Aplikasi Cek Bansos 2022, Ini Dia Link dan Cara Menggunakannya!

Pemerintah terus mengembangkan dan menyalurkan bantuan sosial PKH dan BPNT yang kabarnya akan dipercepat sejak bulan Februari 2022. Bekerjasama dengan Pos Indonesia, Kemensos dan pemerintah akan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mencairkan bantuan sosial tanpa harus menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera sehingga masyarakat lebih cepat mendapatkan bantuan sosial tersebut.

Masyarakat dalam hal ini penerima manfaat dapat melakukan pengecekan bansos 2022 sehingga mengetahui apakah datanya terdaftar atau tidak. Hal ini dapat membantu penerima manfaat untuk update informasi terkait bantuan sosial 2022. Diharapkan bantuan ini tepat sasaran dan memberikan dampak yang besar kepada keluarga penerima manfaat yang sudah ditentukan.

Tahukah kamu bahwa pemerintah telah memberikan anggaran untuk dana bantuan sosial hingga mencapai 74,08 triliun sehingga dana ini menjadi angin segar tersendiri bagi penerima manfaat bantuan sosial PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai akibat covid 19. Bagi kamu yang ingin mendaftarkan diri untuk mendapatkan bansos 2022 mungkin kamu bisa mencoba mendaftar.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang aplikasi cek bansos 2022 serta cara mendaftar bansos yang bisa kamu coba. Jadi jangan lewatkan pembahasan ini untuk menambah informasi kamu tentang bansos 2022. Seperti kita tahu masih banyak masyarakat yang belum mengetahui informasi lengkap terkait penyaluran dana bansos ini.

Cara Mendaftar Bansos Melalui Aplikasi Cek Bansos 2022

Aplikasi Cek Bansos 2022

Perlu kamu tahu bahwa aplikasi cek Bansos tidak hanya digunakan untuk mengecek status bantuan sosial saja namun bisa juga digunakan untuk mendaftar menjadi salah satu penerima manfaat Bansos 2022. Untuk mendaftar sebenarnya ada dua cara yaitu datang langsung ke kantor kelurahan serta mengikuti prosedur yang ada dan mendaftar lewat aplikasi.

Aplikasi cek bansos yang akan kami bahas sekarang bisa digunakan untuk mendaftar sebagai penerima bansos, berikut kami sudah rangkum cara-caranya untuk mendaftar dan menggunakan aplikasi ini. Cara ini terbilang lebih mudah daripada harus datang langsung ke kantor kelurahan dan mengurus berbagai administrasi yang rumit.

  • Langkah pertama yaitu unduh terlebih dahulu aplikasi cek bansos di  Playstore atau bisa klik disini
  • Tunggu proses download hingga selesai dan buka aplikasinya jika sudah selesai terunduh
  • Setelah itu jangan lupa untuk melakukan registrasi dengan cara memasukkan NIK dan nomor KK
  • Isilah data yang sesuai dan lengkapi agar proses registrasi berjalan dengan lancar
  • Kemudian masuk ke menu utama aplikasi cek bansos dan klik menu daftar usulan lalu pilih tambah usulan
  • Langkah tersebut diperlukan untuk mendaftarkan diri sebagai penerima manfaat bantuan sosial
  • Setelah itu sistem akan menyesuaikan dengan data yang sudah ada di disdukcapil
  • Setelah sesuai kemudian pilihlah salah satu program bantuan sosial yang yang diinginkan 
  • Selanjutnya setelah kamu nanti dinyatakan lolos sebagai penerima manfaat bantuan sosial Kemensos maka layar aplikasinya akan menampilkan nama, NIK, dan status wilayah dukcapil.

Cara Mengecek Data di Aplikasi Cek Bansos 

Setelah melakukan pendaftaran, mungkin kamu bertanya-tanya apakah kamu sudah termasuk dalam penerima bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah kementerian sosial, untuk memastikannya kami sudah merangkum dengan mudah cara yang bisa kamu ikuti step by step berikut adalah caranya: 

  • Langkah pertama yaitu download terlebih dahulu aplikasi cek Bansos 2022 di Playstore. Kamu juga bisa klik link berikut Aplikasi Cek Bansos
  • Setelah itu, buka aplikasinya dan lakukan registrasi dengan cara memasukkan data yang dibutuhkan seperti KTP, KK, dan NIK
  • Setelah itu kamu akan diarahkan untuk selfie dengan membawa KTP untuk verifikasi
  • Setelah kamu selesai memasukkan data-data yang dibutuhkan serta verifikasi foto, sistem akan memberikan kode OTP ke email yang terdaftar
  • Buka akun email kamu untuk memverifikasi data tersebut, setelah verifikasi selesai masuklah ke bagian dari menu utama aplikasi cek bansos
  • Bukalah pada menu cek bansos lalu masukkan data tempat tinggal kamu seperti provinsi, kota atau kabupaten, kecamatan, dan kelurahan atau desa.
  • Klik ok maka kamu bisa melihat data keluarga penerima manfaat Bansos kemudian carilah nama keluarga kamu di sana apakah termasuk dalam penerima manfaat atau tidak

Akhir Kata

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan terkait dengan aplikasi cek dana bantuan sosial tahun 2022 yang bisa membantu kamu untuk melihat status penerima manfaat. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan jika bermanfaat bagi orang lain juga jangan lupa di share ya. Nantikan selalu informasi dari situs kami selanjutnya yang akan selalu update!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *