Cara Record Zoom di Laptop dengan Mudah dan Simpel!

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, interaksi antar individu harus dibatasi agar penyebaran virus ini ini tidak semakin meluas. Nah, saat ini ada banyak sekali cara dan inovasi yang diciptakan agar bisa tetap berkomunikasi dengan orang lain walaupun berbeda tempat. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan laptop maupun perangkat lainnya yang difasilitasi oleh aplikasi zoom, Google meet, Skype, dan lain sebagainya.

Dalam perkembangannya, kegiatan meeting zoom yang dilakukan dengan media PC atau laptop tersebut ternyata bisa direkam dengan mudah sehingga bisa diputar kembali. Biasanya, fitur rekam atau record di aplikasi zoom digunakan saat proses perkuliahan jarak jauh berlangsung.

Nah, pada pembahasan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai cara record zoom di laptop yang bisa kamu lakukan dengan mudah baik melalui aplikasi maupun tanpa aplikasi pihak ketiga. Bagi kamu yang penasaran, yuk simak pembahasan berikut ini untuk menjawab rasa penasaran kamu mengenai cara record zoom.

Beberapa Cara Record Zoom di Laptop dengan Mudah saat Konferensi Zoom Berlangsung

cara record zoom di laptop

Bagi kamu yang ingin merekam atau merecord layar saat konferensi sedang berlangsung, maka kamu bisa mengikuti beberapa tutorial atau cara yang kami rekomendasikan berikut ini. Beberapa cara di bawah ini Bisa kamu dengan bantuan aplikasi maupun tanpa aplikasi pihak ketiga.

1. Rekam Menggunakan Fitur Tombol Record Zoom

Cara record rapat zoom yang pertama adalah dengan menggunakan fitur tombol record secara langsung yang dimiliki oleh aplikasi Zoom. Kamu bisa menggunakan tombol ini untuk merecord konferensi yang sedang berlangsung. Namun, yang perlu diperhatikan adalah kamu perlu menjadi host atau co-host dalam rapat tersebut agar bisa melakukan record di laptop.

Nantinya, setelah rapat selesai atau diakhiri, maka hasil record atau rekaman dari rapat tersebut akan tersimpan dalam penyimpanan internal laptop kamu ataupun tersimpan di lokasi yang telah ditetapkan dalam pengaturan record yang ada di aplikasi Zoom. Cara ini merupakan cara yang paling sederhana dan paling mudah untuk dilakukan karena tidak memerlukan bantuan dari aplikasi eksternal lainnya.

2. Menggunakan Aplikasi VLC

Selain menggunakan fitur bawaan Zoom, kamu bisa menggunakan aplikasi perekam layar PC dari pihak ketiga untuk bisa merecord saat konferensi Zoom sedang berlangsung. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk merecord layar Zoom di laptop yaitu dengan VLC player. Cara record zoom di laptop menggunakan aplikasi VLC player yaitu sebagai berikut :

  • Pertama, kamu bisa menginstall terlebih dahulu aplikasi VLC player di browser laptop kamu, jika sudah buka aplikasi VLC player yang telah kamu install tersebut.
  • Pilih menu media, kemudian pilih open capture device, lalu cari bagian capture mode dan pilih desktop.
  • Klik tanda panah ke bawah yang ada di bagian sebelah tombol Play dan pilih convert, lalu kamu bisa mengatur destinasi file rekaman tersebut.
  • Kamu bisa Klik tombol start untuk mulai merekam dan klik stop recording jika sudah selesai merekam layar laptop kamu.

3. Menggunakan OBS Studio

Fasilitas atau alat screen recording selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah untuk screen recording yaitu OBS Studio. Aplikasi yang satu ini bisa digunakan pada sistem operasi apapun secara gratis dengan tampilan yang sederhana dan mudah untuk dioperasikan. Cara menggunakan aplikasi ini untuk record Zoom yaitu sebagai berikut.

  • Pertama, download screen recorder PC yang satu ini terlebih dahulu dan instal aplikasinya di laptop kamu.
  • Ketika masuk ke tab auto configuration, Pilih optimize just for recording, I will not be streaming, membaca artikel ini untuk memaksimalkan kualitas video ketika screen recording saja.
  • Tekan tombol next dan sesuaikan resolusi dan FPS sesuai kebutuhan, kemudian tekan next lagi, dan pilih apply.
  • Lalu, Tekan tanda + di aplikasi lalu pilih display capture, beri nama sesuai keinginan dan klik OK.
  • Setelah ini, segala aktivitas di layar PC kamu akan terekam oleh aplikasi ini.
  • Supaya hasil rekaman tidak patah-patah, Kamu bisa Klik Disable preview.
  • Lalu untuk merekam kamu bisa menekan tombol start recording yang ada ada di bawah kolom control di samping bawah kanan.
  • Jika sudah selesai merekam layar, kamu tinggal kembali ke kolom control lalu tekan stop recording.
  • Jika kamu ingin melihat hasil video yang kamu rekam, kamu bisa membukanya di folder videos di folder this pc.

Akhir kata, itulah pembahasan mengenai beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk record Zoom di laptop dengan mudah. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kamu yang ingin melakukan record zoom di laptop. Jangan lupa bagikan artikel ini jika menurut kamu bermanfaat dan jangan lupa nantikan update informasi lainnya dari situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *