Al Alim Artinya? Berikut Penjelasannya Di Asmaul Husna!

Al Alim Artinya – Kita pasti sudah tahu tentang 99 Asmaul Husna meskipun kita belum hafal semuanya, namun di tempat kita mengaji Asmaul Husna selalu disebutkan dalam ajaran yang ustad kita bacakan. Asmaul Husna adalah sifat dari Allah subhanahu wa ta’ala yang perlu kita ketahui dan kita percayai, pasalnya 99 sifat ini adalah sifat yang membuat Tuhan pencipta seluruh alam semesta menjadi agung di seluruh alam semesta ini. Dari Asmaul Husna juga kita dapat mengetahui bahwa Allah Tuhan semesta alam dan maha esa adalah tuhan paling sempurna dan tidak ada yang dapat menandinginya.

Asmaul Husna menjadi salah satu pedoman bagi umat Islam di seluruh dunia bahkan 99 sifat ini biasanya kita temukan di depan dan di belakang cover al-quran. Untuk mempelajari 1 sifat Allah subhanahu wa ta’ala perlu membutuhkan waktu yang sangat lama dan membutuhkan beberapa kitab yang sangatlah tebal karena dalam pemaknaannya kita perlu berkonsentrasi dan mengetahui isi dari makna makna asmaul husna tersebut. Maka dalam artikel ini hanya akan memberikan arti sedikit supaya pembaca dapat mengetahui tentang salah satu hati yang ada di salah satu asmaul husna tersebut.

Al Alim Artinya Berikut Penjelasannya Dari Salah Satu Asmaul Husna!

Al Alim Artinya

Meskipun dalam kitab dan pemaknaannya sangatlah panjang dan tidak bisa disebutkan semua maka dalam artikel ini hanya akan memberikan sedikit pembahasan tentang Apa arti Al alim yang menjadi salah satu sifat Allah subhanahu wa ta’ala di Asmaul Husna. Dari beberapa Sumber yang kami dapatkan al-alim memiliki sebuah makna yang sangat dalam sehingga makna tersebut perlu waktu lama untuk diartikan menjadi sebuah makna yang sangat jelas, tetapi arti dari Al alim sesungguhnya adalah Maha mengetahui.

Dari beberapa sumber juga yang didapatkan Al alim adalah suatu sifat yang menjadikan Allah subhanahu wa ta’ala menjadi mengetahui segala hal yang ada di alam semesta ini, bahkan Allah subhanahu wa ta’ala mengetahui apa yang dilakukan oleh makhluk tak kecilnya sekalipun, sifat ini bukan hanya mengetahui tentang alam semesta tetapi tentang semua ilmu bahkan ilmu yang diciptakan oleh manusia Allah subhanahu wa ta’ala dari berjuta-juta tahun yang lalu sudah mengetahui ilmu tersebut.

Al alim memiliki cakupan yang sangat luas untuk hanya diartikan sebagai Maha mengetahui, beberapa sumber mengatakan Maha mengetahui di sini amatlah sangat dalam dan tidak bisa dipandang sebelah mata, Maha mengetahui disini juga dimaksudkan karena Allah subhanahu wa ta’ala yang menciptakan seluruh alam semesta ini beserta isinya tanpa ada satu kekurangan apapun maka disitulah Allah subhanahu wa ta’ala mengetahui semua hal-hal tersebut.

Al Alim Artinya, Di Asmaul Husna Berikut Penjelasannya ?

Al Alim merupakan salah satu dari 99 sifat Allah subhanahu wa ta’ala yang sudah dijelaskan di dalam Alquran an, karena pasalnya sifat tersebut menunjukkan sebuah kesempurnaan yang tidak bisa ditandingi oleh makhluk manapun karena makhluk-makhluk tersebutlah yang diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan diperintahkan untuk menyembahnya. Al Alim artinya, mempunyai definisi yang sangat luas dan tidak bisa ditandingi oleh makhluk manapun apalagi sifat ini sangatlah agung.

Sifat al-alim ini hanya Allah subhanahu wa ta’ala yang mempunyai sifat tersebut karena dialah yang menciptakan alam semesta beserta isinya tanpa ada satu kekurangan apapun, bahkan ilmu-ilmu yang kita pelajari sekarang itu bisa kita katakan adalah ciptaan dari Allah subhanahu wa ta’ala. Namun belinya zaman manusia sebagai salah satu ciptaan Allah subhanahu wa ta’ala suka menyalahgunakan ilmu-ilmu yang sebenarnya sudah diketahui oleh Allah subhanahu wa ta’ala dengan berbagai hal yang tidak baik. Contohnya kita tahu Allah subhanahu wa ta’ala pasti mengetahui tentang bagaimana cara menciptakan zat nuklir dan akan berguna bagi manusia, tetapi sayangnya manusia membuat zat nuklir ini untuk membunuh manusia yang lain sehingga di situlah kita dapat mengatakan manusia telah menyalahgunakan ilmu yang sudah diberikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Jika kita lihat orang-orang yang tidak mengamalkan Al Alim ini pasti mereka akan menyalahgunakan ilmu-ilmu tersebut untuk hal yang memang tidak baik karena mereka merasa dialah yang paling hebat, padahal nyatanya ilmu, manusia, bahkan alam semesta beserta isinya itu hanya dimiliki oleh Allah subhanahu wa ta’ala tanpa ada siapapun yang dapat menguasainya. Dan yang hanya perlu kita lakukan adalah selalu bersyukur dan menjalani perintah yang dilakukannya dan menjauhi semua larangan Nya.

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan tentang al alim artinya berikut penjelasannya yang terdapat di salah satu 99 sifat Allah di Asmaul Husna, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita dan seluruh umat manusia di dunia ini nantikan update dari kami selanjutnya untuk artikel menarik Dalam situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *