggu, nanti berabe
  • Makan ora makan yang penting turu
  • Gara-gara turu jadi telat sekolah
  • Turu saat guru sedang menjelaskan pelajaran
  • Dan masih banyak lagi

Kata-kata yang terdengar unik dan lucu yang terdapat dalam bahasa Jawa ini biasanya banyak digunakan para netizen untuk bersenda gurau. Baik itu melalui sebuah pesan singkat maupun percakapan secara langsung.

Tak jarang juga banyak orang menggunakan bahasa Jawa untuk bercanda tawa bersama teman hingga diikuti oleh orang lain dan berujung menjadi kata yang viral seperti kata turu yang telah kita bahas barusan.

Akhir Kata

Seperti itulah informasi yang dapat Calonpengangguran berikan tentang arti kata turu dalam bahasa Indonesia dan Jawa. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengetahui kata-kata yang sedang banyak digunakan atau diucapkan oleh semua orang.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *