Syarat dan Cara Daftar Pertashop Pertamina, Cek Disini!

Syarat dan Cara Daftar Pertashop Pertamina – Siapa yang tidak mengetahui tentang PT. Pertamina yang selalu menyuplai sebagian besar bahan bakar kendaraan di Indonesia, Pertamina sadar bahwa SPBU masih belum menjangkau berbagai wilayah seperti perkampungan, daerah terpencil, dan pelosok. Seperti kita tahu bahwa pom bensin banyak ditemukan pada perbatasan provinsi maupun kota besar sehingga kebutuhan masyarakat untuk pengisian bahan bakar masih belum merata.

Untuk mengatasi solusi ini, Pertamina menemukan sebuah cara yaitu membuat sebuah SPBU mini yang disebut dengan Pertashop. Hal ini untuk memudahkan masyarakat yang memiliki jarak yang jauh dengan SPBU atau tempat pengisian bahan bakar sehingga pelayanan Pertamina dapat menjangkau seluruh masyarakat Indonesia di manapun berada.

Pertashop menjadi terobosan baru untuk memberikan aksesibilitas kepada masyarakat untuk membeli bahan bakar secara resmi, selain itu hal ini juga tentunya membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar karena orang yang akan membantu kita untuk mengisi bahan bakar tersebut berseragam seperti operator SPBU pada umumnya. Pertashop menggunakan konsep mitra dimana siapapun dapat melakukan bisnis ini.

Daripada kamu melakukan usaha atau bisnis Pertamini yang tidak terintegrasi dengan perusahaan Pertamina secara langsung lebih baik kamu beralih ke bisnis ini karena dapat memberikan keuntungan serta kepercayaan masyarakat untuk mengisi bahan bakarnya di Pertashop. Jika kamu tertarik, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan syarat dan cara daftar Pertashop Pertamina jadi artikel ini sampai habis ya!

Cara Mendaftar Pertashop Terbaru, Lengkap Dengan Persyaratannya

Syarat dan Cara Daftar Pertashop Pertamina

Pertashop merupakan lembaga yang berguna untuk menyalurkan bahan bakar secara resmi dari Pertamina dengan skala yang lebih kecil dibandingkan dengan SPBU. Pertashop menyediakan bahan bakar minyak, elpiji tanpa subsidi, serta produk Pertamina lainnya yang diharapkan dapat menjangkau masyarakat yang ada di pinggiran ataupun pelosok desa agar bisa mendapatkan pelayanan yang sama tanpa harus susah payah pergi ke kota.

Perlu kamu tahu bahwa untuk menjadi mitra Pertashop Pertamina, kamu harus memprioritaskan lokasi usaha dan bisnis kamu yang terletak di pinggiran, desa, perkampungan, daerah terpencil yang sangat membutuhkan pasokan bahan bakar untuk mobilitas sehari-hari. Untuk itu jangan heran jika kamu melihat sudah ada beberapa pertashop yang dibangun di wilayah desa.

Bisa dibilang usaha ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan mengingat bahwa Pertashop merupakan mitra resmi dari Pertamina. Disisi lain kamu tidak perlu membutuhkan area yang luas seperti SPBU serta modal yang besar. Berikut adalah syarat dan cara daftar Pertashop Pertamina yang bisa kamu pertimbangkan dan jadikan referensi:

1. Syarat yang Harus Dipersiapkan 

Langkah pertama, kamu harus mempersiapkan syarat-syarat untuk menjadi mitra Pertashop karena syarat-syarat ini nanti yang akan menentukan kamu akan diterima menjadi mitra atau tidak. Beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu:

  • Mempunyai lahan yang cukup untuk mendirikan Pertashop
  • Memiliki kelengkapan dokumen untuk legalitas seperti KTP, NPWP, serta akta perusahaan jika diperlukan
  • Mempunyai legalitas usaha dalam bentuk badan usaha atau badan hukum seperti CV, PT atau koperasi
  • Mendapatkan izin serta rekomendasi dari kepala desa setempat
  • Memiliki modal yang cukup

2. Menentukan Lokasi Pertashop yang Strategis

Setelah kamu mengumpulkan syarat yang harus dipersiapkan, selanjutnya yaitu mendaftar sebagai mitra dan kamu tentunya harus memilih opsi lokasi yang telah disediakan oleh formulir. Namun, jika lokasi yang kamu inginkan tidak ada atau belum terdaftar maka kamu harus melakukan pengajuan lokasi baru melalui tautan yang sudah disediakan pada halaman tersebut. Berikut adalah persyaratan mengajukan lokasi yang kamu inginkan agar disetujui:

  • Adanya jaringan listrik yang memadai
  • Adanya akses desa untuk memasok bahan bakar dengan mobil tangki serta akses pengiriman modular
  • Lokasi yang didaftarkan berpotensi memiliki omset yang baik dan stabil
  • Evaluasi nantinya akan disurvei oleh PT Pertamina

3. Input Data dan Submit Pendaftaran

Selanjutnya yaitu mengisi data diri secara lengkap termasuk nama perusahaan, nama pengusaha, alamat email, nomor telepon, dan password. Jika kamu sudah melengkapi data yang harus diisi kemudian klik link pendaftaran mitra Petrashop, setelah kamu menyelesaikan langkah-langkah yang sudah kami berikan diatas maka pihak Pertamina akan mengirimkan email verifikasi yang berisi informasi pendaftaran serta kode verifikasi melalui SMS.

Skema Pertashop Pertamina yang Bisa Dipilih

Bagi kamu yang mempertimbangkan modal untuk memulai bisnis ini maka ada beberapa level atau skema yang bisa kamu pilih sesuai budget yang dimiliki. Berikut kami akan menjelaskan beberapa baja tersebut yang bisa kamu pertimbangkan sesuai dengan modal yang ada:

1. Pertashop Skema Gold

Skema yang pertama dinamakan dengan skema gold yang membutuhkan modal awal kurang lebih 250 juta, model ini sudah ah termasuk biaya pembelian unit Pertashop, biaya pengiriman barang, beserta biaya pembangunan Pertashop. Mungkin kamu merasa modal tersebut sangat besar namun sebenarnya ini adalah skema yang paling rendah yang bisa kamu coba, berikut rinciannya:

  • Modal untuk pembelian Pertamax: 20 juta
  • Keuntungan per liter: 850 per liter
  • Estimasi pemasukan: min 400 liter per hari
  • Estimasi Kembali Modal: kurang lebih 5 tahun tergantung penjualan

2. Pertashop Skema Platinum

Level atau skema kedua dalam menjalankan usaha Pertashop yaitu skema platinum yang ternyata membutuhkan modal awal lebih besar dari skema gold yaitu sebesar 400 juta. Modal ini sudah termasuk untuk pembelian unit Pertashop, biaya instalasi, serta biaya pembangunan,  dan biaya lainnya. Berikut adalah rincian dari Pertashop skema platinum yang tentu saja memiliki keuntungan lebih besar:

  • Modal untuk pembelian Pertamax: 70 juta
  • Keuntungan: 600 per liter
  • Estimasi pemasukan: min 1000 per liter
  • Estimasi Balik Modal: Maks 4 tahun tergantung penjualan

3. Pertashop Skema Diamond

Skema selanjutnya yang mungkin diminati oleh pengusaha yang memiliki modal yang cukup besar yaitu skema diamond, skema ini membutuhkan modal di awal sebesar 500 juta yang tentunya sudah mencakup pembelian unit, biaya instalasi, serta biaya pembangunan. Untuk mengetahui rinciannya dari modal awal yang dikeluarkan untuk Pertashop skema diamond berikut uraiannya:

  • Modal untuk Pertamax: 70 juta
  • Keuntungan: 435 per liter
  • Estimasi pemasukan: min 3000 per liter
  • Pengembalian modal: 3 tahun tergantung penjualan
  • Memungkinkan penjualan LPG Bright Gas dan Pelumas

Setelah memahami skema yang telah kami rangkum di atas maka semakin besar modal yang kamu keluarkan akan semakin besar pendapatan yang akan didapatkan termasuk peluang untuk pengembalian modal dengan jangka waktu yang lebih singkat. Kamu bisa mempertimbangkan mana yang lebih cocok dan sesuai untuk dipilih, kami sarankan untuk melihat peluang lokasi yang strategis agar kamu bisa menghasilkan penjualan yang untung

Akhir kata, itulah artikel yang bisa kami sajikan tentang syarat dan cara daftar pertashop Pertamina sebagai langkah untuk memulai bisnis bahan bakar dengan skala kecil yang menguntungkan. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat buat kamu dan jangan lupa untuk update selalu artikel menarik dari situs kami selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *