Kenapa Voucher Indosat Tidak Bisa Digunakan? Ternyata Ini Penyebabnya

Bagi pengguna provider Indosat apakah pernah mengalami voucher yang dibeli tiba-tiba tidak bisa digunakan atau bahkan tidak masuk pulsa atau kuotanya padahal nomor yang diinput sudah benar? Jika kamu pernah mengalami ini maka kamu tidak sendirian, banyak pengguna Indosat sering kali merasa kesulitan saat menggunakan voucher Indosat. Voucher Indosat sendiri fungsinya sama seperti voucher provider lainnya.

Voucher Indosat berisi kode angka yang di input pengguna Indosat untuk mengaktifkan kuota yang sudah dibeli atau membeli pulsa dengan nominal tertentu. Perlu kamu tahu bahwa jumlah angka pada kode voucher Indosat sedikit berbeda dari provider lainnya yaitu hanya 14 angka saja. Lalu sebenarnya kenapa voucher Indosat tidak bisa digunakan? Apa penyebab dan bagaimana solusi untuk mengatasi hal tersebut?

Untuk menjawab permasalahan tersebut, kami sudah merangkum beberapa informasi penting tentang alasan kenapa voucher Indosat tidak bisa digunakan serta cara mengatasinya. Sebelumnya, kami menyarankan kamu untuk mendownload aplikasi my IM3 agar bisa membantu dalam berbagai aktivitas kartu provider seperti mengisi pulsa, beli kuota, mengecek semua informasi tentang kartu, dan masih banyak lagi.

Alasan Kenapa Voucher Indosat Tidak Bisa Digunakan dan Cara Mengatasinya!

Kenapa Voucher Indosat Tidak Bisa Digunakan

Tidak sedikit pengguna Indosat yang setia untuk terus menggunakan provider ini dalam menunjang aktivitas dan mobilitas. Banyak keuntungan yang diberikan oleh Indosat untuk penggunanya seperti promo kuota yang murah serta bonus-bonus pada event tertentu. Kabarnya provider Indosat kini bekerja sama juga dengan provider Tri untuk menambah jangkauan kepada pengguna agar semakin luas.

Namun di balik kemudahan pada setiap provider tentu saja memiliki kekurangan tertentu, kekurangan tersebut bisa bersifat teknis maupun general. Salah satunya yaitu tidak sedikit pengguna yang mempertanyakan saat membeli voucher, kenapa voucher tersebut tidak bisa digunakan atau invalid padahal voucher tersebut baru saja dibeli. Berikut adalah penyebab serta cara mengatasi kode voucher Indosat yang rusak atau tidak bisa digunakan:

1. Kendala Cara Memasukkan Voucher Indosat

Hal yang harus kamu lakukan ketika terkendala untuk cara memasukkan voucher Indosat maka perhatikan terlebih dahulu masa aktif kode voucher yang kamu beli. Hal ini sangat berpengaruh saat kamu masukan kode voucher secara benar namun ternyata tidak bisa digunakan. Jika masa aktif voucher sudah habis maka kamu bisa langsung kembali ke konter terdekat tempat kamu membeli voucher tersebut untuk melakukan komplain.

Hal lainnya ketika kamu terkendala untuk cara memasukkan voucher Indosat yaitu karena kamu menggesek voucher terlalu keras sehingga angka atau kode yang tertera akan ikut hilang. Jadi usahakan ketika kamu menggosok voucher untuk melihat kodenya lakukan secara pelan dan hati-hati agar angkanya tidak ikut hilang dan tergesek.

2. Invalid Voucher Number Artinya Voucher Tersebut Pernah Digunakan

Jika kamu mengalami kendala invalid voucher saat menggunakan kode dan memasukkannya melalui ponsel kamu maka ada kemungkinan kode tersebut pernah digunakan sebelumnya. Selain itu ada juga kemungkinan kesalahan sistem sehingga kamu perlu mengecek ulang kode voucher secara teliti. Kemudian kamu juga bisa memeriksa status voucher Indosat yang kamu beli apakah ah masih aktif atau sudah pernah digunakan, caranya sebagai berikut:

  • Buka fitur pesan atau SMS di ponsel kamu
  • Kemudian ketik di SMS tersebut dengan format cek (spasi) kode voucher 
  • Kirim format pesan tersebut ke nomor 363 dan tunggu SMS notifikasi
  • Di situ kamu bisa melihat status voucher Indosat kamu apakah masih bisa digunakan atau tidak

Jika masih bisa digunakan kamu bisa langsung menghubungi customer service untuk menanyakan apakah sedang ada gangguan sistem terkait kendala kamu. Sampaikan masalah secara rinci terkait kode voucher yang tidak bisa digunakan, untuk menghindari kesalahan memasukkan kode voucher maka kamu bisa men scan kode barcode voucher melalui myIM3.

3. Kuota Voucher Indosat Tidak Bisa Digunakan dan Tidak Masuk

Selanjutnya masalah yang kerap kali dialami oleh pengguna Indosat yaitu kode voucher Indosat dalam bentuk kuota yang sudah dimasukkan ke ponsel namun kuotanya tidak masuk. Hal ini tentu saja menjadi kegelisahan tersendiri karena kuota sangat dibutuhkan untuk mengakses internet dan mengekspor informasi apapun. Jadi ketika kuota tidak masuk-masuk tentunya kau merasa panik namun kami sarankan menghubungi customer service.

Kamu juga bisa memperhatikan hal-hal berikut ini untuk memastikan kode voucher kamu bisa digunakan atau tidak antara lain:

  • Memastikan nomor kamu masih dalam masa aktif saat diisi pulsa atau paket data dengan voucher karena pengisian voucher yang gagal kemungkinan bisa dikarenakan nomor yang berada dalam masa tenggang
  • Selanjutnya yaitu melakukan unreg jika nomor yang kamu gunakan untuk menggunakan voucher tersebut masih berlangganan dengan paket lainnya, caranya bisa kamu ketik UNREG melalui SMS dan kirim ke nomor 363
  • Pastikan kartu kamu sudah registrasi sesuai dengan data KTP dan KK
  • Pastikan kamu juga memiliki pulsa minimal 1000 rupiah karena sering ditemukan permasalahan yang seperti ini disebabkan pulsa pada kartu provider nol rupiah
  • Cobalah untuk merestart HP selama 15 menit untuk menunggu notifikasi pengisian pulsa atau kuota

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami rangkum tentang kenapa voucher Indosat tidak bisa digunakan lengkap dengan cara mengatasinya yang mungkin bisa kamu coba untuk menyelesaikan permasalahan kamu terkait voucher pulsa atau kuota yang tidak valid. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kamu dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *