Cara Membuat Akun Belajar.id Untuk Guru dan Murid Dengan Mudah!

Akibat pandemi covid 19 sistem pembelajaran di sekolah dan lebih mengutamakan penggunaan aplikasi serta media pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus pandemi yang mengancam kesehatan serta ketahanan tubuh. Belajar.id Kemendikbud yang bisa digunakan untuk mengakses banyak aplikasi serta mendukung kegiatan belajar mengajar.

Oleh karena itu, berubahnya regulasi pendidikan membuat para guru harus memutar otak dan menggunakan berbagai teknologi agar bisa melaksanakan kelas secara online dan efektif. Belajar.id memungkinkan untuk membuat akun pembelajaran untuk guru serta siswa, situs ini juga bisa diakses oleh siswa, guru, staf sekolah, serta tenaga kependidikan pada jenjang pendidikan dari PAUD hingga SMA/SMK sudah terkecuali sekolah luar biasa.

Sistem pendidikan yang sebagian besar dijalankan secara online membuat para guru dan siswa menjadi sedikit bingung untuk mengoperasikan fasilitas pemerintah termasuk cara membuat akun belajar.id untuk guru dan siswa. Jika kamu seorang guru atau siswa dan sedang mencari cara untuk membuat akun belajar.id, kami telah memberikan rangkuman informasi serta tutorialnya !

Manfaat dan Cara Membuat Akun Belajar.id Untuk Guru dan Siswa

Cara Membuat Akun Belajar.id Untuk Guru

Manfaat membuat akun belajar.id bagi guru dan siswa tentu saja dapat memudahkan para guru dan siswa untuk menjalani sistem belajar online dengan materi dan fasilitas yang mendukung. Meskipun masih memiliki beberapa kendala yang sedang dalam perbaikan serta peningkatan kualitas aplikasi, manfaat serta kegunaan dari akun belajar.id sebagai berikut: berikut:

  • Memberikan kemudahan kolaborasi antara kepala sekolah, admin sekolah, guru, serta siswa atau peserta didik
  • Memberikan jaminan keamanan akun yang terus ditingkatkan
  • Memberikan kemudahan kepada tenaga pendidik atau guru agar bisa menggunakan aplikasi yang tersedia di Google melalui akun belajar.id
  • Menyediakan ruang penyimpanan data untuk admin sekolah, guru, serta siswa yang memiliki kapasitas tidak terbatas
  • Memberikan aksesibilitas yang mudah dalam kegiatan belajar mengajar serta pertemuan online melalui video meeting

Setelah mengetahui manfaatnya, kami akan memberikan tutorial untuk cara membuat akun belajar.id bagi siswa dan guru secara mudah dan dan praktis. Sebelum membuat akun belajar.id ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan antara lain kuota internet, pc atau ponsel, data diri, dan lain-lain. Setelah menyiapkan semuanya berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Mendapatkan Akun Pembelajaran Belajar.id

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan sebelum melakukan cara membuat akun belajar untuk guru dan siswa yaitu mendapatkan akun pembelajaran terlebih dahulu dari operator atau admin sekolah. Jika di sekolah tidak memiliki peraturan atau admin maka kamu bisa mengajukan belajar secara mandiri berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Untuk minta user ID dari operator sekolah bukalah email atau kamu bisa nggak yang disini
  • Setelah itu masukkan nama akun atau user ID serta manfaat yang sudah kamu dapatkan dari operator atau admin sekolah
  • Bacalah syarat dan ketentuan yang muncul untuk penggunaan akun belajar.id
  • Namun jika di sekolah tidak memiliki operator atau admin silahkan buka link berikut disini
  • Kemudian isilah data secara lengkap seperti nama, tipe pengguna, tanggal lahir, serta NPSN
  • Selanjutnya yaitu kirimlah akun email pribadi kamu
  • Kemudian periksalah akun atau Israel serta kata sandi kamu di email pribadi yang terdaftar
  • Selesai

2. Login dan Masuk ke Akun Belajar.id

Setelah mendapatkan akun dari operator sekolah atau secara pribadi maka kamu bisa langsung masuk dengan menggunakan user ID dan password yang sudah didapatkan. Langkah-langkahnya bisa kamu ikuti sebagai berikut:

  • Buka email atau klik link ini https://www.belajar.id/, akun email bisa digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi serta situs-situs pendidikan untuk mendukung sistem belajar mengajar secara online
  • Masukkan nama akun atau user ID serta password yang sudah kamu dapatkan jika muncul syarat ketentuan penggunaan maka centang atau klik setuju
  • Selain itu kamu akan diminta untuk mengganti password baru demi keamanan akun kamu
  • Selesai, kamu bisa menggunakan akun belajar.id sesuai keperluan
  • Berikut link video tutorial untuk cara membuat akun belajar id untuk guru dan siswa, tonton disini

Akhir Kata

Demikian informasi tentang cara membuat akun belajar.id untuk guru dan siswa yang bisa kamu ikuti tutorialnya. Kami juga sudah memberikan link video yang bisa kamu tonton untuk lebih detail lagi memahami tentang cara aktivasi akun belajar.id dari Kemendikbud. Terima kasih sudah membaca informasi ini sampai selesai dan selalu nantikan update informasi terbaru dari situs kami ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *