Arti Strict Parents Dalam Keluarga dan Berikut Ciri-Cirinya!

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya, oleh karena itu orang tua terkadang memiliki cara masing-masing untuk mendidik dan mengasuh serta menanamkan nilai-nilai kehidupan kepada anaknya. Perbedaan dalam pengasuhan ini membuat orang tua memiliki penyebutan masing-masing, salah satunya yaitu strict parents. Strict parents biasanya dilekatkan kepada orangtua yang memiliki pengasuhan ketat dan tanpa toleransi.

Bisa dibilang bahwa istilah strict parents dalam keluarga masuk dalam kategori pengasuhan yang berlebihan yang mengakibatkan tekanan mental kepada anaknya. Hal tersebut disebabkan karena orang tua terlalu mementingkan ego serta harapan tanpa memikirkan kebutuhan dan kapasitas sang anak. Mungkin kamu sering melihat bahwa orang tua memaksa anaknya meraih juara 1 atau au memenangkan sebuah perlombaan. 

Pada dasarnya orang tua melakukan ini memang memiliki tujuan yang baik, namun kembali lagi apakah hal tersebut benar-benar baik untuk sang anak? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami sudah merangkum informasi lengkapnya tentang arti strict parents dalam keluarga serta ciri-cirinya dan dampaknya yang akan terjadi, berikut penjelasannya!

Arti Strict Parents dan Alasan Strict Parents

Arti Strict Parents

Tidak ada salahnya jika orang tua memiliki harapan yang terbaik pada anaknya namun hal itu harus diimbangi dengan rasa pengertian dan komunikasi tentang sebenarnya apa yang diinginkan sang anak. Tidak semua harapan orangtua sesuai dengan keinginan dan kebutuhan sang anak sehingga orang tua tidak bisa memaksakan kepentingannya sendiri meskipun memiliki tujuan yang baik.

Biasanya strict parents identik dengan orang tua yang bersikap ketat dan memaksakan standar tinggi serta tuntutan kepada anak-anaknya untuk menjadi yang mereka inginkan. Penerapan pengasuhan ini biasanya diiringi dengan tekanan dan paksaan yang mengharuskan anak berkembang dan menumbuhkan potensinya dalam hal akademis dan bakat. 

Alasan strict parents ternyata memiliki berbagai latar belakang seperti menginginkan anaknya mendapatkan yang terbaik, membanggakan anaknya, menginginkan anaknya menjadi juara dan pemenang, ingin anaknya menjadi pusat perhatian, dan masih banyak lagi. Seringkali sang anak tidak mengerti apa alasan orang tuanya menjadi strict sehingga doktrin yang ditanamkan dan ketakutan kepada orang tuanya menjadikan mereka melakukan hal tersebut.

Secara bahasa, arti strict parents berasal dari bahasa asing (bahasa inggris) yang memiliki makna orang tua yang ketat. Strict parent seringkali mengakibatkan individu sang anak mengalami rasa tidak percaya diri, kurang penghargaan, ketakutan, kecemasan, memaksakan diri, dan parahnya hingga depresi. Akibat ini tidak hanya dirasakan saat anak masih kecil namun saat beranjak dewasa biasanya akan terbawa sesuai resiliensi anak tersebut. 

Ciri-Ciri dan Efek Strict Parents dalam Keluarga 

Biasanya orang tua yang strict atau ketat merasa tidak akan puas dengan pencapaian sang anak, padahal hal tersebut sudah diusahakan secara maksimal sesuai kapasitasnya. Orang tua yang strict menginginkan anaknya menjadi nomor satu dan dominan dalam setiap kegiatan akademis maupun bakat. 

Hal ini tentu saja memiliki dampak yang sangat buruk bagi tumbuh kembang sang anak, namun orang tua seperti ini biasanya tidak menyadari dan tidak ingin introspeksi karena memahami bahwa pola asuhnya sudah benar serta tidak ingin menerima kritik dari siapapun. Berikut adalah ciri-ciri strict parents dalam keluarga yang harus dipahami dan cepat segera diatasi:

  • Memiliki berbagai macam aturan yang harus dilakukan secara disiplin dan kontinu kepada anak tanpa memikirkan kebutuhan dan kebahagiaan yang diinginkan oleh anaknya
  • Aturan yang diterapkan bersifat ketat dan keras sehingga jika ada pelanggaran maka akan ada sanksi yang akan diterima anak secara fisik maupun mental
  • Tidak mendukung apapun pilihan sang anak dan memaksakan apa yang dianggap benar, dukungan ini bisa bersifat psikis, mental, dan materiil
  • Memaksakan apapun yang menjadi kehendak orang tua, anak tidak boleh berpendapat dan mengeluarkan unek-uneknya
  • Tidak pernah mendengarkan orang lain dan dan menolak kritik maupun masukan dari siapapun
  • Bersikap dingin dan hanya memerintahkan anaknya untuk melakukan hal yang sudah ditentukan tanpa adanya kedekatan emosional maupun komunikasi
  • Memiliki standar tinggi dan berbagai tuntutan kepada sang anak dalam bidang akademis maupun bakat
  • Sering membanggakan anaknya kepada orang lain dan melebih-lebihkan agar anaknya terlihat istimewa di mata orang lain
  • Dan masih banyak lagi.

Dampak Strict Parents

Setelah mengetahui arti strict parents, alasan serta ciri-cirinya selanjutnya kita akan membahas bagaimana dampak single parent bagi anak. Bisa dibilang effectrix parent lebih banyak negatifnya daripada positifnya sehingga bagi orang tua yang menyadari bahwa memperlakukan anaknya dengan ketat atau bagi kamu yang nantinya akan menjadi calon orang tua harus memahami dampak parent bagi anak sebagai berikut:

  • Anak menjadi tidak percaya diri karena kurang mendapat penghargaan dari hal-hal kecil yang dia lakukan, fokus anak hanya meraih hal-hal yang bersifat besar dan menonjol
  • Anak menjadi sulit beradaptasi dan bergaul karena fokus memikirkan harapan dan tuntutan orang tua
  • Anak menjadi tidak bebas dan tertekan di dalam rumah serta tidak memiliki kepercayaan kepada orang tuanya
  • Efek strict parents juga akan menyebabkan anak sulit untuk menentukan keputusan sendiri dan tidak bisa memilih apa yang diinginkan karena merasa khawatir dan cemas
  • Hal ini juga akan berdampak kepada emosi sang anak yang akan sering marah dan tidak bisa mengelola rasa marahnya tersebut
  • Dampak yang biasanya terjadi yaitu menjadi lebih agresif atau ada juga yang malah jadi pendiam secara sosial
  • Menimbulkan bibit pemberontakan saat anak-anak menyadari bahwa hal ini tidak sesuai dengan keinginan mereka
  • Anak akan merasa tertekan, khawatir, ketakutan, depresi secara berlebihan
  • Seorang anak juga akan merasa menyalahkan dirinya sendiri jika tidak bisa memenuhi standar dan tuntutan orang tuanya
  • Sering juga anak akan merasa tidak berguna, tidak mampu, terkekang, dan masih banyak lagi yang akan mengganggu kesehatan mentalnya 

Itulah beberapa ciri dan dampak strict parents, diharapkan setelah ah orang tua atau calon orang tua yang membaca artikel ini akan menyadari bahwa sikap strict parents kuranf baik bagi anak. Sesungguhnya anak memiliki potensi dan kemampuannya masing-masing yang akan berkembang seiring dengan waktu dan kasih sayang orang tuanya.

Akhir Kata

Sekian informasi yang bisa kami rangkum tentang arti strict parents lengkap dengan alasan, ciri-ciri dan dampaknya. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat buat kamu dan dapat menambah wawasan untuk membangun pola asuh positif sehingga dapat menciptakan karakter anak yang positif juga. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai dan nantikan selalu update artikel kami selanjutnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *