Tips Untuk Memulai Ide Bisnis Tanaman Hias yang Menguntungkan

Tips Untuk Memulai Ide Bisnis Tanaman Hias – Beberapa tahun lalu pernahkah kamu mendengar bahwa ada sebuah tanaman yang cukup viral dan menghebohkan karena banyak dicari oleh kolektor serta orang yang menyukai tanaman hias yaitu gelombang cinta. Tanaman gelombang cinta merupakan salah satu tanaman hias yang dibudidayakan di Indonesia dan memiliki berbagai macam bentuk serta warna yang cukup menarik.

Membahas tentang tanaman hias tentunya ini merupakan bisnis yang memiliki prospek yang cukup menjanjikan, dari tahun ketahun popularitas tanaman hias tidak pernah surut dan ada saja orang yang mencari dan berburu tanaman hias dengan berbagai macam jenisnya. Hal ini disebabkan karena tidak semua daerah di Indonesia bisa bercocok tanam untuk membudidayakan tanaman hias.

Hal tersebut tentu saja dipengaruhi oleh letak geografis, ketinggian tanah, iklim, dan masih banyak lagi sehingga pada daerah-daerah yang mendukung untuk budidaya tanaman hias biasanya akan memiliki komunitas untuk berbagi satu sama lain dalam mengembangkan usaha ini. Meskipun begitu, tanaman hias tidak bisa sembarangan dalam perawatan dan sebagainya.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan kedepannya kamu pasti membutuhkan tips memulai bisnis tanaman hias yang yang akan membantu kamu mengembangkan usaha ini dengan resiko kerugian yang sangat kecil. Memang terdengar mudah namun untuk memastikannya yuk kita simak bersama bagaimana tips membudidayakan tanaman hias.

Tips Untuk Memulai Ide Bisnis Tanaman Hias yang Menguntungkan

Tips Untuk Memulai Ide Bisnis Tanaman Hias

Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas tentang apa saja tanaman hias yang bisa dijadikan prospek usaha yang menguntungkan tapi lebih ke arah tips yang bisa memberikan kamu pengetahuan baru terkait budidaya tanaman hias dengan resiko yang cukup kecil. Kamu wajib memahami bahwa setiap usaha pasti memiliki resiko dan hal yang harus kita lakukan yaitu memperkecil resiko tersebut.

Tips memulai bisnis tanaman hias gampang-gampang susah seperti merawat anak sendiri karena jika kamu salah langkah maka usaha tanaman hias kamu akan terancam gulung tikar. Jadi apa saja sih tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis tanaman hias yang menguntungkan?  berikut adalah pembahasan lengkapnya:

1. Menentukan Jenis Tanaman Hias

Tips memulai bisnis tanaman hias yang pertama yaitu memilih dan menentukan tanaman hias apa yang memiliki prospek untuk dijadikan usaha dan bisnis karena tidak semua tanaman hias memiliki peluang serta keuntungan. Jika kamu masih pemula maka perhatikan kerumitan perawatannya serta carilah tanaman hias yang memiliki resiko kerugian yang kecil. Tidak perlu khawatir karena banyak tanaman hias yang bisa dibudidayakan dengan mudah.

Menyinggung tentang jenis tanaman hias biasanya ada 2 yaitu tanaman hias berdaun dan tanaman hias berbunga. Kedua tanaman hias ini sama-sama memiliki peluang dan keuntungan tergantung dari cara mengembangkan dan merawatnya. Berikut adalah beberapa contoh tanaman hias yang bisa kamu coba untuk dijadikan peluang usaha:

  • Bonsai
  • Lidah mertua
  • Kaktus
  • Palem bambu
  • Janda bolong
  • Paku tanduk rusa
  • Anggrek
  • Tanaman Aglonema 
  • Sirih Gading

2. Cari Pengetahuan Lebih Tentang Tanaman Hias

Bagi pengusaha tanaman hias pemula atau yang sudah berpengalaman harus terus belajar dan mencari pengetahuan baru terkait tanaman hias. Jangan takut untuk mencari tahu dan bertanya kepada ahlinya, banyak sumber-sumber yang bisa kamu temukan tentang tanaman hias agar bisa menambah wawasan kamu dalam usaha ini. Buatlah relasi sebaik mungkin dengan komunitas terkecil seperti pedagang tanaman hias lainnya.

Kamu juga bisa mengikuti komunitas online pecinta tanaman hias untuk mengetahui hal baru misalnya tanaman hias yang sedang populer, tips cara merawat tanaman hias, komoditi yang sedang hits, bibit yang cocok, range harga, dan masih banyak lagi. Kamu harus terus menggali ilmu tentang tanaman hias dan mulailah bisnismu dengan menentukan tanaman hias dengan menentukan tanaman hias yang yang memiliki daya jual stabil dan tidak musiman.

3. Mempertimbangkan Modal dan Waktu 

Jika kamu termasuk dalam kategori orang yang sibuk dan memiliki aktivitas lain di luar rumah maka pertimbangan kembali untuk memulai bisnis tanaman hias karena tanaman hias harus dirawat dan dipantau setiap waktu apalagi yang baru saja memulai. Pikirkan secara matang juga terkait modal karena biaya perawatan dan operasional tanaman hias cukup menguras kantong yang mencakup bibit, pupuk, dan lain-lain.

Peluang usaha tanaman hias harus menyediakan waktu yang maksimal serta modal yang yang cukup agar bisnis selalu tetap berjalan. Jika kamu memiliki modal yang kecil maka fokuslah untuk mengelola 1-2 jenis tanaman hias saja jika kamu merupakan orang yang sibuk maka percayakanlah kebun tanaman hias kamu pada orang yang berpengalaman.

4. Memperhatikan Tempat Budidaya Tanaman Hias

Tips memulai bisnis tanaman hias selanjutnya yaitu memperhatikan tempat budidayanya apakah cukup luas dan bagaimana pantulan sinar matahari serta kesuburan tanah dan ketersediaan airnya. Kedengarannya memang rumit dan merepotkan namun ini adalah hal yang penting untuk diperhatikan, tempat atau lokasi budidaya menjadi kunci untuk menjalankan bisnis tanaman hias.

Oleh karena itu, pilihan tempat atau lokasi yang memiliki potensi, jangan memaksakan lokasi yang ramai mencolok agar usaha kamu terlihat oleh orang lain namun ternyata tidak sama bagi tanaman hias kamu. Prioritaskan kebutuhan dari tanaman hias yang lama terkait dengan cahaya matahari, kondisi tanah, polusi, dan lain-lain. Tidak perlu harus menyewa tempat yang mahal, cukup di pekarangan rumah kamu yang mudah dan fleksibel.

5. Ikuti Trend Tanaman Hias dan Cobalah Bisnis Tanaman Hias Langka

Poin yang tidak kalah penting yaitu mengikuti tren dan kepopuleran jenis tanaman hias yang sedang dicari banyak orang. Hal ini bisa membuka peluang dan keuntungan kamu jika ada tanaman hias yang sedang booming sehingga konsumen berani membayar mahal. Kamu bisa menawarkan tanaman hias kamu meskipun belum dewasa karena terkadang juga lebih menyukai ukuran tanaman hias yang masih kecil atau berbentuk bibit.

Selain itu, kamu bisa keluar dari zona nyaman kamu cobalah mulai menanam tanaman hias yang langka seperti Asoka varigata, anggrek hitam papua, kadaka, bonsai, sansevieria bagamoyensis, dan kasih banyak lagi. Meskipun terbilang perawatan tanaman hias langka tidak semudah merawat tanaman hias biasa keuntungan yang akan didapatkan sangat besar. 

6. Buat Strategi Pemasaran yang Efektif

Tips terakhir yang bisa kamu ikuti untuk memulai bisnis tanaman hias yaitu membuat strategi pemasaran yang efektif dan kekinian, kamu bisa membuka toko online untuk mencapai target konsumen di berbagai tempat. Jangan merasa cukup dengan toko offline yang ada di rumah kamu karena untuk mencapai produktivitas penjualan yang cepat maka harus meluaskan strategi pemasaran.

Usahakan membuat Citra yang baik terkait buku kamu sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen untuk membeli tanaman hias kamu. Kamu juga bisa menggunakan media sosial dan membuka pertanyaan serta dapatkan informasi penting kepada calon konsumen agar mereka tertarik dan kamu mendapatkan pelanggan.

Akhir kata, itulah informasi tentang tips memulai bisnis tanaman hias yang dijamin memberikan peluang dan keuntungan. Kami harap artikel kali ini dapat memberikan inspirasi dalam menjalankan bisnis tanaman hias hingga menjadi sukses. Terima kasih sudah membaca artikel kami sampai selesai dan sampai jumpa di artikel terbaru kami selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *