Aplikasi Pintar Tukar Uang Milik BI, Begini Cara Melakukan Tukar Uang

Apakah saat ini Kamu sedang berniat menukarkan uang untuk keperluan lebaran, namun kamu bingung Bagaimana cara menukarnya ? Kamu tidak perlu khawatir karena Bank Indonesia menawarkan solusi penukaran uang dengan mudah lewat smartphone menggunakan aplikasi pintar tukar uang milik BI.

Menjelang idul Fitri atau momen lebaran seperti sekarang ini, kebutuhan uang baru semakin meningkat, pasalnya banyak orang yang mempersiapkan stok uang baru tersebut untuk dibagikan kepada keluarga atau kerabat saat hari raya. Biasanya, sebagian orang yang menggunakan jasa penukaran uang yang muncul menjelang hari raya yang tentunya memerlukan biaya tertentu.

Namun kini kamu tidak perlu lagi menggunakan jasa penukaran uang konvensional atau berlama-lama antri di bank untuk menukar uang baru, karena kamu bisa menukar uang baru lewat layanan kas keliling Bank Indonesia atau Melalui aplikasi pintar yang bisa kamu akses secara online tanpa perlu ribet.

Bagi kamu ingin tahu cara menukar uang menggunakan aplikasi pintar tukar uang milik Bank Indonesia, yuk simak artikel kali ini yang akan membahas mulai dari syarat hingga cara tukar uang dengan mudah.

Informasi Tentang Apa itu Aplikasi Pintar Tukar Uang Milik BI

aplikasi pintar tukar uang

Perlu kamu tahu, Aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR) merupakan sebuah aplikasi yang disediakan oleh Bank Indonesia kepada masyarakat untuk keperluan melakukan pemesanan penukaran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia sebesar 75 ribu (UPK 75 Tahun RI) atau penukaran uang rusak/cacat.

Aplikasi PINTAR ini diluncurkan oleh Bank Indonesia untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan kegiatan layanan kas di Bank Indonesia khususnya pada era new normal seperti sekarang ini agar layanan kas menjadi semakin aman dan juga nyaman.

Aplikasi pintar tukar uang bisa kamu akses pada perangkat smartphone melalui browser dengan menggunakan link tautan berikut ini : https://pintar.bi.go.id/ Sebagai informasi, aplikasi pintar hanya bisa kamu akses melalui link tautan di atas dan tidak dapat diakses atau diunduh melalui Play Store, App Store dan sejenisnya.

Syarat dan Ketentuan Penukaran Uang di Aplikasi Pintar yang Wajib Kamu Tahu!

Bagi kamu yang berminat untuk melakukan penukaran uang melalui aplikasi pintar, berikut adalah syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi :

  1. Pemesanan hanya dapat dilakukan selama kuota harian penukaran masih tersedia.
  2. Pemesanan dapat kamu lakukan mulai H-7 sebelum tanggal pelaksanaan penukaran kas keliling dibuka.
  3. Pemesanan dilakukan dengan mencantumkan NIK pada KTP, dan jika NIK tersebut masih dalam status menunggu pelaksanaan penukaran, maka tidak dapat digunakan kembali sampai dengan proses penukaran selesai.
  4. Bukti pemesanan penukaran uang akan dikirimkan melalui email, atau bisa langsung diunduh pada saat kamu selesai melakukan pengisian data pemesanan.

Tata Cara Pemesanan Uang Baru Melalui Aplikasi Pintar 

Bagi kamu yang ingin menukar uang rusak ke uang yang baru Melalui aplikasi pintar pemilik Bank Indonesia, berikut adalah tata cara yang bisa kamu ikuti :

  1. Buka website aplikasi pintar menggunakan Link yang telah kami sediakan di atas Melalui aplikasi browser di Smartphone maupun perangkat kamu.
  2. Pada halaman utama, kamu bisa memilih menu penukaran uang rusak/cacat.
  3. Kemudian, pilih provinsi lokasi penukaran uang rupiah rusak/cacat yang sesuai dengan domisili kamu.
  4. Selanjutnya, kamu bisa memilih lokasi kantor Bank Indonesia untuk melakukan penukaran uang rupiah yang rusak/cacat, dan memilih tanggal penukaran yang diinginkan sesuai dengan ketersediaan tanggal penukaran.
  5. Input pengisian data diri pemesan yang meliputi NIK, nama, nomor telepon, dan juga email (opsional).
  6. Lalu, kamu bisa mengisi jumlah lembar/keping uang rupiah yang rusak/cacat yang akan ditukarkan.
  7. Memilih kategori jenis uang rupiah yang rusak/cacat yang akan ditukarkan meliputi kategori terbakar/berlubang/hilang sebagian/robek/mengerut dan lain sebagainya, yang bisa kamu pilih lebih dari satu kategori.

Syarat dan Ketentuan Setelah Pemesanan dan Sebelum Penukaran Uang

Jika kamu sudah berhasil melakukan pemesanan, maka kamu harus mengikuti ketentuan proses penukaran sebagai berikut :

  1. Penukaran hanya bisa kamu lakukan pada tanggal, lokasi, dan waktu yang tertera pada bukti pemesanan.
  2. Penukar wajib membawa bukti pemesanan penukaran uang rupiah yang telah diunduh Melalui aplikasi dalam bentuk digital/cetak.
  3. Kamu harus terlebih dahulu memilah dan mengemas uang rupiah yang ditukarkan dengan cara :
    1. Uang rupiah dipilah menurut jenis pecahan dan tahun emisi diterbitkan serta disusun secara searah.
    2. Jangan gunakan selotip, perekat, lakban, atau staples untuk menggabungkan atau mengelompokkan uang rupiah.
    3. Pastikan kamu dalam keadaan sehat, dan tetap menerapkan protokol kesehatan saat melakukan penukaran uang.
  4. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik link berikut

https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Documents/sp_249622_Panduan-PINTAR.pdf

Akhir kata, itulah informasi lengkap mengenai aplikasi pintar tukar uang yang sudah kami bagikan untuk kamu, semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi kamu yang ingin menukar uang dengan mudah dan tanpa ribet, jangan lupa nantikan update informasi lainnya dari situs kami ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *