Apa Arti dari Pangan Menurut Berbagai Sumber, Simak Informasi Lengkapnya!

Arti Dari Pangan Menurut Berbagai Sumber – Halo, ketemu lagi dengan artikel kami yang akan membahas seputar informasi menarik dan pastinya bermanfaat untuk kamu. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas seputar arti kata pangan yang sedang kamu cari saat ini. Simak artikel ini sampai selesai Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai arti dari kata pangan yang akan kami ulas dari berbagai sumber agar kamu lebih paham.

Kamu pasti sudah tahu, negara Indonesia memiliki bahasa negara yang sudah disahkan secara resmi dalam undang-undang dasar tahun 1945, yaitu bahasa Indonesia. Meskipun bahasa Indonesia hadir sebagai bahasa yang digunakan sehari-hari di seluruh penjuru negeri, namun terkadang masih banyak kata yang terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Selain itu, masih banyak juga kata dalam bahasa Indonesia yang belum diketahui makna maupun artinya secara harfiah.

Saat bingung mengenai arti kata dalam bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI hadir sebagai acuan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar. KBBI disusun oleh lembaga yang terakreditasi dan berkompeten di bidang bahasa. Dalam hal ini, lembaga yang berwenang menyusun KBBI adalah balai pengembangan dan pembinaan bahasa yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud).

Salah satu kata dalam bahasa Indonesia yang terkadang masih belum banyak dimengerti oleh masyarakat yaitu kata pangan. Tidak sedikit masyarakat yang bingung dalam mendefinisikan Apa arti dari pangan sehingga mereka mencarinya di KBBI dan internet untuk mengetahui arti kata tersebut. 

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai arti dari pangan yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia.  Bagi kamu yang penasaran dengan arti dari kata yang satu ini, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini ya sob !

Arti Dari Pangan yang Dilansir Dari Berbagai Sumber

Arti dari Pangan Menurut Berbagai Sumber

Tahukah kamu, kata pangan memiliki arti atau definisi yang beragam jika dilansir dari beberapa sumber seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan juga menurut undang-undang yang berlaku.

Berikut ini adalah definisi dari kata pangan yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber yang terpercaya agar kamu lebih paham dengan arti kata yang satu ini.

1. Pangan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sebagai acuan dalam berbahasa Indonesia, KBBI dipercaya sebagai kamus yang sangat membantu masyarakat dalam menemukan sebuah arti kata dalam bahasa Indonesia.

Disusun oleh balai pengembangan dan pembinaan bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,  membuat KBBI menjadi sumber utama yang dipercaya oleh masyarakat saat ingin mengetahui arti dan makna sebuah kata.

Bagi kamu yang sedang bingung dan penasaran dengan arti kata pangan, KBBI bisa menjadi solusi utama bagi kamu dalam mengetahui definisinya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata pangan merujuk pada makanan, bahan makanan, atau olahan makanan jadi yang diolah untuk diperdagangkan.

2. Pangan Menurut UU Nomor 18 Tahun 2012 Kementerian Kesehatan RI

Dilansir dari situs resmi Kementerian kesehatan, UU Nomor 18 Tahun 2012 menyebutkan bahwa pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian perkebunan kehutanan perikanan peternakan, perairan dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk untuk bahan tambahan pangan bahan baku pangan dan bahan lainnya yang bisa digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan dan/atau pembuatan makanan maupun minuman.

Baca Juga:

Beberapa Contoh Bahan Pangan yang Biasa Digunakan Oleh Masyarakat di Indonesia

Tahukah kamu, bahan Pangan dibagi menjadi dua jenis menurut sumbernya, yaitu pangan nabati dan hewani.

Bahan pangan nabati terdiri dari setiap jenis bahan pangan yang berasal dari tumbuhan, sedangkan pangan hewani terdiri dari setiap jenis bahan pangan yang berasal dari hewan.

Contoh bahan pangan yang digunakan masyarakat Indonesia antara lain nasi, roti, ayam, sayuran, ikan, dan lain sebagainya yang bisa diolah menjadi makanan bagi manusia.

Akhir kata, itulah pembahasan mengenai apa arti dari kata pangan menurut berbagai sumber yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya seperti KBBI dan Kementerian kesehatan agar kamu lebih paham dengan arti kata tersebut.

Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat bagi kamu dalam mengetahui arti kata pangan dan jangan lupa untuk mengupdate artikel lainnya dari situs kami ya!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *