Resmi Rilis! Berikut Harga Saham IPO GoTo dan Faktanya

Harga Saham IPO GoTo – Setelah memutuskan untuk merger, gojek dan Tokopedia membentuk aliansi perusahaan yang bernama GoTo atau PT. GoTo gojek Tokopedia. Kabar baik bagi kamu yang sedang menunggu rilisnya saham IPO GoTo, pada 15 Maret 2022 GoTo memulai building untuk rangka menawarkan sahamnya kepada publik pertama kalinya. IPO merupakan sebuah tahapan perusahaan yang yang sudah pisah merilis dan menjual sahamnya kepada investor.

Proses ini tidaklah mudah karena harus melalui beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku di bursa efek Indonesia, bisa dibilang IPO merupakan hal penting bagi sebuah perusahaan untuk mendapatkan suntikan dana segar dan bisa menjadi lahan untuk investor yang ingin mendapatkan keuntungan. GoTo berharap dengan adanya IPO dapat membuktikan bahwa perusahaan teknologi berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

GoTo resmi merilis IPO dimulai dari tanggal 15-21 Maret 2022, pada prospektus yang dirilis kepada public kabarnya GoTo akan melepaskan sebanyak 52 miliar lembar seharga 1 rupiah. Sedangkan penetapan harga saham yaitu 316-346 rupiah sehingga GoTo bisa mendapatkan modal segar mencapai 17, 99 triliun atau paling minimal yaitu 16, 43 triliun. Bagi kamu yang tertarik, berikut adalah rangkuman harga saham IPO GoTo dan faktanya!

Alasan Kenapa Harus Beli Saham IPO GoTo?

harga saham ipo

Komisaris utama GoTo yaitu Garibaldi Thohir atau akrab disapa Boy Thohir mengatakan bahwa IPO merupakan tahap awal menuju kesuksesan dia meyakini bahwa langkah yang diambil perusahaan untuk menawarkan saham kepada masyarakat membuat GoTo sebagai salah satu entitas teknologi yang berkembang serta mampu melayani dan memberikan solusi kepada masyarakat.

Mungkin bagi kamu yang penasaran ingin mengetahui alasan kenapa harus membeli saham GoTo? Apa keuntungan yang akan didapatkan oleh investor? Kami memahami kebingungan kamu dan kamu sudah merangkumnya tentang alasan serta pertimbangan investor untuk membeli saham GoTo, hal ini disampaikan langsung oleh managing direktur capital market dari PT mandiri sekuritas yaitu Silva Halim:

  • GoTo menjadi perusahaan berbasis teknologi dan digital paling unggul di Indonesia
  • Perusahaan ini memiliki pemimpin yang sulit untuk disaingi dengan platform masif
  • Perusahaan GoTo memiliki layanan berupa fintech yang cukup berkembang dan komprehensif sehingga dapat mendukung inklusi keuangan
  • GoTo bisa menjadi referensi minta terbaik sebagai pertumbuhan bisnis perdagangan skala kecil maupun besar
  • GoTo bisa dibilang memiliki ekosistem yang telah terintegrasi untuk melayani kebutuhan pasar digital secara
  • Perusahaan ini juga memiliki komitmen penuh untuk menciptakan nilai tambah dalam jangka panjang
  • GoTo menjadi perusahaan teknologi yang sudah terjamin memiliki talenta terbaik secara global

Setelah membaca alasan mengapa kamu harus membeli saham di GoTo, apakah kamu sudah bersemangat untuk menjadi salah satu investor perusahaan yang populer ini untuk mendapatkan pendapatan serta keuntungan yang menjanjikan. Selanjutnya berikut adalah fakta-fakta terkait rilisnya prospektus GoTo dalam IPO yang bisa kamu ketahui termasuk harga saat IPO GoTo:

1. Saham yang Rilis di Publik

Kabarnya GoTo telah merilis lembar saham sebanyak 52 miliar dengan seri A saat IPO, rilisnya saham ini setara 4,35 persen dari modal yang ditempatkan serta disetor penuh oleh perusahaan. Perlu kamu tahu bahwa saham yang ditawarkan oleh perusahaan GoTo ini masuk dalam kategori saham baru dan bukankah penawaran saham yang dipegang oleh investor sebelumnya.

2. Harga Saham IPO GoTo

Menariknya, jika kamu membeli satu saham di perusahaan GoTo maka kamu akan mendapatkan 3 perusahaan sekaligus. Harga saham IPO GoTo kisaran 316-346 rupiah per satu unitnya. Kamu akan mendapatkan 3 perusahaan dalam satu kali pembelian saham yang tentu saja masing-masing yang memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan. Jika kamu membeli saham sekarang juga maka kamu mendapatkan harga yang bisa dibilang terjangkau.

3. Pertumbuhan Nilai Transaksi IPO GoTo

Perusahaan ini telah mencatatkan tumbuhan dalam nilai transaksi positif dalam jangka waktu 3 tahun terakhir. GoTo katakan telah membukukan lebih dari 414 triliun jumlah transaksi dalam waktu 12 bulan dengan periode terakhir tanggal 30 September 2021 lalu. GoTo juga melibatkan 55 juta lebih konsumen untuk melakukan transaksi selama periode tersebut.

4. Skema Stabilisasi Harga Saham GoTo

Perusahaan ini telah memiliki opsi untuk menerapkan skema yang dinamakan skema stabilisasi harga saham atau greenshot. Skema ini bertujuan untuk stabilisasi harga untuk mengantisipasi apabila harga saham yang diperdagangkan di bawah harga IPO, skema stabilisasi harga saham GoTo cukup penting karena merupakan klausa dalam perjanjian yang memberikan penjaminan IPO sehingga memungkinkan penjamin emisi membeli harga 15% tambahan dari harga penawaran perdana.

5. IPO GoTo bukanlah Strategi Melarikan Diri

Banyak yang menanyakan apakah IPO GoTo merupakan exit strategy yang dijalankan di tengah perubahan harga saham untuk melarikan diri dari para investor lama? Jawabannya adalah tidak, GoTo justru menerapkan sistem baru untuk mengikat para investor existing dengan ketentuan SHSM. Hal itu tujuan untuk menjaga perusahaan agar tetap sejalan dengan agenda founder, syaratnya yaitu saham yang dimiliki oleh pendiri harus dikunci dalam periode waktu tertentu.

6. GoTo berencana Go International

Ternyata ini tidak membuat GoTo berhenti begitu saja, selain sudah tercatat di bursa efek Indonesia namun hati kita teknologi yang satu ini sudah memiliki rencana untuk Go internasional dan ingin mencatatkan sahamnya di bursa New York dan sebagainya. Dalam prospektus yang bersamaan dengan penjualan saham kepada masyarakat umum menyebutkan bahwa akan ada penawaran internasional paling lambat 2 tahun setelah IPO.

Cara Mendapatkan Saham IPO GoTo, Cek Disini

Rilisnya secara resmi saham GoTo melalui IPO tentunya tidak boleh dilewatkan, bagi kamu yang berminat untuk berpartisipasi dan menjadi salah satu investor pada proses bookbuilding IPO GoTo kabar baiknya kamu bisa membeli secara online dengan cara mengakses e-IPO melalui website resminya yang sudah kami rangkum sebagai berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama yaitu membuka dan mengunjungi website e-IPO atau kamu bisa klik linknya disini
  • Setelah itu kamu wajib melakukan registrasi dengan cara klik menu registrasi lalu pilih jenis investor yang inginkan antara individu atau institusi
  • Lengkapi identitas diri jangan lupa untuk mencantumkan alamat email yang aktif
  • Kamu bisa klik lanjutkan untuk mendapatkan kode OTP melalui SMS atau email
  • Kemudian pilih broker dan buatlah password minimal 6 digit yang memiliki kombinasi karakter huruf dan angka
  • Setelah itu kamu bisa melakukan login dengan menggunakan single investor identification 
  • Selanjutnya yaitu tentukan saham IPO yang ingin dibeli ganti pesan kamu juga bisa mengklik more info
  • Lalu klik place order dan isilah formulir pemesanan secara lengkap
  • Jangan lupa untuk memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS atau email
  • Selesai

Sebagai tambahan informasi, peraturan otoritas jasa keuangan mengatur tentang minat investor pada masa book building nanti akan diteruskan ke masa offering. Untuk itu ketika kamu ingin memulai dan membeli saham maka pastikan terlebih dahulu saldo pada RDN cukup untuk memilih saham yang diinginkan. Kamu mimpi sama baca prospektus di menu orders kemudian klik dan pilih i have already read prospectus. 

Pastikan juga untuk menyediakan dana di RDN sebelum masa penawaran berakhir, kamu juga bisa melihat hasil pembagian saham yang sudah dipesan di menu histori. Itulah cara untuk membeli atau mendapatkan saham GoTo IPO. Jadi, tunggu apa lagi segera dapatkan saat yang menjanjikan sekarang juga!

Akhir kata, demikianlah informasi tentang harga saham IPO GoTo untuk dengan alasan kamu harus membelinya serta cara mendapatkannya. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai dan semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat. Nantikan selalu update artikel selanjutnya dari situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *