Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Artinya Apa? Ini Dia Penjelasannya!

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Artinya – Bagi umat Islam, setelah berpuasa di bulan Ramadhan selama kurang lebih 30 hari maka selanjutnya yaitu merayakan Hari Raya Idul Fitri. Hari raya ini wajib disambut oleh umat Islam karena menjadi hari kemenangan serta momen untuk saling memaafkan dan menjalin silaturahmi. Pada momen hari raya atau lebaran pastinya kamu sering mendengar ucapan minal aidin wal faizin atau taqabbalallahu minna wa minkum, sebenarnya apa arti ucapan itu?

Minal aidin wal-faizin sendiri memiliki arti mendoakan yaitu (semoga kita termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang). Lalu bagaimana makna dari taqabbalallahu minna wa minkum artinya? Biasanya memang kata ini diucapkan beriringan dengan minal aizin wal faizin dan memiliki arti mendoakan juga sehingga sangat baik untuk diucapkan saat silaturahmi.

Untuk memahami lebih jauh tentang arti kata taqabbalallahu minna wa minkum, kami sudah merangkum informasi tentang arti kata ini serta penggunaan kata nya dan manfaatnya. Kata ini perlu kamu ketahui artinya mengingat sebentar lagi masuk bulan Ramadhan dan umat Islam akan merayakan idul Fitri setelahnya.

Taqabbalallahu Minna wa Minkum Artinya dan Penggunaan Katanya

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Artinya

Kata taqabbalallahu Minna wa minkum artinya semoga Allah menerima amalanku dan amalanmu, kalimat ini mengisyaratkan untuk mendoakan sesama umat Islam agar amal ibadah selama bulan Ramadhan dapat diterima Allah subhanahu wa ta’ala dan menjadi bekal di akhirat nanti. Kata ini biasanya diucapkan bebarengan dengan minal aidin wal faizin karena dapat menambah kekuatan doa dan harapan baik.

Kata ini pernah diucapkan oleh sahabat nabi ketika bertemu dengan sahabat lainnya saat hari raya Idul Fitri, karena kata ini diucapkan oleh sahabat nabi dan dan Rasulullah pun tidak melarang pengucapan kata tersebut maka hal ini termasuk kedalam hadits taqriri yaitu sebuah perbuatan yang telah disetujui oleh Rasulullah dan menjadi sunnah yang bisa dilakukan oleh umatnya sebagai nilai kebaikan. 

Bagi umat muslim, berpuasa di bulan Ramadhan serta amal-amal yang dilakukan pada bulan tersebut memiliki nilai yang berlipat sehingga doa ini sangat bermakna mengingat amal serta ibadah dapat menjadi indikator penting umat Islam saat kiamat nanti. Itulah yang diyakini umat Islam sampai saat ini.

Untuk penggunaan kalimat taqabbalallahu Minna wa minkum biasanya diucapkan saat selesai shalat Idul Fitri pagi hari dan saat bersilaturahmi dengan sanak saudara, keluarga, teman, dan lain-lain. Namun, kata ini juga bisa diucapkan secara online melalui ponsel dan media sosial setelah waktu magrib hari terakhir puasa. Hal ini terjadi seiring perkembangan zaman karena tidak semua orang memiliki jarak yang dekat untuk bersilaturahmi. 

Keutamaan dan Manfaat Taqabbalallahu Minna wa Minkum

Setelah mengetahui makna kata taqabbalallahu Minna wa minkum artinya semoga Allah menerima puasa dan amal dari kami dan puasa dan amal dari kalian. Sehingga ucapan ini dijadikan doa ketika umat Islam selesai melaksanakan dan melewati puasa di bulan Ramadhan serta ibadahnya. Diharapkan ucapan dan doa ini maka sesama muslim saling mendoakan untuk mendapatkan keutamaan dan manfaatnya.

Membahas keutamaan dan manfaat dari ucapan ini yang bisa dibilang sebagai tradisi umat Islam saat hari raya Idul Fitri, berikut adalah manfaat atau Fadhilah dari mengucapkan kata ini untuk sesama umat islam:

  • Dapat menghidupkan sunnah karena kata atau kalimat ini memiliki makna yang sangat dalam untuk mendoakan sesama umat Islam agar apa yang dijalani selama bulan Ramadhan mendapatkan berkah dan pahala
  • Dengan kamu menghidupkan sunnah maka kamu juga akan mendapatkan pahala dan amalan yang kebaikannya akan kembali kepada kamu dan keluarga
  • Membuat kita mengingat untuk selalu menyebarkan kebaikan dan mendoakan orang lain dalam mengamalkan syariat Islam serta sunnah Rasulullah SAW
  • Jika kamu mengucapkan kata ini maka sesungguhnya Allah sangat menyukai umat atau hambanya yang berdoa kepadaNya tidak menutup kemungkinan semua doamu akan terkabul jika didasari niat dan keikhlasan
  • Kata ini juga biasanya diucapkan sebagai rasa syukur umat Islam yang berhasil melewati ibadah puasa selama bulan Ramadhan serta godaannya yang cukup berat
  • Sebagai sarana untuk meningkatkan persaudaraan dan hubungan silaturahmi agar semakin erat

Akhir kata, sekian informasi yang bisa kami rangkum tentang kata taqabbalallahu Minna wa minkum artinya, penggunaan katanya, serta keutamaan dan manfaatnya dalam mengucapkan kata ini saat Idul Fitri. Semoga kamu selalu mendapatkan berkah dan rahmat ketika mengucapkan doa yang memiliki makna baik ini. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat bagi orang lain dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *