Pentingnya Pcare BPJS Kesehatan Vaksin, Simak Disini Link Terbarunya!

Pentingnya Pcara BPJS Kesehatan Vaksin – Pemerintah terus mengupayakan pencegahan penyebaran covid-19 serta mempercepat proses vaksinasi agar masyarakat mendapatkan fasilitas kesehatan secara merata sehingga terhindar dari resiko pandemi. Melalui program BPJS kesehatan dapat membantu untuk meningkatkan pelayanan fasilitas kesehatan serta pemenuhan kebutuhan pengobatan. Tidak berhenti sampai disitu karena pemerintah juga merilis sebuah aplikasi yang dinamakan Pcare BPJS kesehatan.

Bagi kamu yang baru mendengar aplikasi Pcare BPJS Kesehatan Vaksin, kami akan mencoba untuk menjelaskannya dengan lebih detail melalui artikel pada kesempatan kali ini. Jadi Pcare atau primary care merupakan aplikasi yang memberikan akses kepada peserta BPJS Kesehatan untuk mendapatkan fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti misalnya puskesmas dan klinik termasuk juga vaksin. 

Bagi kamu yang ingin menggunakan aplikasi ini sebagai fasilitas untuk mendapatkan vaksinasi sangat bisa, namun ternyata aplikasi ini masih dalam pengembangan dan belum bisa digunakan untuk masyarakat umum karena yang pihak yang bisa menggunakannya. Dengan kata lain, aplikasi ini bisa digunakan pada fasilitas kesehatan yang telah mendaftarkan ke BPJS sehingga telah mendapatkan akses user dan password.

Penjelasan Tentang Pcare BPJS Kesehatan Vaksin  

Pentingnya Pcare BPJS Kesehatan Vaksin

Pcare merupakan inovasi terbaru yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan berupa aplikasi atau link website, sistem aplikasi ini bisa digunakan oleh fasilitas kesehatan pada tingkat pertama untuk melakukan akses ke berbagai informasi terkait dengan pelayanan peserta JKN KIS. Jika biasanya informasi bisa dilihat melalui catatan manual namun pada aplikasi ini bisa langsung melakukan akses informasi tentang data pasien melalui server BPJS Kesehatan.

Adanya aplikasi Pcare dapat memudahkan pada proses pendaftaran, integrasi data, diagnosa, dan rujukan kemudian bagi kamu yang ingin melakukan proses vaksinasi juga bisa melalui aplikasi yang satu ini. Masyarakat bisa menggunakan Pcare untuk mengajukan pengobatan serta registrasi ke fasilitas kesehatan tingkat pertama yang diinginkan.

Jika kamu ingin memggunakan aplikasi yang satu ini sebagai pendukung untuk mendapatkan fasilitas kesehatan maka harus mendaftarkan diri di jantor BPJS sehingga bisa mendapatkan username dan kata sandi untuk mengakses aplikasi. Sayangnya karena masih tahap pengembangan maka aplikasi ini baru bisa digunakan oleh pengguna Android saja dan bagi pengguna harus menggunakan aplikasi ini dengan cara mengakses website resmi langsung.

Berikut ini kami sudah menanggung link download serta cara menggunakan pelayanan di aplikasi Pcare sehingga bagi kamu yang pertama kali menggunakan aplikasi ini kita akan mengalami kesulitan dari cara mengunduh hingga memakai aplikasi ini, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu download aplikasi Pcara BPJS Kesehatan Vaksin atau bisa klik disini, namun bagi kamu yang tidak bisa mengunduh aplikasi ini karena merupakan penggunaan Iphone bisa klik disini untuk membuka websitenya
  • Masukkan username atau password yang sudah kamu dapatkan dari cerita kesehatan atau dari BPJS langsung
  • Kemudian klik tombol pelayanan atau pelayanan sesuai dengan kebutuhan kamu
  • Jika kamu memilih pendaftaran maja pengguna atau pasien ingin melakukan pengobatan bisa langsung mengisi nomor BPJS Kesehatan
  • Namun jika pengguna merupakan pasien faskes tempat bekerja maka identitas pasien kamu akan muncul otomatis
  • Jangan lupa untuk mengisi jenis kunjungan, pemeriksaan fisik, keluhan, dan lain sebagainya secara lengkap
  • Kemudian klik tombol simpan Dan untuk kembali ke entry data silakan klik menu pelayanan
  • Kemudian isilah kolom yang tersedia kemudian jangan lupa untuk klik simpan
  • Tahap entry data pasien selesai, kamu bisa melihat berbagai macam data pasien yang berobat di faskes tempatnya bekerja, dan lain-lain

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk berkreasi dengan layanan vaksinasi nasional, bisa dibilang bahwa aplikasi Pcare BPJS Kesehatan Vaksin merupakan bagian yang terintegrasi dengan sistem satu data sehingga mendukung proses registrasi menerima vaksin, screaningb untuk status kesehatan, melakukan pencatatan serta pelaporan hasil pelayanan vaksin. Sehingga data tersebut akan terintegrasi dengan tabulasi dan tersebut komite penanganan covid 19 serta pemulihan ekonomi nasional (KPC PEN).

Keuntungan dan Fitur Pcare BPJS Kesehatan Vaksin  

Aplikasi dan website Pcare merupakan salah satu program pemerintah secara resmi yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk berkomitmen memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat di Indonesia. BPJS Kesehatan yang menggunakan konsep asuransi dengan berbagai kelas dan tipe diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik di dibanding harus menggunakan asuransi kesehatan swasta.

Seperti yang kita tahu bahwa BPJS Kesehatan memiliki iuran yang lebih murah dan terjangkau namun tetap mengusahakan dan berupaya memberikan pelayanan kesehatan kepada setiap pesertanya untuk menjamin setiap warga negara Indonesia mendapatkan kesehatan dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya inovasi program dari BPJS Kesehatan yang terus ditingkatkan untuk membantu setiap peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan terbaik.

Pcare menjadi salah satu inovasi dari BPJS Kesehatan yang terus dikembangkan aplikasi ini juga bisa membantu masyarakat dalam vaksinasi. Aplikasi ini diluncurkan bertujuan untuk berikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada peserta BPJS untuk melakukan pengobatan. Aplikasi ini dirilis pada tahun 2014 namun penggunaan yang masih perlu ditingkatkan dan diperbaiki agar bisa dapat memberikan akses secara maksimal dalam bahasa kesehatan kepada masyarakat secara umum.

Melalui aplikasi ini juga, peserta BPJS dapat mengajukan kesehatan dalam penghambatan atau mendaftarkan diri sebagai fasilitas Kesehatan tingkat pertama. Selain itu kamu juga bisa mengajukan pelayanan laboratorium ada aplikasi ini. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu di kantor BPJS Kesehatan sehingga bisa langsung mengakses data sebagai peserta BPJS saat melakukan pengobatan di fasilitas kesehatan.

Aplikasi ini mengupayakan untuk memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal dan tentu saja memiliki berbagai fungsi seperti kamu tidak perlu mengantri untuk mengurusi berbagai hal terkait keperluan fasilitas kesehatan. Bisa dibilang aplikasi ini menuju mobilitas pasien yang membutuhkan pelayanan secara cepat dan tepat. Beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi Pcare yaitu:

  • Informasi Tagihan BPJS Kesehatan
  • Tata Cara Registrasi Peserta BPJS Mandiri dan Instansi
  • Menemukan fasilitas kesehatan terdekat

Selain fitur yang diberikan di atas ternyata masih ada beberapa manfaat yang bisa kamu nikmati dengan aplikasi ini. Aplikasi yang masih dalam tahap pengembangan ini memukul mudahkan peserta BPJS melakukan berbagai aktivitas pelayanan kesehatan dengan lebih baik dan optimal, berikut adalah kebutuhan pelayanan menggunakan aplikasi Pcare BPJS Kesehatan.

1. Proses Pendaftaran Lebih Praktis

Saat seorang pasien yang mendatangi fasilitas kesehatan maka hal yang paling membuat lama dan malas yaitu alur pendaftaran yang tergolong ribet. Namun, dengan aplikasi ini kamu bisa memasukkan data tentang nomor pendaftaran BPJS Kesehatan otomatis. Sehingga kamu bisa mendapatkan pelayanan kesehatan sehat tanpa harus mengikuti alur pendaftaran administrasi yang memakan banyak waktu.

2. Data yang Terintegrasi

Selanjutnya yaitu data pada aplikasi ini sudah terintegrasi dengan sistem terkait, hal ini memungkinkan semua fasilitas Kesehatan memiliki informasi pasien atau peserta BPJS yang akan mengajukan pengobatan sehingga petugas tidak perlu lagi melakukan proses administrasi secara manual dan bisa langsung melakukan penanganan kepada pasien yang membutuhkan.

3. Diagnosa dan Rujukan Lebih Simpel

Selanjutnya yaitu proses diagnosa pasien yang terbilang lebih cepat karena data medis pasien tentunya telah tercatat pada aplikasi ini jadi petugas bisa merujuk pada data kesehatan yang tercatat pada aplikasi dan dapat dengan mudah melakukan diagnosa pasien. Selain itu, pasien juga bisa langsung mendapatkan surat rujukan pada fasilitas Kesehatan tingkat pertama jadi tidak perlu repot menunggu proses rujukan manual.

Akhir kata, sekian informasi yang bisa kami sampaikan tentang aplikas Pcare BPJS Kesehatan Vaksin memang saat ini masih dalam tahap pengembangan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat. Semoga informasi pada artikel ini dapat bermanfaat dan nantikan selalu artikel kami selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *